Mudik Lebaran Nyaman, Pantau Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG

Climate4life.info - Mudik Lebaran Nyaman, Pantau Kondisi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG.

Tak terasa seminggu lagi kita akan merayakan lebaran. Geliat arus mudik lebaran mulai terasa. Baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Yang sudah terlihat saat ini adalalah rombongan bus mudik lebaran gratis yang disponsori BUMN dan instansi lainnya.

Merayakan hari raya seperti Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga merupakan hal lumrah dan manusiawi. Kerinduan pada kampung halaman dan bertemu sanak famili inilah yang mendorong kemudian terbentuknya tradisi mudik lebaran, setelah sebelumnya kita semua melaksanakan puasa Ramadhan.

Tradisi mudik lebaran ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara muslim seperti Malaysia, Turki, Pakistan dan Arab Saudi masyarakat perantaunya juga memiliki budaya mudik lebaran, pulang kampung  untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga

Mudik lebaran menjadi sarana silaturahim anggota keluarga yang jarang bertemu karena kesibukan masing-masing dan juga karena beda domisili. Tradisi mudik lebaran kadang juga menjadi cerminan kemapanan ekonomi anggota keluarga yang merantau.

Seperti tahun-tahun sebelumnya iringan rombongan pemudik baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi akan mulai memadati jalan raya utama menuju kota-kota tujuan mudik. Biasanya yang ramai dipantau adalah arus mudik lebaran dari Jakarta menuju ke kota-kota lain di Jawa.

Sudah beberapa tahun terakhir rombongan mudik lebaran dengan kendaraan roda dua diarahkan untuk menggunakan moda transportasi lain seperti bis dan kereta api atau juga kapal laut. Berkendara dengan sepeda motor untuk jarak jauh seperti saat mudik lebaran dianggap cukup riskan.

Agar mudik lebaran nyaman, bagi pemudik dengan kendaraan pribadi baiknya menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari kondisi kendaraan yang siap pakai, perbekalan, mental dan stamina serta perlengkapan P3K. Tentunya guna mengantisipasi hal-hal tak terduga di sepanjang jalur mudik.

Sebaiknya juga memperhatikan info cuaca pada jalur mudik yang akan kita lalui. Cuaca yang hujan pada sepanjang jalur mudik tentunya akan membuat kita harus mengurangi kecepatan dan berhati-hati dengan kondisi jalan yang menjadi licin.
Baca juga : Pengaruh Cuaca dan Iklim Pada Aktivitas Penerbangan 

Info cuaca yang menyebutkan kondisi suhu udara juga penting diketahui. Pada kondisi yang panas, meski mobil kita ber-ac tentunya kita harus menyetel ac pada level maksimum. Suhu panas akan mudah menurunkan stamina kita saat berkendara.

Kemudian suhu udara panas akan menyebabkan jalanan menjadi panas juga. Ini akan berpengaruh pada ketahanan ban kendaraan kita. Tentunya faktor keselamatan harus kita utamakan.


Aplikasi Android InfoBMKG

Bagaimana mendapatkan info cuaca khususnya pada jalur mudik ? Sejak 2016 BMKG telah menyediakan aplikasi android InfoBMKG yang memberikan informasi tentang cuaca, iklim dan Gempa - Tsunami.

Sesudah rilis aplikasi android InfoBMKG tak lama versi ios juga disediakan BMKG.

Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG
Aplikasi android InfoBMKG dan juga versi IOS

Halaman utama yang tampil saat aplikasi android InfoBMKG dibuka adalah informasi cuaca yang merujuk lokasi di mana kita berada.

Kemudian ada pesan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan terjadi pada lokasi tertentu. Baca juga : Siklon Tropis Lili Penyebab Cuaca Ekstrem Indonesia, Begini Proses Terjadinya.

Pada bagian bawah halaman utama aplikasi android infBMKG berisi tentang informasi gempa bumi terkini dan ada tidaknya potensi tsunami. Jika kita klik kotak menu maka akan muncul daftar informasi yang yang tersedia dalam aplikasi android inBMKG ini. Tampilannya seperti ini.
Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG
Informasi yang tersedia dalam aplikasi android InfoBMKG

Seperti terlihat pada gamba di atas, informasi yang tersedia meliputi cuaca, gempabumi, iklim, kualitas udara hingga GeoHotspot. Baca :  Cara mengakses Informasi Hotspot - Indikator Kebakaran Hutan dan Lahan melalui handphone.
Untuk mendapatkan aplikasi android InfoBMKG ini, dapat diunduh pada playstore atau pada alamat ini.


Informasi Cuaca Jalur Mudik

Dalam rangka menundukung aktivitas arus mudik lebaran nyaman, BMKG juga menyediakan informasi cuaca sepanjang jalur mudik. Informasi cuaca jalur mudik tersebut tersedia untuk jalur mudik melalui darat dan laut.

Untuk informasi cuaca jalur mudik via udara sudah memang tersedia sejak awal, karena memang BMKG telah hadir di setiap bandara di Indonesia.

Informasi cuaca jalur mudik yang diberikan oleh BMKG merupakan prediksi kondisi cuaca untuk tiga jam ke depan dan akan terus diupdate setiap 3 jam.

Saat ini jika kita membuka aplikasi android InfoBMKG, maka pada menu utama akan terlihat fasilitas informasi cuaca jalur mudik 2019, tepat di bawah informasi cuaca kota tempat kita tinggal.
Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG
Menu informasi cuaca jalur mudik pada aplikasi android InfoBMKG

Saat kita klik menu informasi cuaca jalur mudik tersebut, maka akan tampil pada halaman aplikasi android infoBMKG peta Indonesia dengan sebaran titik/bulet.  Bulet tersebut merupakan lokasi pada pada jalur mudik yang memiliki informasi cuaca dari BMKG.

Kita dapat memperbesar tampilan tempat tersebut guna mendapatkan lokasi yang kita inginkan. Dengan mengklik salah satu bulet maka akan muncul informasi lokasi dan kondisi cuacanya.
Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG
Tampilan lokasi jalur mudik yang memiliki informasi cuaca dari BMKG

Informasi cuaca jalur mudik pada setiap lokasi dalam aplikasi android InfoBMKG tersebut meliputi informasi keadaan cuaca cerah/berawan/hujan. Kemudian tersedia juga informasi suhu udara, kelembapan dan angin.

Adapun untuk informasi cuaca jalur mudik melalui laut, pada aplikasi android InfoBMKG tersebut tersedia juga informasi keadaan cuaca pada alur pelayaran di Indonesia yang disebut cuaca maritim.

Misalnya kita akan melintasi selat Sunda dengan kapal feri, maka kita bisa tahu keadaan cuaca selama di lautan tersebut. Tampilan informasi cuaca jalur mudik laut tersebut seperti ini.
Informasi Cuaca Jalur Mudik Via Aplikasi Android InfoBMKG
Informasi cuaca jalur mudik di laut

Tentunya, tidak hanya informasi cuaca jalur mudik saja yang kita dapatkan. Informasi lainnya seperti kejadian gempa dan tsunami akan tetap tersedia dalam aplikasi android infoBMKG ini. Informasi hotspot kebakaran hutan pun akan tetap tersedia pada menu GeoHotspot infoBMKG tersebut.

Dengan persiapan mudik lebaran yang matang, memantau kondisi cuaca sepanjang jalur mudik yang akan kita lalui, insya Allah perjalanan kita akan nyaman. Aamiiin !

Post a Comment

22 Comments

  1. Waduh, aplikasi sejak 2016 kok saya belum tahu ya. Padahal screenshot twit dari BMKG kerap ditunggu buat info cuaca, apalagi kebencanaan.

    Otw, instal.

    ReplyDelete
  2. Banyak juga aplikasi serupa di android, pengembang aplikasi memang semakin kreatif ya..eh saya mau tanya mungkin aka melenceng: Waktu saya turun dari mobil dan hari hujan berpetir tiba tiba saya merasa lumpuh apakah pengaruh petir ya...apa ada hubungannya radio ht sama radiasi petir.

    Ada beberapa menit baru saya pulih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya gak kompeten menjawab soal lumpuh sesaatnya mas 🙌🙌🙌.
      Kalo radio ht dan petir ada dikitlah. Radia HT kan memancarkan gelombang listrik dalam jarak cukup jauh. Sementara petir akan menyambar objek terdekat dengannya. Nah bisa jadi ini yang memicu sambaran petir dekat mas Aan

      Delete
  3. Boleh juga nih aplikasi dari instansi. Bikin instansi negeri kita tidak ketinggalan perkembangan teknologi nih..

    ReplyDelete
  4. wih canggih ada aplikasi seperti ini saya baru tahu ya padahal dah lama perlu dengan aplikasi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo silahkan diinstal mas.. mang mau mudik kmn nih ?

      Delete
  5. Wah, tambah keren saja BMKG. Saya sih, selama ini mengikuti twitter BMKG. Kadang buat data cuaca dan gempa, terutama kalau ada isu bencana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Twitter BMKG emg lumayan followersnya mba. Dan infonya cukup update

      Delete
  6. Ternyata budaya mudik nggak cuma ada di Indonesia aja ya ..... Di era digital ini serba mudah untuk mendapatkan informasi yg Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas, baca sana sini dapat deh infonya

      Delete
  7. wah bmkg udah membuat aplikasi ya. cukup terbantu utk pemudik naik motor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smg lancar mudiknya mas dan bahagia berkumpul bersama keluarga besar

      Delete
  8. wah saya telat baca postingan ini. sudah tiba di kampung halaman dengan selamat tanpa ada gangguan cuaca.

    but sure it helps others.

    makasih telah berbagi.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah mas kalo dah nyampe dengan selamat. Selamat lebaran yah

    ReplyDelete
  10. makasih bang day,,, aku belom balik ke rantau nih masih dikampung,,,hehehe mudah-mudahan bisa membantu diperjalanan nanti,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Bu.
      Smg saat balik nanti semuanya lancar-lancar saja.

      Delete
  11. APlikasinya sangat membantu buat mereka yang membutuhkan informasi seputar cuaca dan keadaan di wilayah yang ingin dituju, terutama yang rawan bencana alam. Tapi sebaiknya gak tergantung 100 % sama aplikasinya, kadang keadaan alam susah ditebak, mirip isi hati si dia yang susah ditebak, *eh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bisa aja mas Hendra nih. Si dia apa si mantan :D

      Delete
  12. Mantap bang day. App keren gini baru tau sekarang. Duh, masuk ras kudet ni awak.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.