Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia #1 - Indonesia, Amerika Serikat dan Australia


Climate4life.info - Ragam pencatatan data Iklim di Dunia mempunyai mempunyai ragam parameter, metode, waktu dan bentuk form pelaporan masing-masing. Merujuk pada World Meteorological Organization  (WMO),  iklim didefinisikan sebagai suatu pengukuran rata-rata dan variabilitas berdasarkan kuantitas yang relevan dari variabel tertentu seperti suhu, curah hujan atau angin selama periode waktu tertentu, mulai dari bulan hingga ribuan atau jutaan tahun. Periode waktu secara klasik menurut (WMO) adalah 30 tahun. Pencatatan variabel iklim seperti suhu, curah hujan atau angin tersebut dilakukan cukup beragam oleh negara-negara di dunia yang melakukan pengamatan cuaca dan iklim, sesuai kepentingan mereka masing-masing.

Ulasan Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia terbagi dalam dua artikel yaitu :

Pencatatan Iklim di Indonesia

Pencatatan data iklim di Indonesia telah dilakukan sejak zaman Belanda. Arsip  data tersebut masih dapat diakses melalui web http://sacad.database.bmkg.go.id/. Saat ini pencatatan data iklim dilakukan dalam bentuk form FKlim.71 yang dilaporkan oleh stasiun-stasiun klimatologi serta seluruh stasiun meteorologi yang ada di Indonesoa dan stasiun geofisika yang menyelenggarakan pengamatan iklim.

Metode pencatatan Fklim71 saatini diatur oleh  Peraturan Kepala BMKG Nomor 04 tahun 2016 tentang Pengamatan dan Pengelolaan Data Iklim di Lingkungan BMKG. Form Fklim.71 tersebut sebagaimana terlihat di bawah ini. 

Form Pencatatan Iklim di Indonesia (Fklim.71)

Unsur-unsur  iklim yang dicatat meliputi :
  • Suhu udara yang di amati pada pukul 07.00, 13.00 dan 18.00 Waktu Setempat (WS),
  • Suhu maksimum yang diamati pukul 18.00 WS,
  • Suhu minimum yang diamati pukul 13.00 WS,
  • Curah hujan harian yang ditakar pukul 07.00 WS,
  • Lama penyinaran matahari harian yang terrekam mulai pukul 08.00-16.00,
  • Peristiwa cuaca khusus dalam 24 jam seperti adanya banjir, kabut, asap dll.
  • Tekanan udara yang tercatat pada pukul 00.00 UTC,
  • Kelembapan udara yang di amati pada pukul 07.00, 13.00 dan 18.00 WS,
  • Kecepatan angin rata-rata dalam 24 jam,
  • Arah angin terbanyak selama 24 jam,
  • Kecepatan angin maksimum dalam 24 jam,
  • Arah angin pada saat kecepatan maksium.

Beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam pencatatan Fklim.71 antara lain :
  • Waktu pencatatan hujan harian, dalam Fklim.71 curah hujan ditakar atau diakumulasikan pada pukul 07.00 Waktu Setempat (WS) atau jika menurut UTC adalah 00 UTC untuk WIB, 23 UTC untuk WITA dan 22 UTC untuk WIT, dengan koreksi waktu setempatnya. Tentunya untuk stasiun-stasiun di wilayah WITA dan WIT harus membuat kolom tambahan untuk curah hujan yang dicatat pada Fklim71 pada pukul 07.00 WS dengan curah hujan untuk kepentingan sinoptik pada pukul 08.00 WITA dan 09.00 WIT.
  • Tanggal pencatatan hujan harian pada Fklim71 adalah sesuai dengan hari pengukuran. Misalnya hujan ditakar pada pukul 07.00 WS tanggal 1 Desember 2017, maka diisi pada Fklim71 sebagai curah hujan pada tanggal 1 Desember 2017.
  • Perhitungan suhu rata-rata harian, dalam Fklim71 suhu rata-rata harian diperoleh dengan  rumus :  (2 x T07 + T13 + T18)/4, D=dimana : 
    • T07 = Pembacaan suhu pukul 07.00 WS
    • T13 = Pembacaan suhu pukul 13.00 WS
    • T18 = Pembacaan suhu pukul 18.00 WS
Data iklim di Indonesia dapat diakses secara online juga (baca cara mengakses data iklim Indonesia secara gratis).

Pencatatan Iklim di Amerika Serikat

Pencatatan data iklim harian oleh stasiun-stasiun pengamat milik National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) adalah dalam bentuk form sebagai berikut berikut :

Form Pencatatan Iklim di Amerika Serikat milik NOAA

Data iklim harian di Amerika Serikat tersebut dapat diakses melalui laman NCDC-NOAA. Pada laman dengan alamat https://www.ncdc.noaa.gov/IPS/static/images/CoopDoc.pdf diperoleh penjelasan tatacara pencatatan form tersebut sebagai berikut :
  • Pengamatan suhu maksimum dan minimum dilakukan pukul 07.00 WS Amerika atau pada -07.00/-06.00/-05.00 UTC dan dicatat sebagai data sesuai tanggal pengamatan tersebut meskipun suhu maksimum ataupun minimum dapat tercapai pada sore hari sebelumnya.
  • Suhu rata-rata harian diperoleh dengan rumus : (TMax+Tmin)/2
  • Pengamatan hujan harian dilakukan pada 07.00 WS Amerika yang merupakan akumulasi 24 jam terakhir.
  • Pencatatan curah hujan dilakukan sesuai tanggal pengukuran, artinya hujan yang terukur pada hari ini diisi pada form sesuai tanggal hari ini, meskipun mungkin lebih hujan yang terjadi sesudah pukul 07.00 WS kemarin.
Data manual di Amerika Serikat dikumpulkan melalui kegiatan Cooperative Observer Program (COOP) yaitu pengumpulan data melalui tenaga relawan yang jika di Indonesia disebut Pengamat Hujan Kerjasama. Sukarelawan COOP 10.000 orang yang mengumpulkan data iklim dari berbagai wilayah di Amerika. Saat ini data di Amerika Serikat telah terintegrasi dengan jaringan peralatan otomatis dipadukan dengan data grid dari satelit mereka.


Pencatatan Iklim di Australia

Pelaporan data iklim di Austalia diatur oleh Bureau of Meterology (BOM) yaitu Biro Meteorologi di Autralia. Form pelaporan data iklim di Australi seperti terlihat di bawah ini.

Form Pencatatan Iklim di Australia milik BOM

Dalam penjelasannya disebutkan bahwa data sebagaimana dalam Form Pencatatan Iklim di Australia milik BOM di atas bersumber dari sistem real time yang digenerate secara otomatis dari jaringan pengamatan iklim mereka. Data tersebut sudah melewati kontrol kualitas namun tetap memungkinkan adanya data yang errror atau tidak valid. Ketersediaan data juga tidak konsisten dan bervariasi dimana terkadang data suhu tersedia namun data hujan tidak tercatat. Hal ini karena kesulitannya dalam sistem otomatis untuk mendeteksi kehandalan data mereka.

Secara umum pencatatan data iklim di Australia sebagai berikut :
  • Pengamatan curah hujan dilakukan pukul 09.00 WS Australia atau 23.00 UTC yang merupakan akumulasi hujan dalam 24 jam terakhir.
  • Pencatatan dilakukan sesuai tanggal pengukuran. Hujan yang terjadi mulai pukul 09.00 WS hari ini hingga pukul 09.00 WS esok hari akan tercatat sebagai curah hujan pada tanggal esok hari  atau dengan kata lain curah hujan yang ditakar hari ini akan dicatat pada tanggal hari ini yang merupakan akumulasi curah hujan dari hari kemarin.
  • Suhu maksimum dan minimum diamati pukul 09.00 WS Australia atau 23 UTC.
  • Suhu minimum dicatat untuk tanggal saat pengamatan.
  • Suhu maksimum dicatat untuk tanggal hari sebelumnya.

Demikian Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia pada negara Indonesia, Amerika Serikat dan Australia bagian pertama. Bagian dua tentang Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia terdapat pada bagian dua yang membahas ragam pencatatan data Iklim di Belanda, Inggris, Kanada, Swedia dan Afrika Selatan. Adapun resume Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia berada pada bagian ketiga.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih kepada mas Guruh dan mba Ania atas kontribusinya.


REFERENSI
WMOFrequently Asked Questions
BMKG - Peraturan Kepala BMKG Nomor 04 tahun 2016
NOAA - National Centers for Environmental Information- Record Of River And Climatological Observationsentries On Ws Form B-91 (03-09) And Preceding Forms

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ragam Pencatatan Data Iklim di Dunia #1 - Indonesia, Amerika Serikat dan Australia "

Posting Komentar

Terima kasih