Lapisan Es

Buka gambar fitur

Perubahan Iklim: Sebuah Catatan Untuk Ahli Cuaca dan Iklim

Daftar Isi

1. Memahami Sistem Iklim
2. Variabilitas Temporal Alamiah dalam Sistem Iklim
3. Dampak Manusia Pada Sistem Iklim
4. Pemodelan Perubahan Iklim
5. Prediksi Iklim
6. Pengamatan Untuk Pemantauan Iklim Jangka Panjang
7. Pemodelan, Deteksi, dan Atribusi Perubahan Iklim Baru dan Masa Depan
8. Dampak Potensial Perubahan Iklim
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: WMO, 2002: Introduction to Climate Change: Lecture Notes for Meteorologist

Chapter 1. Memahami Sistem Iklim

1.4 Karakteristik komponen sistem iklim

1.4.4 Lapisan Es

Kriosfera atau komponen es, memiliki dampak signifikan pada sistem iklim dalam beberapa cara. Lapisan es memengaruhi transfer panas radiatif dan sensible di permukaan Bumi. 

Hal tersebut memengaruhi suhu di laut dan permukaan Bumi karena transfer antara energi laten dan sensible selama pelelehan dan pembekuan. Akhirnya, pelelehan dan pembekuan memengaruhi aliran air dari daratan dan salinitas laut. 

Tabel 1.1 Nilai albedo ada berbagai jenis permukaan


Es dan salju umumnya hanya ada di lintang yang lebih tinggi dari 30 derajat dan oleh karena itu tidak banyak dirasakan oleh sebagian besar populasi manusia di dunia. Meskipun hanya sekitar dua persen dari semua air di Bumi yang membeku, namun meliputi rata-rata 11 persen dari luas daratan dunia dan tujuh persen dari samudra.

Ada banyak komponen dalam kriosfera: es daratan di lembaran es kutub, gletser, tanah beku, tutup salju musiman, dan es laut. Tabel 1.2 merangkum jumlah es dalam berbagai kategori. 

Tabel 1.2  Perkiraan inventaris global es daratan dan laut*. [Setelah Untersteiner, 1984 dari halaman 15 dalam Referensi no. 1, dengan izin dari Academic Press].
*Tidak termasuk dalam tabel ini adalah volume air di tanah yang setiap tahun membeku dan mencair di permukaan permafrost ('lapisan aktif'), dan di daerah tanpa permafrost tetapi dengan suhu musim dingin di bawah titik beku.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun Antartika dan Greenland bersama-sama menyumbang 98 persen dari es daratan di dunia, total luas yang ditutupi oleh es dan salju bisa jauh lebih besar pada musim dingin di belahan bumi utara. 

Gambar 1.14 menunjukkan peta cakupan es. Belahan bumi utara memiliki rentang musiman yang jauh lebih besar dibandingkan belahan bumi selatan karena luas daratan yang lebih besar.

Gambar 1.14 Ekstensi maksimum salju dan es laut selama musim dingin (panel a) dan ekstensi maksimum salju dan es laut selama musim panas (panel b) di Belahan Bumi Utara (panel atas) dan Belahan Bumi Selatan (panel bawah) 

Albedo es dan salju lebih tinggi daripada albedo tanah atau permukaan laut yang mereka tutupi (lihat Tabel 1.1). Oleh karena itu, variasi musiman dalam cakupan mereka akan menyebabkan variasi musiman yang penting dalam albedo permukaan Bumi.

Dampaknya kurang dari yang mungkin terpikirkan pada awalnya karena di musim dingin ketika cakupan maksimum, radiasi matahari berada pada minimum dan energi surya kurang penting dalam keseimbangan energi atmosfer.

Namun demikian, es dan salju memperkenalkan proses umpan balik positif karena ekspansi cakupan es dan salju meningkatkan albedo yang, pada gilirannya, mengurangi pemanasan surya. Pendinginan yang dihasilkan bertindak untuk lebih meningkatkan cakupan es dan salju.

Penutupan salju dan es memiliki efek insulasi yang kuat untuk transfer panas yang dapat mengurangi transfer panas dari Bumi, samudra, dan danau ke atmosfer. Di atas laut (dan danau), penutup salju dan es efektif memutus efek penyaringan air sehingga suhu udara di atas penutup es laut dapat turun jauh di bawah titik beku.

Kondisi kriosfera mungkin tidak langsung terlihat oleh sebagian besar orang di dunia. Namun, karena sifat global sistem iklim, komponen kriosfera juga memengaruhi lintang yang lebih rendah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments