Konversi satuan Suhu Udara - Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine secara online

Climatelife - Berikut kalkulator untuk Konversi Satuan Suhu Udara dalam Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine secara online [1]. Dalam informasi cuaca, selain keadaan cuaca seperti hujan, suhu udara merupakan parameter cuaca yang sering diinfokan pada publik.  WMO [2] menggunakan satuan derajat Celcius (0 °C) sebagai satuan suhu yang berkaitan dengan kegiatan meteorologi termasuk untuk menggambarkan terjadinya perubahan iklim. Adanya perbedaan satuan suhu udara yang digunakan maka konversi satuan suhu udara dalam Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine secara online menjadi alat bantu yang memudahkan.

Kalkulator Konversi Suhu





Konsep Suhu Udara

Konversi satuan Suhu Udara kita awali dengan konsep suhu itu sendiri. Suhu merupakan nilai yang digunakan untuk menunjukkan derajat panas suatu benda. Suhu juga akan menentukan wujud suatu zat apakah akan berbentuk cair, padat atau gas. Misalnya air pada suhu di bawah titik bekunya (0 °C) akan berwujud beku dan di atas titik didihnya (100 °C) akan berwujud gas. Besaran titik beku dan titik didih setiap zat berbeda-beda. Dalam konsep termodinamika, suhu merupakan ukuran karaktersitik fisik dari gerak-gerak acak molekul-molekul yang ada dalam suatu benda. Semakin tinggi suhu suatu benda maka semakin cepat gerak molekul-molekulnya. Pada saat suhu mencapai nol mutlak yaitu 0 K, maka dinyatakan molekul-molekul menjadi diam, tidak memiliki energi kinetik. Benda yang melepaskan panas berarti memiliki suhu lebih tinggi dan benda yang menerima panas berarti memiliki suhu yang lebih rendah.

Secara kualitatif kita dapat menyatakan suatu benda panas jika suhunya lebih tinggi dari yang biasa kita rasakan dan sebaliknya kita menyatakan dingin jika suhu benda tersebut lebih rendah dari yang biasa kita rasakan. Untuk menyatakan besaran suhu yang lebih teliti maka digunakan ukuruan kuantitatif menggunakan termometer. Ukuran suhu secara kuantitatif dinyatakan dalam beberapa satuan yaitu Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine. Yang paling umum adalah satuan Celcius yang hampir digunakan di seluruh dunia dan Fahrenheit yang digunakan di Amerika. Adapun Kelvin digunakan sebagai "Standar Internasional"dalam kepentingan sains. Masing-masing satuan memiliki range skalanya tersendiri. Dengan perbedaan satuan suhu udara yang berlaku pada masing-masing negara maka konversi satuan suhu udara  online dapat menjadi alat bantu yang praktis.

Skala termometer seperti pada Gambar 1 di bawah ini, diperoleh berdasarkan titik tetap atas dan titik tetap bawah.

Skala suhu pada beberapa termometer

Titik tetap atas mengacu pada titik didik air, dimana setiap termometer mempunyai nilai yang berbeda. Pada skala Celcius (°C) titip didih air ditetapkan pada skala 100. Pada Fahrenheit (°F), Kelvin (°K), Reamul (°R) dan Rankine (°Ra) berturut-turut titik didih air ditetapkan pada skala 212, 373.15, 80 dan 671.67. Adapun titik tetap bawah ditetapkan berdasarkan titik beku air dimana Celcius, Fahrenheit, Kelvin, Reamul dan Rankine berturut-turut titik beku air ditetapkan pada skala 0, 32, 273.15, 0 dan 491,67. Skala antara titik tetap atas dan titik tetap bawah merupakan interpolasi antara kedua titik tetap tersebut. Sekedar catatan untuk satuan dalam Kelvin tidak menggunakan simbol derajat sebagai konsensus bahwa Kelvin adalah satuan suhu mutlak.

Dibidang cuaca dan iklim para meteorologis lebih umum menggunakan derajat Celcius dan Kelvin kecuali Amerika Serikat yang menggunakan Fahrenheit untuk menggambarkan suhu udara. Dalam informasi cuaca, selain keadaan cuaca seperti hujan, suhu udara merupakan parameter cuaca yang sering diinfokan pada publik. Suhu udara berarti menyatakan derajat panas dari udara/atmosfer. Menurut WMO [2] suhu udara adalah suhu yang ditunjukkan termometer yang terkena udara langsung, namun terlindung dari radiasi langsung matahari. Suhu udara yang diinformasikan kepada publik merupakan pengukuran suhu udara pada ketinggian 1.20 - 1.5 m di atas permukaan tanah.

Media di Inggris memiliki konsensus menggunakan dua satuan suhu udara. Pada musim dingin media Inggris akan menggunakan skala Celcius karena untuk mendapatkan skala negatif yang akan lebih memberi kesan lebih dingin dibanding menggunakan skala Fahrenheit. Misalnya pada saat suhu udara mencapai -10 °C maka skala Fahrenheit masih bernilai postitif yaitu setara dengan 14 °F. Sebaliknya pada saat musim panas saat suhu udara mencapai 35 °C maka kesan lebih panas akan ditunjukkan oleh skala Fahrenheit karena suhunya setara 95 °F [3]. Untuk memudahkan konversi satuan suhu udara Celcius ke Fahrenheit dan sebaliknya dapat menggunakan konversi satuan suhu udara  online ini. 

Suhu udara juga menjadi salah satu dasar klasifikasi iklim dunia seperti yang digunakan dalam Klasifikasi Iklim Koppen. Koppen membagi iklim dunia menggunakan suhu udara sebagai dasar tipe utama dan curah hujan sebagai subtipe.



REFERENSI :
[1] Script php Kalkulator di atas  diadopsi dari catatanbelajar.com
[2] WMO. Guide to Meteorological Instruments and Methods of Observation
[3] [Kelas Fisika]

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to " Konversi satuan Suhu Udara - Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine secara online "

  1. Tools yang cukup bermanfaat bang buat mereka yang ingin mengonversi satuan suhu udara secara online... Nice post

    BalasHapus
  2. Secara online bisa konversi suhu

    Sungguh bagus dan menambah wawasanku

    :)

    BalasHapus
  3. jauh lebih mudah pakai online ya mas..
    tapi kalau ulangan itu yang susah, kasihan murid-muridnya.. mesti diberikan konsep yang baik dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe betul mas De Eka. Kalo siswa paham konsepnya jadi mudahlah hehehe

      Hapus

Terima kasih