Panas Laten


Termodinamika Atmosfer: Menyelami Fisika Pada Proses di Atmosfer

Daftar Isi

1. Hukum Tentang Gas
2. Persamaan Hidrostatik
3. Hukum Pertama Termodinamika - Panas dan Kerja Sistem
4. Proses Adiabatik
5. Uap Air dalam Udara
6. Stabilitas Statis
7. Hukum Kedua Termodinamika
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: Atmospheric Thermodynamics, Jeremy A. Gibbs, https://gibbs.science/ teaching/efd/handouts /wallace_hobbs_ch3.pdf.

V. Uap Air di Atmosfer

5.2 Panas Laten

Jika panas disuplai ke suatu sistem di bawah kondisi tertentu, itu dapat menyebabkan perubahan fase daripada perubahan suhu.

Dalam hal ini, peningkatan energi internal sepenuhnya terkait dengan perubahan konfigurasi molekuler dalam keberadaan gaya antarmolekul daripada peningkatan energi kinetik molekul (dan oleh karena itu suhu sistem).

Sebagai contoh, jika panas disuplai ke es pada tekanan 1 atm dan suhu 0 °C, suhu tetap konstan hingga semua es mencair.

Panas laten peleburan (\(L_m\)) didefinisikan sebagai panas yang harus diberikan kepada massa satuan suatu bahan untuk mengubahnya dari fase padat ke fase cair tanpa perubahan suhu. Suhu di mana perubahan fase ini terjadi disebut titik lebur.

Pada tekanan 1 atm dan 0 °C, panas laten peleburan untuk air adalah 3.34 × 10⁵ J kg⁻¹. Panas laten pembekuan memiliki nilai numerik yang sama dengan panas laten peleburan, tetapi panas dilepaskan sebagai hasil dari perubahan fase dari cair ke padat.

Demikian pula, panas laten penguapan atau evaporasi (\(L_v\)) adalah panas yang harus diberikan kepada massa satuan bahan untuk mengubahnya dari fase cair ke fase uap tanpa perubahan suhu.

Untuk zat air pada tekanan 1 atm dan suhu 100 °C (titik didih air pada tekanan 1 atm), panas laten penguapan adalah 2.25 × 10 J kg⁻¹. Panas laten kondensasi memiliki nilai yang sama dengan panas laten penguapan, tetapi panas dilepaskan dalam perubahan fase dari uap ke cair.

Seperti yang akan ditunjukkan di Bagian 7.3, titik lebur (dan titik didih) suatu bahan bergantung pada tekanan.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments