Fenomena Polar Vortex - Penyebab Suhu Ekstrem Di Amerika Serikat

Climate4life.info - Fenomena Polar Vortex - Penyebab Suhu Ekstrem. Amerika Serikat dan beberapa negara sekitarnya saat ini sedang mengalami serangan suhu ekstrem sangat dingin. Suhu ekstrem dingin tersebut dilaporkan mencapai minus 30 °C. 

Sejatinya saat ini wilayah utara bumi sedang mengalami musim dingin. Suhu udara di bawah nol derajat pada saat musim dingin adalah hal yang biasa. Namun suhu yang mencapai  minus 30 °C merupakan suatu anomali iklim. Suhu ekstrem dingin ini bahkan lebih rendah dari suhu di kutub utara yang "hanya" berkisar 11 °C.

Suhu ekstrem dingin tersebut dibawa angin yang berhembus masuk ke wilayah Amerika Serikat dan sekitarnya. Dampak dari suhu ekstrem dingin itu telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa, terganggunya layanan publik dan pemadaman listrik pada beberapa wilayah. Ratusan sekolah terpaksa harus ditutup. 

Bagaimana membayangkan dinginnya suhu ekstrem akibat polar vortex tersebut ? Sebagaimana dilaporkan bbc.com, suhu ekstrem di Amerika telah menyebabkan sungai dan danau di sana menjadi membeku. Bahkan air panaspun bisa seketika menjadi es saat dilempar ke udara. Bisa kebayangkan seberapa dinginnya ?

Sejauh ini, analisis yang muncul mengaitkan fenomena polar vortex sebagai penyebab suhu ekstrem di Amerika tersebut. Ada banyak hal penyebab suhu ekstrem dapat terjadi di suatu tempat, misalnya intrusi udara musim dingin dari tempat lain atau  hujan es karena front.

Sebaliknya serangan gelombang panas juga dapat menjadi penyebab suhu ekstrem yang panas, sebagaimana yang sering terjadi di Jepang dan Korea. BacaGelombang panas di Korea Selatan, begini penyebabnya.

Apa itu Polar Vortex ? Bagaimana kaitan fenomena Polar Vortex sebagai penyebab suhu ekstrem di Amerika Serikat dan sekitarnya ? Mari kita bahas satu persatu.


Fenomena Polar Vortex

Fenomena Polar Vortex adalah pusaran udara dingin dengan tekanan rendah yang terdapat di kutub bumi.  Arah pusaran udara dingin tersebut berlawanan dengan arah jarum jam. Fenomena Polar Vortex terdapat di kutub utara dan kutub selatan bumi. Pada bagian tepi pusaran Polar Vortex terdapat jet stream atau arus angin yang sangat kencang.

Umumnya Polar Vortex konstan terjadi di sekitar kutub sebagaimana terlihat pada gambar kiri di bawah ini. Fenomena Polar Vortex ini  merupakan fenomena biasa dalam meteorologi, bukan sesuatu yang baru. Fenomena Polar Vortex sebagai penyebab suhu ekstrem telah diteliti sejak tahun 1853.

Baca juga :


Mekanisme Polar Vortex sebagai Penyebab suhu ekstrem (Gambar Noaa)


Polar Vortex dan Suhu Ekstrem

Lalu bagaimana Polar Vortex menjadi penyebab suhu ekstrem di Amerika dan sekitarnya ? Pada musim dingin di Belahan Bumi Utara, Polar Vortex di kutub utara akan menjadi tidak stabil dan akan menguat.

Hal ini karena pada tekanan udara di wilayah subtropis yang mengalami musim dingin sama atau lebih rendah dari tekanan udara di kutub utara. Dampaknya, desakan udara dingin Polar Vortex dari kutub meluas hingga ke wilayah subtropis tersebut. Baca selengakpanya tentang sirkulasi Hadley dalam Sirkulasi Atmosfer.

Desakan udara dingin Polar Vortex akan mendapat hambatan dari udara hangat yang bersumber dari lautan subtropis. Udara hangat tersebut menekan beberapa bagian desakan udara dingin bergerak kembali ke utara.

Namun pada bagian yang di mana udara hangat tidak signifikan, desakan udara dingin dari Polar Vortex akan dominan. Desakan udara dingin tersebut menekan lebih ke selatan membentuk lidah udara dingin. Hal ini sebagaiman terlihat pada gambar kanan di atas.

Lidah udara dingin ini akan menjangkau jauh ke selatan dari posisi awal Polar Vortex di kutub utara. Daerah-daerah yang dilalui oleh desakan lidah udara dingin inilah yang kemudian mengalami suhu ekstrem dingin.

Sebaliknya wilayah  lain di sebelah lidah udara dingin tersebut akan mengalami cuaca dengan suhu udara yang hangat dan kering. Karena wilayah tersebut justru dilalui seruakan udara hangat yang mengaliri ke arah kutub.

Berikut animasi fenomena Polar Vortex dari NASA berdasar citra satelit selama tanggal 20-29 Januari, untuk mengamati penyebab suhu ekstrem. Semakin merah berarti suhunya semakin panas dan semakin ungu semakin dingin.

Fenomena Polar Vortex penyebab suhu ekstrem. Sumber NASA 

Faktor lain yang menyebabkan penyebab suhu ekstrem yang terkait dengan fenomena Polar Vortex adalah keberadaan gelombang Rossby yang diamplifikasi oleh topografi di Amerika serikat. Keberadaan pegunungan Rocky yang membelah Amerika memberi semacam kanal penjalaran gelombang Rossby yang membawa udara dingin Polar Vortex.

