Peta Cuaca: Memahami Pola dan Perubahan Cuaca di Bumi

Climate4life.info - Memahami pola dan perubahan cuaca di Bumi dengan menganalisis peta cuaca


Apa itu peta cuaca?

Peta cuaca permukaan (weather surface chart) BMKG yang digunakan sebagai analisis kondisi atmosfer dan prediksi cuaca


Peta cuaca adalah alat visual yang memberikan gambaran tentang kondisi atmosfer di permukaan bumi pada suatu waktu tertentu. 

Dikenal juga sebagai grafik sinoptik (sebagai ringksan atau ikhtisar), peta cuaca membantu kita melacak dan memahami pergerakan sistem cuaca, suhu, tekanan udara, dan fenomena alam lainnya¹

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi komponen utama peta cuaca, seperti isobar, sistem bertekanan tinggi dan rendah, serta depan cuaca, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana informasi ini membantu dalam meramalkan cuaca.

Selain itu, kita akan mengeksplorasi teknologi dan sumber data modern yang digunakan untuk menyusun peta cuaca, serta cara membacanya agar dapat memperoleh informasi penting tentang kondisi cuaca saat ini dan masa depan.

 


Fitur-Fitur Utama Peta Cuaca

Peta cuaca memiliki beberapa fitur kunci yang membantu dalam memahami dan menganalisis kondisi cuaca di berbagai wilayah yaitu isobar, sistem tekanan tinggi dan rendah, front, palung (trought), punggung (ridge) dan pola angin (streamline).


Isobar

Isobar merupakan garis yang menghubungkan titik-titik dengan tekanan udara rata-rata yang sama di permukaan laut pada satu waktu tertentu².
Contoh isobar atau peta tekanan udara dari BoM Australia

Dengan memahami isobar, kita dapat melihat pola pergerakan udara dan tekanan udara di berbagai daerah. Jarak antara isobar dapat memberikan informasi tentang kecepatan dan arah angin.

Beberapa isobar memiliki angka yang menunjukkan nilai ini dalam hektopascal (hPa). Isobar menunjukkan aliran udara di sekitar sistem cuaca. Kita dapat menafsirkan kekuatan dan arah angin secara luas dari peta ini. 

Aturan umumnya adalah angin paling kuat terjadi di tempat yang isobarnya paling dekat satu sama lain. Oleh karena itu, angin terkuat biasanya terjadi di dekat front dingin, sistem bertekanan rendah, siklon tropis, dan aliran udara barat di selatan Australia. 

Angin biasanya berhembus ringan di dekat sistem bertekanan tinggi yang jarak isobarnya lebar. Gambar di atas adalah contoh isobar.




Sistem Tekanan Tinggi dan Rendah

Sistem Bertekanan Tinggi

Sistem tekanan tinggi atau antisiklon ditandai dengan H

Ditandai dengan huruf 'H', area ini memiliki tekanan udara yang relatif tinggi dari sekitarnya. Sistem tekanan tinggi disebut juga sebagai  Antisiklon, yang pusatnya seringkali kurang jelas dibandingkan depresi atau daerah tekanan rendah.

Sistem tekanan tinggi berhubungan dengan cuaca yang tenang dan tenang. Angin bertiup searah jarum jam di sekitar antisiklon di belahan bumi utara, sebaliknya di belahan bumi selatan³.


Sistem Bertekanan Rendah

Sistem tekanan rendah atau depresi ditandai dengan L


Ditandai dengan huruf 'L', wilayah ini memiliki tekanan udara yang relatif rendah. Udara di sekitar sistem bertekanan rendah naik, membentuk awan, dan dapat membawa hujan. Wilayah ini cenderung memiliki cuaca yang tidak menentu³.

Sistem tekann rendah disebut juga sebagai Depresi.  Angin bertiup berlawanan arah jarum jam di sekitar cekungan di belahan bumi utara, sebaliknya di belahan bumi selatan.



Front Cuaca

Front dalam bahasa Indonesia disebut juga perenggan yaitu bidang temu atau mintakat peralihan antara dua massa udara yang berbeda kerapatannya.

Pertemuan dua massa udara yang berbeda sifat dan membentuk front
Gambar: https://canyonsandcrags.com




Front hangat

Front hangat  (Scijinks.gov)

Front hangat adalah daerah transisi dimana massa udara hangat bergerak menggantikan massa udara dingin. 

Pada peta cuaca, front hangat biasanya digambar menggunakan garis merah solid dengan setengah lingkaran menunjuk ke arah udara dingin yang akan digantikan.  

Front hangat biasanya bergerak dari barat daya ke timur laut. Suhu panas pada awalnya dapat mendatangkan hujan, diikuti dengan langit cerah dan suhu hangat.



Front dingin

Front dingin  (Scijinks.gov)

Front dingin adalah daerah transisi dimana massa udara dingin masuk menggantikan massa udara hangat.

Pada peta cuaca, front dingin biasanya digambar menggunakan garis biru solid dengan segitiga yang menunjuk ke arah udara hangat yang akan digantikan. 

Front dingin biasanya bergerak dari barat laut ke tenggara. Cuaca dingin dapat menyebabkan suhu dingin, hujan deras, dan kecepatan angin tinggi.



Front stasioner

Front stasioner  (Scijinks.gov)

Front stasioner terjadi ketika front dingin dan front hangat bertemu, namun tidak ada yang menyimpang. 

Pada peta cuaca, front stasioner biasanya digambar menggunakan simbol front dingin dan front hangat secara bergantian.

Bagian depan yang stasioner membawa periode hujan panjang yang menetap di satu tempat.

Front dingin bergerak lebih cepat daripada front hangat, dan terkadang front dingin menyusul front hangat. Bila hal ini terjadi, disebut dengan bagian front tersumbat. 

Bagian front yang tertutup digambar sebagai garis ungu solid dengan setengah lingkaran dan segitiga yang menunjuk ke arah pergerakan bagian depan. Bagian depan yang tersumbat biasanya membawa udara kering.



Trough atau Palung

Palung (dari tekanan rendah) adalah fitur tekanan pada peta sinoptik; hal ini ditandai oleh sistem isobar yang cekung menuju suatu depresi dan memiliki kelengkungan maksimum sepanjang sumbu palung, atau 'garis palung' .

Sebuah front selalu ditandai oleh sebuah palung tetapi sebaliknya palung belum diikuti oleh front. Palung yang tidak bersifat frontal biasanya juga ditandai dengan cuaca yang berawan dan hujan.
Ilustrasi Trough dan Ridge dan potensi cuaca yang terbentuk
Gambar: https://www.noaa.gov/


Ridge atau Punggungan

Sebuah punggungan adalah garis tekanan udara yang relatif tinggi, membentuk kurva seperti punggung bukit dari suatu tekanan udara tinggi yang terdefinisi, tetapi tidak membentuk lingkaran tertutup. Punggungan, sebagai area tekanan udara tinggi, umumnya menghasilkan kondisi kering di sekitarnya. 

Punggungan tekanan tinggi dapat terkait dengan hujan di pantai ketika membawa angin dari laut ke daratan di sepanjang pantai timur menjelang punggungan itu sendiri. Angin dari laut ini dapat menyebabkan hujan pantai yang luas.

Zona interaksi antara punggungan dengan daerah tekanan rendah atau palung di sekitarnya dapat menjadi tidak stabil dan menghasilkan badai atau hujan di berbagai daerah.




Hubungan Fitur Tekanan dengan Pola Angin

Hubungan isobar dengan pola angin sangat erat karena isobar memberikan gambaran tentang distribusi tekanan udara di suatu wilayah. Pola angin terbentuk sebagai respons terhadap perbedaan tekanan udara di berbagai lokasi.


Arah Angin


Arah angin terkait sistem tekanan tinggi dan tekanan rendah pada kedua belahan Bumi
Gambar: https://steemitimages.com/

Angin bergerak dari area tekanan tinggi ke area tekanan rendah. Oleh karena itu, arah angin sepanjang isobar adalah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Pada belahan bumi utara, angin mengalir searah jarum jam di sekitar suatu tekanan tinggi.

Pada belahan bumi selatan, angin mengalir berlawanan arah jarum jam di sekitar suatu tekanan tinggi.

Perbedaan arah pusaran angin pada sistem tekanan tinggi dan tekanan rendah pada bumi belahan udara dan bumi belahan selatan adalah karena efek gaya Coriolis




Kecepatan Angin

Jarak antara isobar mencerminkan gradien tekanan. Semakin rapat isobar, semakin besar gradien tekanan, dan semakin cepat angin yang dihasilkan.

Perbandingan kecepatan angin dengan gradien tekanan, lebar panah menggambarkan kecepatan angin yang lebih besar


Angin yang kuat terjadi di daerah dengan isobar yang rapat, sementara angin yang lemah terjadi di daerah dengan isobar yang terpisah.


Sistem Cuaca

Pola isobar membantu mengidentifikasi sistem cuaca, seperti daerah tekanan tinggi (anticyclone) dan daerah tekanan rendah (cyclone).

Isobar juga membantu menentukan lokasi front dingin dan front hangat, yang mempengaruhi pola angin dan kondisi cuaca.



Fitur-fitur pada peta cuaca di atas secara bersama-sama membentuk gambaran lengkap tentang kondisi atmosfer di suatu wilayah pada suatu waktu.

Dengan memahami interpretasi fitur-fitur ini, seseorang dapat membuat perkiraan cuaca yang lebih akurat dan memahami perubahan cuaca yang mungkin terjadi.


Referensi:
  1. https://media.bom.gov.au/social/blog/2391/the-art-of-the-chart-how-to-read-a-weather-map/
  2. https://www.metoffice.gov.uk/binaries/content/assets/metofficegovuk/pdf/research/library-and-archive/library/publications/factsheets/factsheet_11-interpreting-weather-charts.pdf
  3. https://www.metlink.org/resource/student-charts/
  4. https://scijinks.gov/weather-map/
  5. https://www.dpi.nsw.gov.au/__data/assets/pdf_file/0017/140174/understanding-weather-fronts-troughs-and-ridges.pdf
  6. https://www.dpi.nsw.gov.au/__data/assets/pdf_file/0017/140174/understanding-weather-fronts-troughs-and-ridges.pdf
  7. https://www.noaa.gov/jetstream/upper-air-charts/basic-wave-patterns

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments