Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan - Online

Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan secara Online

Climate4life.info - Pada saat kondisi iklim sedang kering di mana curah hujan menurun bahkan menghilang sama sekali maka kemunculan hotspot dapat dipantau melalui halaman ini, yang berisi Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) secara near realtime yang bersumber pada laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pada laman Informasi Sebaran Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan secara Online ini kita juga bisa mendapatkan arsip kejadian hotspot yang sebelumnya.



Cara membaca Informasi Hotspot Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla)

Cara membaca informasi hotspot karhutla online di atas sebagai berikut :
Pertama, keberadaan hotspot pada tampilan online di atas ditunjukkan oleh bulatan berwarna merah, kuning dan hijau yang menggambarkan tingkat kepercayaan hotspot itu sendiri, yaitu :
  • Merah; tingkat kepercayaan >=80%, segera kegiatan penanggulangan;
  • Kuning; tingkat kepercayaan antara 30% sampai dengan <80%, waspada;
  • Hijau; tingkat kepercayaan <30 %, perlu diperhatikan.
Selanjutnya Pada panel kiri atas tampilan hotspot online tersebut terdapat pilihan yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita seperti pada gambar di bawah ini :
menu akses hotspot karhutla
Menu pilihan tampila hotspot karhutla
  1. Pilihan untuk menampilkan informasi sebaran hotspot pada seluruh wilayah Indonesia atau berdasarkan wilayah provinsi.
  2. Pilihan untuk memilih jenis satelit pendeteksi; Tera, Aqua, SNPP atau gabungan ketiganya.
  3. Pilihan durasi; terkini 24 jam, 48 jam atau 72 jam terakhir. Dapat juga menampilkan arsip hotspot berdasarkan tanggal tertentu.
  4. Pilihan tingkat kepercayaan, Semakin tinggi tingkat kepercayaan semakin tinggi pula keyakinan bahwa hotspot tersebut adalah benar-benar merupakan kejadian kebakaran hutan dan atau kebakaran lahan
Hasil akhir tampilan hotspot kebakaran hutan secara online yang kita pilih tersebut dapat kita download dalam bentuk file csv yang berisi seluruh data informasi sebaran hotspot kebakaran hutan dan lahan.  File csv hotspot online tersebut dapat kita olah lebih lanjut dengan pengolah data seperti Ms Excel. Menunya terdapat pada panel kanan atas, seperti terlihat pada gambar berikut.

Download data hotspot karhutla
Download data hotspot karhutla

Informasi sebaran hotspot online yang merupakan indikator kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara online ini dapat juga diakses melalui handphone yang berbasis android (baca : Cara mengakses Informasi Hotspot - Indikator Kebakaran Hutan dan Lahan melalui handphone). 

Beberapa hal yang perlu kita catat dalam interpretasi hotspot kebakaran hutan dan lahan online  menurut Lapan adalah sebagai berikut :
  • Tolerasi koordinat hotspot dari satelit mencapai 2 km. Jadi saat kita ingin mencari keberadaan suatu titik hotspot di lapangan maka area yang harus kita susur bisa mencapai 2 km. 
  • Jumlah hotspot bukanlah merupakan jumlah kebakaran di lapangan karena beberapa kejadian kebakaran dalam radius 500 m dapat saja terdeteksi sebagai satu hotspot. Atau sebaliknya satu kebakaran kecil namun suhunya sangat tinggi dapat dideteksi oleh satelit lebih dari satu hotspot. 
  • Jumlah hotspot tidak mencerminkan luas area kebakaran. Jika hal ini dipaksakan akan memberikan hasil yang tidak akurat. 
Informasi hotspot karhutla secara  online menjadi penting karena merupakan indikator terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan sendiri selain merusak hutan itu sendiri juga akan menyebabkan kemunculan asap yang memberi dampak lanjutan seperti gangguan kesehatan hingga terganggunya jadwal penerbangan. Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada tahun 2015 saja telah merusak hutan dan lahan seluas 2,61 juta ha dengan kerugian secara ekonomi ditaksir mencapai hingga Rp. 221 Trilyun, belum dihitung lagi kerugian akibat kejadian karhutla pada tahun-tahun lainnya.

Demikian, ulasan informasi sebaran hotspot kebakaran hutan dan lahan  secara online, sebagai informasi awal memantau terjadinya kebakaran hutan dan lahan.