Beberapa ahli menyebut pula perubahan iklim mempengaruhi aktivitas fenomena Polar Vorteks sehingga menjadi penyebab suhu ekstrem di Amerika dan sekitarnya tersebut. Namun sejauh ini hal tersebut masih menjadi bahan perdebatan.

Demikian sekilas tentang Fenomena Polar Vortex - Penyebab Suhu Ekstrem Di Amerika. Adapun  referensi tentang fenomena polar vortex ini telah disebutkan dalam artikel.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

34 Responses to " Fenomena Polar Vortex - Penyebab Suhu Ekstrem Di Amerika Serikat "

  1. ngeri - 30 derajat, langsung jadi es batu keknya, semoga tidak berdampak lebih parah lagi ya, cukup di Amerika saja, Indonesia jangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..sempat mendengar infonya di TV. Kok bisa sedingin itu ya suhu di bawah paling minus, sampai sampai air mendidih di siram ke atas langsung jadi salju ice

      Delete
    2. Iya mas Viral. Smg Indonesia jauh dari bencana

      Delete
    3. Bang Asnaji... lebih ironis lagi, di tempat sebelahnya malah hangat

      Delete
    4. Indonesia jangan, kecuali di Subang...boleh deh

      Delete
    5. Emg Subang panas yah Mang Lembu ?

      Delete
    6. kalau subang kena, sumedang sama bandung juga kena mang lembu

      Delete
    7. Belum tentu juga sih hehe. Bergantung faktor lain lagi misalnya topografi.

      Delete
  2. Namanya bagus, Polar Vortex, tapi impaknya nyeremin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dipake buat nama anak yah Bang Doel hehehe

      Delete
  3. tekanan rendah dari pusat bumi yang disebut polar vortex inilah rupanya penyebab perubahan suhu tea teh ya mang....gimana kalau pusat buminya kita rubah aja atuh, bisa nggak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutub bumi mang.

      Klo kutub berubah wah pasti dampaknya luar biasa. Paling simpel kompas pada ngaco.

      Delete
    2. rubah sendiri mang jangan ngajakin orang,, sana ke mars, rubah sesukamu mang, saya ikhlas

      Delete
  4. Wahhh jangan sampai terrjadi di Indonesia lah ya,m serem banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya kalo ada salju bakal pada rame2 bikin sirup mas hehehe

      Delete
    2. Wahhh sirupp apa tuh wuehehe, sirup marjan dah di lebaran kemaren :v

      Delete
  5. Mantap ni bang dayzz tp serem ugha kalau ampe terjadi di negara kita tercinta ini ya.. semoga jangan ampe kenapa2 di indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori sih gak akan terjadi di kita mba. Tapi alam ini dinamis, semua serba mungkin

      Delete
  6. Kalau mengamati (cieee) melihat gambar animasinya, sesuai lingkar bumi, kawasan Indonesia berada pada area hangat.. semoga tetap hangat dan gak dingin-dingin banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, karena kita di wilayah tropis jadinya akan hangat terus dalam arti tidak sampai ada cuaca yang membuat air membeku

      Delete
  7. Iya nih kok cuaca di Amerika sana bisa seekstrim itu dinginnya ..., bayanginnya saja jadi ngilu sendiri.
    Aku khawatir dengan kesehatan teman2ku di ig yang kebanyakan berasal dari sana, selama ini aku sering kirim link artikel ke mereka2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilahnya mengalami anomali iklim mas.
      Terdapat gangguan pada sirkulasi anginnya.
      Cmn ironisnya bagian yang lainnya hangat.

      Smg teman2 mas Himawan gpp semuanya

      Delete
  8. Duuhh langsung menggigil bacanya.
    Minus 30 derajat?
    Kalah ya frezer kulkas saya hehehe

    Beruntung banget deh kita tinggal di Indonesia, setidak menyenangkan cuacanya, masih terasa amat ringan dibanding cuaca yang ada di negara lain, khususnya Eropa dan Amerika sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Seperti freese kulkas kayaknya.

      Nikmat Tuhan kita ada di daerah tropis yang hampir selalu hangat

      Delete
  9. Minus 30 derajat itu seumpama freezer di kulkas, seperti kata Kak Reyne di atas. Di Ende saja, suhu dingin yang masih sekitar 26-an saja sudah bikin tubuh ketar-ketir :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk wilayah NTT sekitar Juli dinginnya ya mba. Saya ngalamin jg tapi waktu itu di Lombok

      Delete
  10. Adakah kemungkinan fenomena ini hinggap dibumi Indonesia gak bang Day??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ut ektrem yang meluas seperti ini secara teori tidak mungkin terjadi mas

      Delete
  11. mungkin tanda kali ya dunia udah renta dan mau hancur... sebagain mengatakan utu azab bagi amerika. kisa serahkan saja pada Tuhan, karena dia paling tau.
    yang jelas pelajaran akibat polar vortex ini semoga tidak melanda indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara teori sih tidak akal melanda wilayah tropis seperti negara kita Mbah :)

      Delete
  12. Semoga tdk terjadi apa2 dgn planet kita

    ReplyDelete
  13. Tapi di indonesia panasnya minta ampun ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerak semu matahari saat ini berada di dekat equator mas

      Delete

Terima kasih