Proses Adiabatik Jenuh dan Proses Pseudoadiabatik


Termodinamika Atmosfer: Menyelami Fisika Pada Proses di Atmosfer

Daftar Isi

1. Hukum Tentang Gas
2. Persamaan Hidrostatik
3. Hukum Pertama Termodinamika - Panas dan Kerja Sistem
4. Proses Adiabatik
5. Uap Air dalam Udara
6. Stabilitas Statis
7. Hukum Kedua Termodinamika
Referensi:

Diterjemahkan dan dikembangkan dari: Atmospheric Thermodynamics, Jeremy A. Gibbs, https://gibbs.science/ teaching/efd/handouts /wallace_hobbs_ch3.pdf.

V. Uap Air di Atmosfer

5.3 Proses Adiabatik Jenuh dan Proses Pseudoadiabatik

Ketika sebuah paket udara naik di atmosfer, suhunya menurun dengan ketinggian pada laju adiabatik kering (lihat Bagian 4.2) hingga menjadi jenuh dengan uap air. 

Kenaikan lebih lanjut mengakibatkan kondensasi air cair (atau pengendapan es), yang melepaskan panas laten. Akibatnya, laju penurunan suhu paket yang naik berkurang. 

Jika semua produk kondensasi tetap di dalam paket yang naik, proses tersebut masih dapat dianggap sebagai adiabatik (dan reversibel), meskipun panas laten dilepaskan dalam sistem, asalkan panas tidak melewati batas-batas paket.

Paket udara tersebut kemudian dikatakan menjalani proses adiabatik jenuh. Namun, jika semua produk kondensasi segera keluar dari paket udara, proses tersebut bersifat ireversibel, dan tidak benar-benar adiabatik, karena produk kondensasi membawa beberapa panas.

Paket udara tersebut kemudian dikatakan menjalani proses pseudoadiabatik. Seperti dalam Latihan 44, jumlah panas yang dibawa oleh produk kondensasi kecil dibandingkan dengan yang dibawa oleh udara itu sendiri.

Oleh karena itu, laju adiabatik jenuh dan laju pseudoadiabatik praktis identik.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments