Tornado


Berikut definisi kata tornado yang merupakan istilah di bidang meteorologi dan klimatologi.

Istilah : tornado
Terjemahan : angin topan
Penjelasan :
Tornado atau angin topan dalam istilah meteorologi adalah kolom udara yang berputar cepat memanjang secara vertikal dari permukaan ke dasar awan cumuliform, seringkali dengan puing-puing/ debu yang bersirkulasi di dekat permukaan saat berada di atas tanah atau menyemprot saat berada di atas air. Awan corong sering terlihat menyertai dan mungkin sebagian atau seluruhnya memanjang dari dasar awan ke permukaan tanah.

Karakteristik tipikal tornado meliputi diameter 2 km atau kurang, dengan perbedaan kecepatan angin maksimum melintasi sirkulasi melebihi 140 km/jam dalam jarak 200 m dari permukaan. Tornado biasanya bertahan sekitar 100–1000 detik. Beberapa mungkin terdiri dari beberapa subvortisitas dengan skala spasial sekecil puluhan meter, berputar di sekitar sumbu pusat.

Kekuatan Tornado atau angin topan ini diukur dengan skala Fujita (EF) yang ditingkatkan memiliki hembusan angin pada 10 m di atas permukaan yang setara atau melebihi 109 km/jam (65 mph; batas bawah EF-0).

Tornado yang terjadi di atas air diklasifikasikan sebagai waterspouts. Landspouts adalah bagian dari tornado yang terjadi secara independen dari induk mesosiklon. Gustnado tidak dianggap tornado karena vortisitasnya dangkal dan berumur pendek yang biasanya lemah.  Dust devils tidak dianggap tornado karena tidak terkait dengan awan cumuliform.
Sumber: https://glossary.ametsoc.org/


Istilah lainnya dalam glosarium meteorologi:

Memuat...

Image
Glosarium Meteorologi ini berisi daftar kata atau istilah yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi. Daftar istilah bersumber dari berbagai referensi terpercaya yang akan dicantumkan pada setiap kata atau istilah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments