Kamus Online Istilah Meteorologi dan Klimatologi

Climate4life.info - Kamus online ini berisi istilah-istilah dalam dunia meteorologi dan klimatologi



! Kamus istilah meteorologi dan klimatologi ini masih dalam proses penyempurnaan dan penambahan daftar istilah
Pencarian dalam kamus cuaca dan iklim ini dengan memasukkan kata atau istilah meteorologi ataupun istilah klimatologi, baik dengan kata tunggal atau gabungan kata atau frasa, juga dalam Bahasa Inggris maupun dalam Bahasa Indonesia.


Tentang Kamus online  Istilah Meteorologi dan Klimatologi

Menurut KBBI, kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Kamus online adalah kamus yang tersedia dan dapat diakses secara online melalui sebuah halaman website.
Kamus online istilah meteorologi dan istilah klimatologi


Kamus online ini berisi daftar istilah yang berkaitan dengan kata-kata atau istilah yang berkenaan dengan meteorologi dan juga istilah klimatologi  yang umumnya digunakan dalam dokumen-dokumen resmi WMO dan lembaga penyedia informasi cuaca dan iklim seperti BMKG, BOM dan NOAA.
Tentang WMO: World Meteorological Organization (WMO) - Organisasi Meteorologi Dunia


Jika dipilah secara lebih detil seperti pada Meteoterm MWO maka kamus online ini berisi:

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk cuaca sedang klimatologi adalah ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan iklim.

Baca: Sekilas tentang Meteorologi, ilmu mengenai cuaca


Hidrologi sendiri adalah ilmu yang berkaitan dengan siklus air di bumi di mana dalam siklus tersebut bersinggungan dengan sistem cuaca dan iklim, misalnya proses evapotranspirasi.


Database dalam kamus online meteorologi dan kamus istilah klimatologi ini dikelola dengan MySQLi. Adapun tampilan dan pengelolaan database menggunakan script PHP yang diadopsi dari https://tutorialweb.net.

Hasil pencarian dalam kamus meteo atau kamus cuaca iklim ini akan menampilkan kata/istilah dalam bahasa Indonesia dan kata/istilah asli dalam bahasa Inggris disertai penjelasan kata/istilah tersebut dalam bahasa Indonesia, seperti terlihat di bawah ini.

Gambar 1. Pencarian istilah dalam bahasa Indonesia pada kamus online meteorologi dan klimatologi


Gambar 1 di atas menyajikan hasil pencarian dengan kata kunci "diagram aerologi" dalam Bahasa Indonesia dan dengan kata kunci aerological diagram yang merupakan kata dalam Bahasa Inggris.

Angka 1 merupakan tampilan atas hasil pencarian menampilkan istilah yang diinput dalam Bahasa Indonesia kemudian angka 2 dalam Bahasa Inggris yang merupakan istilah asli yang tercantum dalam IMV. 

Selanjutnya mulai baris ketiga dan seterusnya dalam kamus cuaca dan iklim ini merupakan penjelasan dalam bahasa Indonesia atas istilah yang dicari tersebut.



Tips Pencarian dalam Kamus online  Istilah Meteorologi dan Klimatologi 

Sebagaimana kamus online lainnya, pencarian kata/istilah maka akan menghasilkan jawaban yang sesuai dengan data yang ada  dalam database kamus.

Dalam pencarian kata tunggal, maka kamus kamus online istilah meteorologi, klimatologi dan jugq mengandung istilah dalam hidrologi ini akan memberi hasil semua istilah yang mengandung kata tersebut.

Seperti pada gambar di bawah ini, di mana dilakukan pencarian dengan kata kunci tunggal yaitu kata adiabatik.

Gambar 2. Pencarian kata/istilah tunggal pada kamus meteorologi 


Sebagaimana terlihat pada Gambar 2, pencarian kata "adiabatik" akan memunculkan semua daftar istilah yang mengandung kata "adiabatik".

Pada pencarian istilah yang merupakan gabungan kata/frasa, maka kamus online ini akan menghasilkan pencarian  sesuai frasa yang dicari, seperti terlihat di bawah ini.

Gambar 3. Pencarian istilah frasa


Sebagai terlihat di atas, pencarian frasa adiabatic atmosphere memberikan hasil pencarian spesifik istilah yang mengandung kata adiabatic atmosphere tersebut.


Meteoterm WMO

Sebagai dijelaskan pada bagian awal, database dalam kamus online istilah  meteorologiklimatologi dan hidrologi ini salah satunya bersumber pada International Meteorological Vocabulary, edisi tahun 1992 yang pada awalnya diterbitkan hanya dalam empat bahasa yaitu, Inggris, Prancis Rusia dan Spanyol.

Dalam penjelasannya, WMO menyatakan daftar kata yang dicantumkan harus melalui persetujuan komisi teknis WMO.

Database istilah meteorologiklimatologi dan hidrologi kini dikelola dalam laman Meteoterm, yaitu database istilah WMO yang telah tersedia dalam enam bahasa yaitu Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Rusia dan Spanyol. 

Meteoterm bersumber dari International Meteorological Vocabulary, International Glossary of Hydrology, dan istilah-istilah yang berkaitan dengan sains yang ada dalam dokumen-dokumen yang terbitkan oleh WMO.

WMO menyatakan Meteoterms ditujukan untuk mendukung para ahli sains, para editor, para penerjemah dan para pembaca publikasi-publikasi WMO untuk memahami istilah-istilah yang digunakan dalam meteorol0gi, klimatologi dan hidrologi.

WMO berusaha untuk memberikan materi yang sederhana, jelas dan ringkas dalam jangkauan semua audiensi dan untuk berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan multibahasa dan multikultural.

Secara administratif Meteoterm dikelola oleh Language, Conference and Publishing Services Department (LCP) yaitu sebuah departemen di WMO yang bertugas menyediakan layanan penerjemahan dari dan ke dalam enam bahasa tersebut di atas.

Selain itu LCP juga bertugas menyediakan layanan dan fasilitas konferensi, terutama untuk pertemuan WMO badan-badan PBB lainnya.


Referensi :
[1] WMO - Meteoterm
[2] WMO - International Meteorological Vocabulary, edisi tahun 1992
[4] Kamus Istilah Meteorologi: http://pustakacuaca.blogspot.com/2009/12/cuaca-kamus-istilah-meteorologi.html

Post a Comment

18 Comments

  1. Assalamualaikum Bang Day... pokoknya sillaturahmi, kesini pasti tambah ilmu.

    sesama peminat sejarah

    ReplyDelete
  2. dari sini dapat informasi kamus... selama baca disini, baru tau kalu meterologi n klimatologi itu bidangnya beda...

    kirain sama2 tentang cuaca, ternyata yg pertama seluk beluk cuaca dan kedua tentang iklim

    ReplyDelete
  3. Jadi tertarik ingin menggunakan kamus seperti itu juga di blog bang, keren.. Apalagi bisa terhubung dengan artikel blog jika ada yang sesuai dengan pencarian

    ReplyDelete
  4. Wah coba nemu artikel ini pas jaman kuliah Klimatologi dulu... Pasti mempermudah saya belajar g perlu ngubek2 buku tinggal ketik ketik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mang jurusan apa mba sampe dapat matkul klimatologi

      Delete
  5. Keren, iri banget ilmunya bisa dituangkan di blog, ndak sekedar cuap cuap kaya saya ini... sukses bang..

    ReplyDelete
  6. Semakin terbantu nih saat membaca blog mas. Jadi gak perlu browsing ke situs lain deh

    ReplyDelete
  7. bertambah ilmu baru utk saya hari ini terima kasih mas

    ReplyDelete
  8. Widih, keren bang. Kalau nyari istilah meteorologi atau klimatologi bisa langsung muncul hasilnya. Mantap ada link ke artikelnya bang day di blog ini juga. Btw link ini masukinnya masih manual y? soalnya di beberapa istilah kyk "Angin Geostropik" masih belum ngelink ke artikel bang day.

    Btw postingan ini gak ditaro di menu navigasi paling atas aja bang? kalau di taro di sidebar kyknya orang gampang kelewatan. Sama mungkin pas bagian kamus dibikin mencolok enak kali yah bang, soalnya pas awal-awal saya gak ngeh klo kamusnya itu ada di bagian paling atas, kekeke (maafkan daku yang kurang teliti)

    ReplyDelete
  9. Keren nih kamus meteoroliginya bang Day, udah plus nyambung ke artikel

    ReplyDelete
  10. Salut to Bang Day... semoga kreatifitasnya ini berkah ya....

    ReplyDelete
  11. Keren banget pak...kalau ditambah referensi dari hasil pencarian mungkin ga ya...jadi akan sangat bantu pas nulis referensi KTI ....

    ReplyDelete
  12. kamusnya sangat membantu sekali buat orang yang mau belajar cuaca/iklim Bang Day. Lanjut trs Bang Day, biar banyak org mengenal cuaca/iklim biar gak kena Hoax

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.