Definisi Iklim, Sistem Iklim dan Perubahan Iklim

Buka gambar fitur

Perubahan Iklim: Sebuah Catatan Untuk Ahli Cuaca dan Iklim

Daftar Isi

1. Memahami Sistem Iklim
2. Variabilitas Temporal Alamiah dalam Sistem Iklim
3. Dampak Manusia Pada Sistem Iklim
4. Pemodelan Perubahan Iklim
5. Prediksi Iklim
6. Pengamatan Untuk Pemantauan Iklim Jangka Panjang
7. Pemodelan, Deteksi, dan Atribusi Perubahan Iklim Baru dan Masa Depan
8. Dampak Potensial Perubahan Iklim
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: WMO, 2002: Introduction to Climate Change: Lecture Notes for Meteorologist

Chapter 1. Memahami Sistem Iklim

1.1 Definisi

1.1.1 Iklim
Iklim umumnya didefinisikan sebagai keadaan rata-rata atmosfer untuk suatu skala waktu tertentu (jam, hari, bulan, musim, tahun, dekade, dan seterusnya) dan umumnya untuk suatu wilayah geografis tertentu.

Statistik keadaan rata-rata untuk suatu skala waktu tertentu, termasuk semua deviasi dari mean, diperoleh dari rangkaian kondisi yang tercatat untuk banyak kejadian selama periode waktu yang ditentukan. 

Dengan demikian, suhu rata-rata untuk bulan Mei di Ankara, Turki, diperoleh dari pengukuran yang dianggap mewakili Ankara yang diambil rata-rata selama bulan Mei dari rekaman selama bertahun-tahun. Deskripsi klimatologis juga mencakup kondisi di permukaan Bumi seperti suhu laut dan tutupan salju.

Deskripsi keadaan rata-rata melibatkan berbagai variabel tergantung pada apa yang menarik. Suhu dan presipitasi adalah yang paling umum digunakan; namun daftar itu dapat mencakup angin, kecerahan dan sinar matahari, tekanan, visibilitas, kelembaban, dan elemen dengan dampak manusia yang signifikan seperti badai parah, suhu yang sangat tinggi dan rendah, kabut, salju, dan hujan es. 

Metode deskripsi berfokus pada parameter statistik, mean, dan ukuran variabilitas dalam waktu seperti rentang, deviasi standar, dan autokorelasi.

Penting untuk mengidentifikasi perbedaan antara cuaca dan iklim. Cuaca melibatkan deskripsi kondisi atmosfer pada satu saat tertentu untuk satu kejadian. 

Secara umum, iklim dapat dianggap sebagai rata-rata kondisi cuaca selama periode waktu tertentu termasuk probabilitas distribusi dari rata-rata ini.


1.1.2 Sistem Iklim
Sistem iklim didefinisikan sebagai lima komponen dalam sistem geofisika, yaitu atmosfer dan empat komponen lain yang berinteraksi langsung dengan atmosfer dan bersama-sama menentukan iklim atmosfer. 

Kelima komponen tersebut tercantum di bawah ini:
(a) Atmosfer;
(b) Lautan;
(c) Permukaan tanah;
(d) Permukaan es dan salju (baik di daratan maupun di laut); dan,
(e) Biosfera (baik di daratan maupun di laut).

Gambar 1.1 menunjukkan cakupan sistem iklim. Perhatikan bahwa panah dua arah dalam diagram mengidentifikasi interaksi eksplisit antara atmosfer dan komponen lainnya.

Gambar 1.1 Sistem iklim Bumi 
Gambar: Climate and Environment, Deutscher Wetterdienst


Penting untuk diakui bahwa ada faktor-faktor lain, juga bersifat variabel, yang berkontribusi pada penentuan iklim. Ini disebut faktor pendorong 'eksternal' dan mencakup matahari, parameter orbital Bumi, distribusi daratan-laut, topografi Bumi (daratan dan laut), dan komposisi dasar atmosfer dan laut. 

Ini adalah penentu penting iklim yang, kecuali untuk komposisi dasar atmosfer dan lautan, tidak terpengaruh oleh kondisi iklim secara timbal balik.


1.1.3 Perubahan Iklim
Perubahan iklim dalam catatan kuliah ini didefinisikan sebagai perubahan iklim yang secara langsung atau tidak langsung dikaitkan dengan aktivitas manusia yang, selain dari variabilitas iklim alami, diamati selama periode waktu yang dapat dibandingkan.

Definisi yang diadopsi oleh Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) hanya berfokus pada aktivitas manusia yang mengubah komposisi atmosfer global dan mengesampingkan efek aktivitas manusia lainnya seperti perubahan permukaan tanah. 

Terkadang istilah 'perubahan iklim' digunakan untuk menyertakan semua variabilitas iklim, yang dapat menyebabkan kebingungan besar. Iklim memiliki variabilitas pada semua skala waktu dan ruang dan akan selalu berubah.
Keywords Pengantar perubahan iklim: catatan untuk para meteorologis> Memahami sistem iklim> Definisi iklim, sistem iklim, perubahan iklim.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments