Daratan

Buka gambar fitur

Perubahan Iklim: Sebuah Catatan Untuk Ahli Cuaca dan Iklim

Daftar Isi

1. Memahami Sistem Iklim
2. Variabilitas Temporal Alamiah dalam Sistem Iklim
3. Dampak Manusia Pada Sistem Iklim
4. Pemodelan Perubahan Iklim
5. Prediksi Iklim
6. Pengamatan Untuk Pemantauan Iklim Jangka Panjang
7. Pemodelan, Deteksi, dan Atribusi Perubahan Iklim Baru dan Masa Depan
8. Dampak Potensial Perubahan Iklim
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: WMO, 2002: Introduction to Climate Change: Lecture Notes for Meteorologist

Chapter 1. Memahami Sistem Iklim

1.4 Karakteristik komponen sistem iklim

1.4.4 Daratan

Permukaan tanah adalah komponen interaktif penting dari sistem iklim. Ini mencakup 29 persen dari permukaan Bumi. Pertukaran signifikan panas, kelembaban, dan momentum terjadi antara atmosfer dan permukaan tanah, termasuk biosfernya.

Ini juga merupakan permukaan tempat orang tinggal. Faktor penyimpanan panas permukaan tanah terhadap variasi suhu atmosfer jauh lebih kecil daripada untuk lautan. Tanah memiliki kapasitas panas yang lebih rendah daripada lautan, dan kekakuan tanah membatasi transportasi panas ke tingkat yang lebih dalam.

Akibatnya, kedalaman lapisan tanah yang penting untuk interaksi pertukaran energi dengan atmosfer hanya beberapa meter untuk skala waktu siklus tahunan. Sebuah gua 20 meter di bawah tanah akan tetap pada suhu yang sama sepanjang tahun.

Karena kapasitas panas permukaan tanah yang kecil, variasi suhu atmosfer di atas permukaan tanah jauh lebih besar daripada di atas lautan.

Pertukaran energi dan momentum antara permukaan tanah dan atmosfer mirip dengan yang terjadi di permukaan laut. Pertukaran panas dan panas laten (uap air) bergantung pada perbedaan suhu dan tekanan uap air antara permukaan tanah dan atmosfer bagian bawah, kasar permukaan tanah, dan kecepatan angin atmosfer bagian bawah. Yang terakhir dapat dikarakterisasi oleh kondisi angin dalam sepuluh meter terbawah atmosfer (lapisan campuran atmosfer).

Transfer radiasi adalah pertukaran energi lain yang penting. Jumlah radiasi matahari yang diserap oleh permukaan tanah tergantung pada jumlah radiasi matahari yang melewati atmosfer (sebagai kuantitas yang sangat bervariasi seperti yang dibahas sebelumnya) dan albedo (daya pantul) permukaan tanah yang juga sangat bervariasi.

Albedo berkisar antara lima hingga 90 persen dan tergantung pada jenis penutup permukaan tanah seperti yang ditunjukkan dalam Tabel 1.1. Transfer radiasi inframerah adalah neto dari radiasi inframerah yang dipancarkan oleh permukaan tanah (yang mendekati nilai 'black body' maksimum dan oleh karena itu hanya bergantung pada suhu) dan radiasi inframerah total yang diturunkan oleh atmosfer. Karena kapasitas panas permukaan tanah yang kecil, transfer energi radiatif, sensitif, dan laten mendekati seimbang sebagian besar waktu.

Topografi permukaan tanah memiliki efek nyata pada sirkulasi atmosfer besar skala, terutama di belahan bumi utara. Pegunungan Rocky, yang berorientasi utara-selatan, memotong angin barat belahan bumi utara, dan Plateau Tibet dengan ketinggian dan luas udara yang ekstrem memengaruhi aliran di atas area besar.

Topografi adalah faktor dalam pola gelombang di aliran angin horizontal troposfer atas (ditunjukkan dalam Gambar 1.9), dan juga memiliki efek besar pada suhu permukaan dan curah hujan.

Peralihan permukaan tanah oleh aktivitas manusia adalah faktor penting dalam perubahan iklim yang menambahkan pada efek perubahan karakteristik radiatif atmosfer yang dihasilkan oleh manusia.

Urbanisasi, pertanian, irigasi, dan deforestasi mengubah albedo permukaan tanah dan transfer energi sensibel dan laten permukaan. Faktor-faktor ini juga dapat sangat mempengaruhi aspek lokal perubahan iklim.. 

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments