Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia #3 - Resume

Climate4life.info - Artikel ini merupakan resume dari Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia, yang disarikan dari dua artikel sebelumnya yaitu :
Merujuk pada World Meteorological Organization  (WMO) sebagaimaan sudah tersaji pada ulasan sebelumnya,  iklim didefinisikan sebagai suatu pengukuran rata-rata dan variabilitas berdasarkan kuantitas yang relevan dari variabel tertentu seperti suhu, curah hujan atau angin selama periode waktu tertentu, mulai dari bulan hingga ribuan atau jutaan tahun. Periode waktu secara klasik menurut (WMO) adalah 30 tahun. 

Pencatatan variabel iklim seperti suhu, curah hujan atau angin tersebut dilakukan cukup beragam oleh negara-negara di dunia yang melakukan pengamatan cuaca dan iklim, sesuai kepentingan mereka masing-masing. Unsur iklim yang paling banyak dicatat sejak awal pencatatan data iklim pada berbagai negara tersebut umumnya meliputi presipitasi (hujan dan atau salju), suhu maksimum dan dan suhu minimum. 

Berbagai tatacara pengamatan dan pencatatan data iklim pada beberapa negara tersebut di atas sebagaimana diulas pada artikel bagian satu dan dua sebelumnya dapat dirangkum sebagaimana tersaji di bawah ini.


Pencatatan curah hujan

Resume ragam pencatatan curah hujan pada beberapa negara  yang sudah diulas pada dua artikel sebelumnya sebagaimana tersaji di bawah ini.

Ragam pencatatan curah hujan
  • Secara umum pencatatan curah hujan dilakukan pada pagi hari berkisar pukul 07.00 - 09.00 waktu setempat masing-masing, tidak pada pukul 00.00 UTC, kecuali ECCC pada pukul 01.00 dini hari waktu setempata Kanada
  • Pencatatan curah hujan sesuai tanggal pengukuran/pengamatan dilakukan oleh BMKG, NOAA, BOM dan KNMI.
  • Pencatatan curah hujan pada tanggal hari sebelum pengukuran/pengamatan dilakukan oleh Met-Office, ECCC, SMHI dan SAWS.

Pencatatan suhu maksimum

Resume ragam pencatatan suhu maksimum pada beberapa negara sebagaimana tersaji di bawah ini.

Ragam pencatatan suhu maksium
  • Terdapat perbedaan yang signifikan waktu pengamatan suhu maksimum, ada yang melakukan pada pagi hari seperti NOAA, BOM, Met-Office, stasiun biasa ECCC dan SAWS. Adapun BMKG dan SMHI pengamatannya dilakukan pada sore hari. Stasiun Utama ECCC Kanada melakukan pengamatan paling awal yaitu pada dinihari pkl 01.00 waktu setempatnya.
  • Pencatatan data mayoritas dilakukan pada tanggal sebelum pengamatan kecuali BMKG, NOAA dan SMHI mencatat data sesuai tanggal pengamatan.

Pencatatan suhu minimum

Resume ragam pencatatan suhu minimum pada beberapa negara sebagaimana tersaji di bawah ini.

Ragam pencatatan suhu minimum
  • Waktu pengamatan suhu minimum cukup beragam, ada yang dini hari yaitu stasiun utama ECCC Kanada dan KNMI, pagi hari NOAA, BOM dan SAWS. BMKG melakukan pengamatan suhu minimum untuk data iklim pada siang hari pukul 13.00 waktu setempata. Pengamatan  pada yang sore hari dilakukan oleh SMHI.
  • Seluruh negara pada tabel di atas mengisi data suhu minimum pada tanggal sesuai tanggal pengamatan.

Berdasarkan tabel-tabel di atas dapat disimpulkan sebagai berikut :
  • Pencatatan data iklim di setiap negara mempunyai ragam parameter, metode, waktu dan bentuk form pelaporan masing-masing.
  • Waktu yang digunakan dalam pencatatan data iklim harian adalah Waktu Setempat (Local Time) pada setiap negara, tidak mutlak pada 00 UTC.
Lalu bagaimana menurut WMO ? dalam  Guide to Climatological Practices WMO menuliskan prinsip utama pencatatan data sebagai berikut  :
  • Dalam pengukuran curah hujan, metadata (tanggal dan waktu) diperlukan agar data dapat diinterpretasikan dengan baik.
  • Metode statistik terbaik dalam perhitungan suhu rata-rata harian : berdasarkan integrasi pengamatan kontinyu pada periode tertentu.



REFERENSI :
[1] WMOFrequently Asked Questions
[2] WMO. 2011. "Guide to Climatological Practices". WMO-No. 100.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia #3 - Resume "

Posting Komentar

Terima kasih