Arsip Citra Satelit Cuaca Kochi University

Halaman ini berisi direktori arsip citra satelit cuaca milik Kochi University yang menampilkan kondisi cuaca atau perawanan di kawasan Asia Tenggara. Arsip Citra Satelit Cuaca Kochi University tersedia mulai tanggal 4 Agustus 1997, pukul 05 UTC yang tersusun setiap jam.




Menurut pihak Kochi University, seluruh arsip citra satelit Cuaca Kochi University tersebut berasal dari Satelit cuaca Himawari-8 (sejak 2015/07/07 11:00 JST) dan Himawari-7/MTSAT-2 ( sebelum 2015/07/07 10:00 JST). Himawari merupakan Geostasioner Meteorologi Satelit (GMS) yang merupakan generasi baru dari satelit MTSAT (Multi Fungsi Transportasi Satelit). Himawari-8 diluncurkan pada Oktober 2014 dan mulai beroperasi pada pertengahan 2015. Posisi Himawari berada pada 140° BT untuk memantau keadaan cuaca dan atmosfer kawasan bagian timur Asia dan barat Pasifik. Satelit ini dilengkapi sensor bernama Advanced Himawari Imager (AHI), yang memiliki resolusi temporal, spektral dan spasialnya lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Kanal yang dimiliki Himawari-8 adalah 16 kanal yang terdiri dari 3 kanal visibel, 3 kanal infra merah-dekat atau near infrared (NIR) dan 10 kanal Infrared (IR).

Arsip Citra Satelit Cuaca Kochi University tersebut dapat kita olah lebih lanjut menjadi sebuah gambar bergerak atau animasi yang dapat menggambarkan pola pergerakan awan pada periode tertentu, misalnya dalam 24 jam terakhir atau dalam tiga hari terakhir. Dengan citra dalam bentuk animasi memudahkan kita menganalisis sumber pembentukan awan, arah pergerakannya ataupun adanya pemicu kondisi cuaca buruk seperti adanya wilayah tekanan rendah hingga terbentuknya siklon tropis seperti pada gambar di bawah ini


Animasi Siklon Tropis berdasarkan citra satelit cuaca
Animasi Siklon Tropis berdasarkan citra satelit cuaca

Hal yang harus diingat resolusi Arsip Citra Satelit Cuaca Kochi University tersebut cukup rendah, sehingga perlu hati-hati dalam membuat prognosa dalam menyusun suatu prakiraan cuaca pada wilayah yang kecil dan untuk waktu yang singkat.