Cara Mengakses Informasi Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan secara Online


Climate4life.info - Cara Mengakses Informasi Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan secara Online

Pada saat kondisi iklim sedang kering di mana curah hujan menurun bahkan menghilang sama sekali maka kemunculan hotspot dapat dipantau melalui halaman ini, yang berisi Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla).

Informasi hotspot karhutla ini  bersifat near realtime yang bersumber pada laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Pada laman Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan secara Online ini kita juga bisa mendapatkan arsip kejadian hotspot yang sebelumnya. Tampilan Hotspot Online Lapan seperti di bawah ini.

Hotspot Online Lapan
Hotspot Karhutla Online Lapan


Caranya cukup masuk ke halaman katalog hotspot online milik lapan pada alamat:
http://modis-catalog.lapan.go.id/monitoring/


Cara membaca Informasi Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla)

Cara membaca informasi hotspot karhutla online di atas sebagai berikut :

Pertama, keberadaan hotspot pada tampilan online di atas ditunjukkan oleh bulatan berwarna merah, kuning dan hijau yang menggambarkan tingkat kepercayaan hotspot itu sendiri, yaitu:

  • Merah; tingkat kepercayaan >=80%, segera kegiatan penanggulangan;
  • Kuning; tingkat kepercayaan antara 30% sampai dengan <80%, waspada;
  • Hijau; tingkat kepercayaan <30 %, perlu diperhatikan.


Selanjutnya Pada panel kiri atas tampilan hotspot online tersebut terdapat pilihan yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita seperti pada gambar di bawah ini:

menu akses hotspot karhutla online
Menu pilihan tampilan hotspot karhutla online

  1. Pilihan untuk menampilkan informasi sebaran hotspot online pada seluruh wilayah Indonesia atau berdasarkan wilayah provinsi.
  2. Pilihan untuk memilih jenis satelit pendeteksi; Tera, Aqua, SNPP atau gabungan ketiganya.
  3. Pilihan durasi; terkini 24 jam, 48 jam atau 72 jam terakhir. Dapat juga menampilkan arsip hotspot berdasarkan tanggal tertentu.
  4. Pilihan tingkat kepercayaan, Semakin tinggi tingkat kepercayaan semakin tinggi pula keyakinan bahwa hotspot tersebut adalah benar-benar merupakan kejadian kebakaran hutan dan atau kebakaran lahan

Hasil akhir tampilan hotspot online kebakaran hutan yang kita pilih tersebut dapat kita download dalam bentuk file csv yang berisi seluruh data informasi sebaran hotspot kebakaran hutan dan lahan. 

File csv hotspot online tersebut dapat kita olah lebih lanjut dengan pengolah data seperti Ms Excel. Menunya terdapat pada panel kanan atas, seperti terlihat pada gambar berikut.

Download data hotspot karhutla online
Download data hotspot karhutla online


Informasi sebaran hotspot online yang merupakan indikator kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara online ini dapat juga diakses melalui handphone yang berbasis android.


Beberapa hal yang perlu kita catat dalam interpretasi hotspot kebakaran hutan dan lahan online  menurut Lapan adalah sebagai berikut:

  • Tolerasi koordinat hotspot dari satelit mencapai 2 km. Jadi saat kita ingin mencari keberadaan suatu titik hotspot di lapangan maka area yang harus kita susur bisa mencapai 2 km. 

  • Jumlah hotspot bukanlah merupakan jumlah kebakaran di lapangan karena beberapa kejadian kebakaran dalam radius 500 m dapat saja terdeteksi sebagai satu hotspot. Atau sebaliknya satu kebakaran kecil namun suhunya sangat tinggi dapat dideteksi oleh satelit lebih dari satu hotspot. 

  • Jumlah hotspot tidak mencerminkan luas area kebakaran. Jika hal ini dipaksakan akan memberikan hasil yang tidak akurat. 

Informasi hotspot karhutla secara  online menjadi penting karena merupakan indikator terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran hutan dan lahan sendiri selain merusak hutan itu sendiri juga akan menyebabkan kemunculan asap yang memberi dampak lanjutan seperti gangguan kesehatan hingga terganggunya jadwal penerbangan.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada tahun 2015 saja telah merusak hutan dan lahan seluas 2,61 juta ha dengan kerugian secara ekonomi ditaksir mencapai hingga Rp. 221 Trilyun, belum dihitung lagi kerugian akibat kejadian karhutla pada tahun-tahun lainnya.

Demikian, ulasan informasi sebaran hotspot kebakaran hutan dan lahan  secara online, sebagai informasi awal memantau terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

16 Comments

  1. ternyata aplikasi ini buatan lapan untuk memantau hotspot yang ada di hutan dan daratan, bisa ditanggulangi dengan bantuan seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hotspotnya masih dikit mudah mas. Klo uda ratusan pada lahan ratusan hektar juga akan sulit. Kecuali hujan turun

      Delete
  2. Keren ya mas, sekarang apa aja berbasis online, hal ini pastinya akan mempermudah dalam memntau hutan dan daratan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kemajuan teknologi semakin memudahkan kita

      Delete
    2. Semoga saja kita dan para generasi bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan positif ya mas..

      Delete
  3. sama seperti mengecek sumber kemarin ya bang..
    titiknya sudah bisa diketahui, seperti hotspot ini..
    sangat memudahkan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mempermudah penanganan kebakaran hutan dan lahan

      Delete
  4. oo gagal paham saya. saya kira tadi hot spot seperti jaringan wifi gitu. hehehe.
    saya tadi coba masuk alamatnya karena penasaran.

    ReplyDelete
  5. Makin canggih aja ya, semakin mudah untuk memantau informasi karhutla.

    ReplyDelete
  6. Kerugiannya sampai 221 T, aje gila yaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.