Gambaran Umum Sistem Iklim

Buka gambar fitur

Perubahan Iklim: Sebuah Catatan Untuk Ahli Cuaca dan Iklim

Daftar Isi

1. Memahami Sistem Iklim
2. Variabilitas Temporal Alamiah dalam Sistem Iklim
3. Dampak Manusia Pada Sistem Iklim
4. Pemodelan Perubahan Iklim
5. Prediksi Iklim
6. Pengamatan Untuk Pemantauan Iklim Jangka Panjang
7. Pemodelan, Deteksi, dan Atribusi Perubahan Iklim Baru dan Masa Depan
8. Dampak Potensial Perubahan Iklim
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: WMO, 2002: Introduction to Climate Change: Lecture Notes for Meteorologist

Chapter 1. Memahami Sistem Iklim

1.2 Gambaran Umum

Definisi untuk sistem iklim menjelaskan bahwa seseorang harus memahami semua komponen sistem tersebut (atmosfer, lautan, proses permukaan tanah, kriosfer, dan biosfer) untuk memahaminya.

Secara nyata, seseorang perlu mengetahui sejumlah terbatas, tergantung pada rentang waktu yang dipertimbangkan, tentang komponen non-atmosfer untuk memahami interaksi komponen-komponen tersebut dengan atmosfer.

Secara umum, interaksi ini terjadi terutama di antarmuka fisik sehingga, misalnya, untuk interaksi dengan lautan, penting untuk mengetahui hanya kondisi di batas atas lautan dan untuk interaksi kriosfer hanya di permukaan es.

Untuk mengetahui kondisi tersebut, tentu saja, penting untuk memahami bagaimana kondisi-kondisi tersebut bervariasi dalam hubungannya dengan kondisi dalam lautan dan es.

Berbeda dengan komponen interaktif lainnya, lautan adalah fluida yang mudah bergerak, seperti halnya atmosfer, sehingga memahami lautan untuk aplikasi sistem iklim memerlukan penanganan hubungan dinamika fluida geofisika dan termodinamika yang sama kompleksnya dengan atmosfer.

Oleh karena itu, diperlukan penggunaan representasi model numerik untuk lautan yang sebanding dengan yang digunakan untuk atmosfer. Penelitian sistem iklim saat ini sangat bergantung pada model numerik terkopel atmosfer-laut.

Bab ini berfokus pada proses pendorong dan interaksi yang memiliki relevansi khusus dengan perubahan iklim. Materi dasar tentang topik seperti dinamika fluida geofisika skala besar, sistem cuaca skala sinoptik, turbulensi, atau siklus hidrologi tidak dibahas di sini.

Proses radiasi memainkan peran kunci dalam skenario perubahan iklim dan dibahas pertama kali dengan beberapa rincian, diikuti oleh diskusi tentang aspek-aspek yang relevan dari lima komponen sistem iklim.

Contoh-contoh yang menunjukkan hubungan global proses perubahan iklim kemudian disajikan, dan akhirnya, ada diskusi tentang aspek skala regional dari variabilitas iklim dan perubahan iklim.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments