Lifting Condensation Level (LCL)


Termodinamika Atmosfer: Menyelami Fisika Pada Proses di Atmosfer

Daftar Isi

1. Hukum Tentang Gas
2. Persamaan Hidrostatik
3. Hukum Pertama Termodinamika - Panas dan Kerja Sistem
4. Proses Adiabatik
5. Uap Air dalam Udara
6. Stabilitas Statis
7. Hukum Kedua Termodinamika
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: Atmospheric Thermodynamics, Jeremy A. Gibbs, https://gibbs.science/ teaching/efd/handouts /wallace_hobbs_ch3.pdf.

V. Uap Air di Atmofer

5.1 Parameter Kelembapam

e. Tingkat kondensasi angkat

Tingkat kondensasi angkat (LCL) didefinisikan sebagai tingkat di mana sebuah paket udara yang tidak jenuh (namun lembab) dapat diangkat adiabatik sebelum menjadi jenuh terhadap permukaan datar air murni. 

Selama pengangkatan, rasio campuran \(w\) dan suhu potensial \(\theta\) dari paket udara tetap konstan, tetapi rasio campuran jenuh \(w_s\) berkurang hingga menjadi sama dengan \(w\) pada LCL.

Oleh karena itu, LCL terletak pada perpotongan garis suhu potensial yang melalui suhu \(T\) dan tekanan \(p\) dari paket udara, dan garis \(w_s\) yang melalui tekanan \(p\) dan titik embun \(T_d\) dari paket tersebut (Gambar 10).

Gambar 10. Tingkat kondensasi angkat dari seutas paket udara di titik A, dengan tekanan \(p\), suhu \(T\), dan titik embun \(T_d\), terletak di titik C pada diagram skew \(T \ln p\).


Karena titik embun dan LCL terkait sesuai dengan yang ditunjukkan dalam Gambar 10, pengetahuan tentang salah satunya sudah cukup untuk menentukan yang lain. 

Demikian pula, pengetahuan tentang \(T\), \(p\), dan salah satu parameter kelembapan sudah cukup untuk menentukan semua parameter kelembapan lainnya yang telah kita definisikan.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments