Mengenal Representative Concentration Pathways (RCPs) - Skenario Proyeksi Perubahan Iklim

Empat skenario RCP digunakan dalam model iklim pada Periode Pelaporan Kelima IPCC. RCP mencakup berbagai kemungkinan jalur emisi, dari mitigasi paling agresif (RCP 2.6) yang secara kasar konsisten dengan Kesepakatan Paris, yang paling pesimistis (RCP 8.5) di mana laju peningkatan emisi selama beberapa dekade terakhir terus berlanjut, tak henti-hentinya sepanjang abad ke-21.
Gambar: https://www.usgs.gov/media/images/comparisons-among-4-ipcc-scenarios-greenhouse-gas-emissions


Pengertian RCPs

Representative Concentration Pathways (RCPs), merupakan seperangkat skema dalam pemodelan iklim untuk menggambarkan kondisi iklim di masa depan berdasarkan skenario tingkat konsentrasi gas rumah kaca. 

Istilah Representative Concentration Pathways ini mulai digunakan pada laporan IPCC 2014  menggantikan terminologi  Special Report on Emissions Scenarios (SRES)  pada dokumen-dokumen IPCC sebelumnya.

RCP dikembangkan menggunakan Integrated Assessment Models (IAMs) sebagai masukan untuk berbagai simulasi model iklim untuk memproyeksikan konsekuensinya terhadap sistem iklim. Proyeksi iklim ini, pada gilirannya, digunakan untuk penilaian dampak dan adaptasi.

Dua istilah yang berkaitan dengan RCP di atas adalah Model Iklim dan Proyeksi Iklim, yang dapat diuraikan sebagaimana di bawah ini.


Model Iklim

Model iklim adalah representasi matematis dari proses yang penting dalam sistem iklim bumi. Proses dasar persamaan matematika dalam model adalah pergerakan udara, air, dan energi di sekitar bumi sebagai respons terhadap pemanasan yang tidak merata oleh matahari, gaya Coriolis, dan faktor lainnya, dengan gerakan yang dibatasi oleh kekekalan massa, energi, dan momentum.

Pemodelan iklim terdiri dari yang paling sederhana hingga kompleks. Pada model iklim yang paling kompleks adalah  sirkulasi dan interaksi yang digabungkan dari atmosfer, laut, permukaan tanah, dan kriosfer.

Beberapa model menjelaskan interaksi kimia yang rumit dan transportasi kimia di atmosfer; beberapa membahas fisika terperinci tentang seberapa besar lapisan es tumbuh dan menyusut; yang lain mensimulasikan bagaimana vegetasi merespons iklim, sementara yang lain menjelaskan pengangkutan karbon melalui berbagai reservoir sistem Bumi.


Proyeksi Iklim

Proyeksi iklim adalah simulasi iklim Bumi dalam dekade mendatang (biasanya sampai 2100) berdasarkan asumsi 'skenario' untuk konsentrasi gas rumah kaca, aerosol, dan konstituen atmosfer lainnya yang mempengaruhi keseimbangan radiasi bumi.

Proyeksi iklim merupakan sebuah usaha guna mendapatkan gambaran mengenai respons sistem iklim terhadap perubahan gaya radiatif (radiative forcing)
Gambar: https://adaptasiklhk.id

Proyeksi iklim diperoleh dengan menjalankan model numerik iklim Bumi, yang dapat mencakup seluruh dunia atau wilayah tertentu mis. Eropa. Model-model ini disebut sebagai Global Climate Models (GCMs) – juga dikenal sebagai General Circulation Models – atau Regional Climate Models (RCMs).



Empat Skema RCP

Dalam Laporan Penilaian Kelimanya (AR5), IPCC menetapkan  empat skema RCP sebagai dasar untuk membuat model proyeksi untuk mendapatkan berbagai  kondisi dunia masa depan, yaitu RCP 2.5, RCP 4.5, RCP 6.0, dan RCP 8.5.

Empat skenario RCP dikaitkan dengan tingkat pemaksaan radiasi
Gambar: https://bdtbt.esdm.go.id



RCP 8.5

Dengan menggunakan jalur-jalur ini sebagai dasar model pemaksaan, model memproyeksikan bahwa rata-rata suhu udara permukaan global tahunan untuk jalur RCP8.5 akan menjadi 3,7 °C (6,7°F) lebih tinggi pada tahun 2100 daripada suhu rata-rata 1986–2005. 



RCP 6.0 dan 4.5

Untuk dua jalur emisi menengah (RCP6.0 dan 4.5) dan jalur emisi rendah (RCP2.5), masing-masing proyeksi peningkatan suhu udara permukaan global tahunan adalah 2,2°C (4.0°F), 1,8°C (3,2 °F), dan 1°C (1.8°F) relatif terhadap rata-rata 1986–2005.


RCP 2.5

RCP 2.6 adalah jalur yang "sangat ketat". Menurut IPCC, RCP 2.6 mengharuskan emisi karbon dioksida (CO 2 ) mulai menurun pada tahun 2020 dan menjadi nol pada tahun 2100.

RCP 2.6 juga mensyaratkan emisi metana (CH 4) mencapai kira-kira setengah dari tingkat CH 4 pada tahun 2020, dan emisi sulfur dioksida (SO2) menurun menjadi sekitar 10% dari tahun 1980–1990. 

Seperti semua RCP lainnya, RCP 2.6 memerlukan emisi CO 2 negatif (seperti penyerapan CO2 oleh pohon). Untuk RCP 2.6, emisi negatif tersebut adalah rata-rata 2 Gigaton CO2 per tahun (GtCO2 /tahun).

RCP 2.6 kemungkinan akan mempertahankan kenaikan suhu global di bawah 2 °C pada tahun 2100


Tidak mungkin untuk menetapkan probabilitas ke salah satu jalur ini, tetapi mereka secara kolektif menentukan berbagai kemungkinan tentang bagaimana iklim dapat berubah berdasarkan kemungkinan emisi di masa depan.



Referensi

  • https://ar5-syr.ipcc.ch/topic_futurechanges.php
  • https://www.greenly.earth/blog-en/representative-concentration-pathway-rcp-what-is-it
  • https://skepticalscience.com/rcp.php

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments