Sifat Regional Sistem Iklim

Buka gambar fitur

Perubahan Iklim: Sebuah Catatan Untuk Ahli Cuaca dan Iklim

Daftar Isi

1. Memahami Sistem Iklim
2. Variabilitas Temporal Alamiah dalam Sistem Iklim
3. Dampak Manusia Pada Sistem Iklim
4. Pemodelan Perubahan Iklim
5. Prediksi Iklim
6. Pengamatan Untuk Pemantauan Iklim Jangka Panjang
7. Pemodelan, Deteksi, dan Atribusi Perubahan Iklim Baru dan Masa Depan
8. Dampak Potensial Perubahan Iklim
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: WMO, 2002: Introduction to Climate Change: Lecture Notes for Meteorologist

Chapter 1. Memahami Sistem Iklim

1.7. Sifat Regional Sistem Iklim

1.7.1 Pengantar

Iklim memiliki sifat global, tetapi juga memiliki variabilitas pada skala lokal yang sangat penting untuk dampaknya terhadap kehidupan.

Variasi lokal disebabkan oleh topografi, perbedaan tutupan tanah di permukaan Bumi, dan organisasi sistem cuaca yang dihasilkan dari sirkulasi umum atmosfer di wilayah tropis, seperti Zona Konvergensi Inter-Tropika (ITCZ).

Faktor pengendali iklim - penyebab keragaman ciri iklim di Bumi kita alert-info

Suhu rata-rata dan kondisi curah hujan berubah secara signifikan dengan ketinggian tanah. Variasi juga ada di hulu dan hilir topografi dengan efek seperti 'hutan hujan' atau 'bayangan hujan' di mana curah hujan rata-rata lebih besar atau lebih kecil, masing-masing, daripada di daerah sekitarnya.

Pada skala yang sangat kecil, para petani tahu bahwa kemiringan permukaan dan lembah-lembah kecil di ladang dapat secara nyata mengubah kondisi pertumbuhan.

Bahkan area yang teduh dan terkena sinar matahari di sekitar rumah memberikan variasi iklim pada skala yang sangat kecil (mikroiklim) yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Variasi lokal ini penting untuk menentukan lingkungan pribadi seseorang.

1.7.2 Geografi Iklim

Ada berbagai kondisi iklim di Bumi. Berguna untuk mengkarakterisasi kondisi tersebut dalam hal suhu permukaan dan curah hujan karena aspek-aspek ini berhubungan langsung dengan biosfer dan aktivitas manusia.

Sebuah sistem klasifikasi yang berkembang dari karya asli climatologist berkebangsaan Rusia-Jerman, Wladimir Köppen, pada awal abad ke-20 umumnya digunakan (Köppen, 1931). Klasifikasi asli ini memiliki lima kategori dasar yang ditandai dengan huruf pertama (huruf besar) dalam kode klasifikasi.

Subkategori yang ditandai dengan huruf setelah huruf kategori dasar memberikan rincian tentang variasi musiman dalam suhu dan curah hujan. Perlu dicatat bahwa kriteria suhu merujuk pada nilai rata-rata bulanan.

Pembaruan oleh Trewartha dan Horn (1980) terhadap klasifikasi iklim ini dirangkum di bawah ini. Perlu diperhatikan bahwa ini memiliki dua kategori dasar tambahan.

A (Tropis lembab): Cukup hangat dan cukup kelembapan (secara tahunan) untuk pertumbuhan tanaman sepanjang tahun; praktis tidak ada musim dingin dengan tidak ada embun beku di daerah kontinental dan suhu rata-rata bulan terdingin 18°C atau lebih tinggi di daerah maritim.

B (Kering): Pertumbuhan tanaman terbatas oleh pasokan kelembapan saja (iklim Steppe dan Gurun)

C (Lintang menengah lembab dengan musim tumbuh panjang): Cukup kelembapan (secara tahunan) untuk pertumbuhan tanaman; suhu rata-rata bulanan sama atau lebih tinggi dari 10°C selama setidaknya delapan bulan.

D (Lintang menengah lembab dengan musim tumbuh pendek): Cukup kelembapan (secara tahunan) untuk pertumbuhan tanaman; suhu rata-rata bulanan sama atau lebih tinggi dari 10°C selama setidaknya empat bulan, tetapi kurang dari delapan bulan.

E (Subarktik boreal): Musim panas yang sangat pendek dengan suhu rata-rata bulanan sama atau lebih tinggi dari 10°C hanya satu hingga tiga bulan.

(Kutub): Praktis tidak ada musim tumbuh; untuk bulan terhangat suhu rata-rata bulanan kurang dari 10°C dalam iklim Tundra dan kurang dari 0°C dalam iklim Es Cap.

H (Dataran Tinggi): Bukan jenis iklim; ketinggian tempat adalah faktor penting yang menentukan kondisi iklim.

Peta klasifikasi iklim Trewartha
Gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/ Trewartha_climate _classification

Gambar 1.20 menunjukkan karakteristik iklim keseluruhan untuk area daratan di seluruh dunia dalam hal klasifikasi yang dirangkum di atas bersama dengan subkategori. Kunci dalam diagram menjelaskan subkategori.

1.7.3 Variasi Lokal

Curah hujan
Distribusi curah hujan rata-rata di daerah tropis dapat memiliki variasi besar dalam jarak pendek. Curah hujan di Afrika adalah salah satu contohnya.

Curah hujan tahunan dan musiman rata-rata di wilayah Sahel di Afrika dapat berubah dengan cepat dalam jarak pendek secara utara-selatan karena struktur quasi-stasioner dan skala kecil dari ITCZ.

Perubahan dalam jumlah curah hujan tahunan sebesar dari kira-kira 1000 mm di 10°N menjadi 50 mm di 17°N (jarak sekitar 700 km).

Variasi serupa terjadi di wilayah tropis Amerika Selatan. Variasi terbesar terjadi antara bagian paling barat dari basin Sungai Amazon dan pantai barat Amerika Selatan karena Pegunungan Andes.

Sebagai contoh untuk daerah subtropis, curah hujan tahunan rata-rata di wilayah India-Pakistan memiliki variasi besar karena pengaruh topografi dari pegunungan Tibet dan rantai pegunungan yang lebih rendah serta struktur dan keberlanjutan sirkulasi musim.

Nilai curah hujan bisa sekecil 200 mm di Pakistan dan mencapai 1000 mm di bagian barat India hanya 400 km di sebelah tenggara. Tiga ratus kilometer lebih ke arah pantai barat India, nilai curah hujan mencapai 3000 mm.

Pulau-pulau di lautan, khususnya yang berada di daerah angin pasat, dapat memiliki variasi besar dalam curah hujan tahunan rata-rata dari satu sisi ke sisi lain tergantung pada topografi. Kepulauan Hawaii adalah contoh yang baik.

Suhu udara
Variasi suhu akibat ketinggian atau kedekatan dengan lautan dapat besar dalam jarak pendek. Sifat tanaman pertanian di negara-negara tropis dapat berubah dengan cepat dengan ketinggian di daerah pegunungan.


Hal ini diilustrasikan di negara-negara seperti Honduras dan wilayah-wilayah seperti Afrika bagian timur. Suhu rata-rata musim dingin di Juneau, Alaska, 20°C lebih hangat daripada tempat-tempat 100 km di pedalaman.

Keywords Pengantar perubahan iklim: catatan untuk para meteorologis> Memahami sistem iklim> Sifat regional sistem iklim> Sebaran geografis iklim, variasi lokal curah hujan dan suhu udara.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments