Suhu Bola Basah


Termodinamika Atmosfer: Menyelami Fisika Pada Proses di Atmosfer

Daftar Isi

1. Hukum Tentang Gas
2. Persamaan Hidrostatik
3. Hukum Pertama Termodinamika - Panas dan Kerja Sistem
4. Proses Adiabatik
5. Uap Air dalam Udara
6. Stabilitas Statis
7. Hukum Kedua Termodinamika
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: Atmospheric Thermodynamics, Jeremy A. Gibbs, https://gibbs.science/ teaching/efd/handouts /wallace_hobbs_ch3.pdf.

V. Uap Air di Atmosfer

5.1 Parameter Kelembapan

f. Suhu bola basah

Suhu bola basah diukur dengan termometer, yang bola kacanya ditutupi dengan kain lembab di sekelilingnya yang terpapar udara sekitar.

1 Set termometer di mana termometer bola basah adalah yang tertutup kain muslin basah pada bagian bola raksanya
Gambar: indotrading.com


Panas yang diperlukan untuk menguapkan air dari kain lembab untuk menjenuhkan udara sekitar disuplai oleh udara saat bersentuhan dengan kain.

Ketika perbedaan suhu antara bola dan udara sekitar bersifat stabil dan cukup untuk menyuplai panas yang diperlukan untuk menguapkan air, termometer akan menunjukkan suhu yang stabil, yang disebut sebagai suhu bola basah.

Jika tetes hujan jatuh melalui lapisan udara yang memiliki suhu bola basah konstan, tetes hujan tersebut pada akhirnya akan mencapai suhu yang sama dengan suhu bola basah udara.

Definisi suhu bola basah dan titik embun melibatkan pendinginan suatu paket udara hipotetis hingga jenuh, tetapi ada perbedaan yang jelas.

Jika udara tidak jenuh yang mendekati bola basah memiliki rasio campuran \(w\), titik embun \(T_d\) adalah suhu yang harus didinginkan pada tekanan konstan agar udara menjadi jenuh. Udara yang meninggalkan bola basah memiliki rasio campuran \(w'\) yang menjenuhkan udara pada suhu \(T_w\). 

Jika udara yang mendekati bola basah tidak jenuh, \(w'\) lebih besar daripada \(w\); oleh karena itu, \(T_d \leq T_w \leq T\), di mana tanda kesetaraan berlaku hanya untuk udara yang jenuh terhadap permukaan datar air murni.

Biasanya, \(T_w\) mendekati nilai rata-rata aritmatika dari \(T\) dan \(T_d\).

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments