Mengenal Prediksi Iklim Deterministik dan Probabilistik

Climate4life.info - Dengan kemajuan teknologi yang ada, peningkatan akurasi prediksi iklim saat ini telah  banyak berperan mendukung pengguna informasi iklim dalam pengambilan keputusan dan juga kegiatan pengurangan resiko bencana.
Contoh produk prediksi iklim dari NOAA


Proses ini merupakan hasil dari kemitraan yang kuat dari lembaga penyedia informasi dan prediksi iklim dengan pemerintah dan pemangku kepentingan terkait serta juga akademisi dan sektor swasta dalam menerapkan prediksi iklim tersebut.
Tentang iklim sendiri selengkapnya pada: Mengenal Cuaca dan Iklim


Prediksi Iklim

Prediksi iklim adalah pernyataan probabilistik tentang kondisi iklim ke depan baik pada skala waktu (bulan hingga tahun) dan skala spasial (lokal, regional dan global). 

Prediksi iklim tersebut didasarkan pada kondisi iklim saat ini dan analisis ilmiah tentang proses fisis dan dinamis yang berperan pada sistem iklim di masa depan.

Prediksi iklim umumnya digunakan untuk pengambilan keputusan jangka panjang, perencanaan, peringatan dini potensi bahaya dan adaptasi variabilitas iklim dan perubahan iklim.
Baca juga: Bukti bahwa perubahan iklim benar terjadi

Dalam WMO 1174 mengenai Use of Climate Predictions to Manage Risks disebutkan dalam menjelaskan skala waktu prediksi terkadang terjadi ambiguitas antara prediksi cuaca dan prediksi iklim khususnya prediksi 10-30 hari. 

Publik sebenarnya tidak peduli soal perbedaan cuaca dan iklim, namun WMO menyebutkan yang dimaksud dalam WMO-1174 prediksi iklim meliputi skala minggu hingga dekade.

Beberapa terminologi yang berkaitan iklim dan prediksi iklim di dunia antara lain:

  • Data iklim (Climate data)
Merupakan data iklim baik historis dan real-time termasuk di dalamnya data keluaran model langsung yang mencakup data historis dan proyeksi ke depannya. 

Informasi bagaimana data iklim diperoleh dan model iklim yang digunakan harus tercantum dalam data iklim ini.
Artikel terkait data iklim:

  • Produk iklim (Climate product)
Adalah sintesis yang dihasilkan berdasarkan data iklim. Produk iklim ini merupakan gabungan dari data iklim yang diperkaya dengan pemahaman tentang iklim yang baik.

  • Informasi iklim (Climate information)
Meliputi data iklim, produk iklim maupun pengetahuan tentang iklim.
Contoh produk iklim BMKG: Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH), Indikator Kekeringan Meteorologis

  • Layanan iklim (Climate service) 
Merupakan kegiatan dalam menyediakan informasi iklim sebagai bagian untuk membantu pihak terkait dalam menyusun kebijakan tertentu yang berkaitan dengan informasi iklim.
Baca juga: Lembaga layanan multisektor, profil dan sejarah BMKG

Kegiatan penyediaan layanan iklim tersebut harus memperhatikan mekanisme yang efektif dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna informasi iklim.



Prediksi Iklim Deterministik dan Probabilistik

Prediksi iklim yang disampaikan kepada pengguna terbagi menjadi prediksi deterministik dan prediksi probabilistik. Pada beberapa negara ada yang menggunakan keduanya dan adapula yang hanya salah satunya saja.

Prediksi iklim deterministik adalah prediksi tentang kejadian iklim tertentu dengan sebuah nilai kuantitatif  yang spesifik yang terjadi pada waktu dan tempat yang spesifik pula. 

Misalnya: Curah hujan di Jakarta pada bulan depan diprediksi adalah sebesar 200-300 mm. Adapun contoh prediksi iklim determinisitik secara spasial seperti pada gambar berikut.

Prediksi iklim deterministik produk BMKG


Berdasarkan gambar di atas terlihat untuk wilayah Jakarta berwarna kuning yang artinya curah hujan berkisar 200-300 mm. Berapa persen peluang terjadinya curah hujan tersebut dijelaskan dengan prediksi probabilistik.

Prediksi iklim probabilistik adalah prediksi iklim yang didasarkan pada probabilitas sebuah kondisi iklim dapat terjadi pada sebuah wilayah dalam periode tertentu.

Sebagai contoh misalnya: pada Maret 2020 curah hujan dengan intensitasi lebih dari 200 mm di sebagian besar Pulau Jawa, peluang terjadinya adalah lebih dari 80%. Hal ini dapat diamati pada prediksi iklim probabilitas secara spasial di bawah ini.

Prediksi iklim probabalistik produk BMKG


Gambar di atas menunjukkan tingkat kepercayaan atau probabilitas untuk terjadinya curah hujan lebih dari 200 mm di seluruh wilayah Indonesia.

Itulah jenis prediksi iklim deterministik dan probabalistik. Semoga bermanfaat.

Referensi:
  • WMO : Use of Climate Predictions to Manage Risks (https://library.wmo.int/doc_num.php?explnum_id=3310)
  • WMO : Observational Needs for Climate Prediction and Adaptation (https://public.wmo.int/en/bulletin/observational-needs-climate-prediction-and-adaptation)
  • BMKG: Prakiraan Iklim (https://www.bmkg.go.id/iklim/prakiraan-hujan-bulanan.bmkg)

Post a Comment

12 Comments

  1. memang selalu dapet ilmu baru deh dari bang day..

    ReplyDelete
  2. Saya biasanya melihat cuarah hujan atau prediksi gelombang. Lihat peta yg ada warna warna itu. Ikuti ketetangnnya.
    Panjang juga ya penjelasannya

    ReplyDelete
  3. Hape android saya kadang ada prakiraan cuaca dari Google, mungkin google bekerja sama dengan badan prediksi iklim kali ya bang day?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena data pengamatan cuaca dan iklim dunia bisa diakses berbagai pihak yang kemudian dapat mengembangkan sesuai kebutuhan merekan

      Delete
  4. sekarang cuaca di malaysia agak panas... mungkin disebabkan perubahan monsoon barangkali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Cik, tapi di Bukittinggipun sebulan ini cukup panas

      Delete
  5. aseli, klo liat peta berwarna-warni gitu saya tertarik, rapi yaa gitu dehh...gak paham maknanya...hehehe ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak ngeliat warnanya jadi tertarik dulu... soal paham urusan belakang hehehe

      Delete
  6. Menarik sekali bang, semoga ada update harian terkait prediksi iklim atau cuaca keesokan harinya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.