!
Loading...

Apa Itu Sangkar Meteorologi - Fungsi dan Spesifikasinya

Climate4life.info - Apa itu Sangkar Meteorologi ? Pertanyaan ini yang sering diajukan masyarakat saat melihat bangunan kecil mirip sangkar ini. Sangkar meteorologi ini biasanya terlihat di sekitar landasan pacu bandara, utamanya pada bandara-bandara kecil. 

Sangkar Meteorologi
Sangkar meteorologi di sebuah stasiun cuaca Rusia; sumber foto

Pada bandara-bandara besarpun sebenarnya terpasang sangkar meteorologi pada stasiun cuaca bandara. Namun karena luasnya bandara tersebut dan besarnya terminal dan landasan pacunya maka sangkar meteorologi dan alat pengamatan cuaca lainnya tidak mudah terlihat.

Bagaimana sangkar meteorologi dan alat pengamatan cuaca lainnya bisa berada di bandara dapat dibaca di sini : Pengaruh Cuaca dan Iklim Pada Aktivitas Penerbangan 

Selain menanyakan apa itu sangkar meteorologi, biasanya juga publik akan menanyakan apa fungsi sangkar meteorologi tersebut dan bagaimana spesifikasinya. Mari kita uraikan satu persatu.


Apa itu Sangkar Meteorologi

Sangkar meteorologi adalah sebuah bangunan kecil yang umumnya terbuat dari kayu untuk menempatkan peralatan meteorologi. Bangunan kecil ini mirip sebuah sangkar sehingga disebut juga sebagai sangkar meteorologi.

WMO menyebut sangkar meteorologi dengan Thermometer Screen, karena memang di dalam sangkar meteorologi terdapat seperangkat termometer untuk mengukur suhu udara.

Termometer tersebut antara lain adalah termometer bola kering, termometer bola basah, termometer maksimum dan termometer minimum. Baca selengkapnya : Cuaca dan iklim serta alat-alat ukurnya

Secara praktis dalam dunia meteorologi internasional sangkar meteorologi disebut sebagai Stevenson Screen. Hal ini karena penemunya adalah Thomas Stevenson. Pertama kali diusulkannya pada tahun 1864 dan dimodifikasi pada tahun 1884 berupa penambahan lantai dan kisi-kisi ganda.

Hasil modifikasi sangkar meteorologi dari Stevenson ini kemudian diadopsi oleh  British Meteorological Office dan kantor layanan meteorologi lainnya. 

Sangkar meteorologi merupakan salah satu alat utama pengamatan cuaca dan iklim. Keberadaannya tidak hanya pada stasiun cuaca di bandara namun pada semua stasiun pengamatan cuaca dan iklim. Dari sini diperoleh data suhu udara dan kelembapannya.

Sangkar meteorologi diletakkan pada sebuah lokasi khusus bersama alat-alat meteorologi lainnya yang disebut taman alat. Pengamatan terhadap termometer di dalamnya dilakukan sesuai jam yang ditetapkan.
Sangkar Meteorologi
Sangkar meteorologi pada taman alat Stasiun Meteorologi Bandara Supadio


Fungsi Sangkar Meteorologi

Sangkar meteorologi berfungsi untuk melindungi alat meteorologi yang ada di dalamnya dari radiasi matahari langsung. WMO dalam Guide to Meteorological Instruments and Methods of Observation menyebutkan bahwa suhu udara yang diukur adalah suhu yang ditunjukkan termometer yang terkena udara langsung, namun terlindung dari radiasi langsung matahari. 

Suhu udara yang diinformasikan kepada publik merupakan pengukuran suhu udara pada ketinggian 1.20 - 1.5 m di atas permukaan tanah. Selengkapnya pada : Konversi satuan Suhu Udara - Celcius, Kelvin, Fahrenheit, Reamul dan Rankine secara online 

Merujuk pada aturan WMO tersebut, maka salah satu  fungsi sangkar meteorologi adalah juga untuk menempatkan termometer sesuai ketinggian yang disyaratkan.

Selain untuk menempatkan termometer biasa, di dalam sangkar meteorologi biasanya juga dipasang termohigrograf untuk mencatat suhu dan kelembapan secara otomatis. Juga terdapat piche evaporimeter untuk mengukur kelembapan udara. 


Spesifikasi Sangkar Meteorologi

Dalam hal untuk mendapatkan data cuaca dan iklim maka peralatan serta prosedur pengamatannya harus seragam. Karenanya spesifikasi sangkar meteorologi juga telah ditetapkan guna keseragaman tersebut.

Spesifikasi sangkar meteorologi secara umum sebagai berikut :
  • Terbuat dari kayu yang kuat dan tahan lama, mengingat sangkar meteorologi di letakkan di tempat terbuka yang terkena panas dan hujan dalam waktu yang lama.
  • Memiliki atap, plafon, lantai dan dinding dengan ventilasi ganda.
  • Bercat putih. Hal ini untuk mengurangi penyerapan panas matahari oleh bahan sangkar meteorologi sendiri.
  • Tinggi sangkar meteorologi berkisar 1,2 - 1,5 meter.

Secara umum spesifikasi sangkar meteorologi antara wilayah tropis dengan subtropis hampir sama kecuali pada bentuk atap dan pintunya.

Pada daerah subtropis hingga kutub sangkar meteorologinya memiliki atap yang hanya miring pada satu sisi. Kemudian pintu sangkar meteorologi pada daerah subtropis hanya berada pada satu sisi saja.
Sangkar Meteorologi
Sangkar meteorologi atau Stevenson Screen milik Biro Meteorologi Australia yang berada di bumi bagian selatan

Pada wilayah di utara dengan lintang di atas 23.5 derajat LU maka pintu sangkar meteorologi hanya berada ada sisi utara. Sebaliknya pada wilayah di selatan bumi pintunya sangkar meteorologi berada hanya pada sisi selatan.

Untuk wilayah tropis seperti Indonesia, sangkar meteorologi memiliki atap yang mirip ke sisi timur dan ke sisi barat. Kemudian terdapat dua pintu pada sisi utara dan sisi selatan.

Sangkar Meteorologi
Sangkar meteorologi di Indonesia dan termometer di dalamnya; 1 = Termometer bola kering, 2 = termometer bola basah, 3 = termometer maksimum dan 4 = termometer minimum.

Keberadaan dua pintu pada sangkar meteorologi di daerah tropis berkaitan dengan gerak semu matahari di mana pada Maret ke September berada di utara bumi. Pada saat ini pembacaan sangkar meteorologi pada daerah tropis dilakukan dari pintu sebelah selatan.

Sebaliknya pada September ke Maret, matahari berada pada selatan bumi. Pembacaan sangkar meteorologi harus dilakukan pada pintu sebelah utara. Selengkapnya klik tentang gerak semu matahari.

Spesifikasi sangkar meteorologi di Indonesia yang ditetapkan oleh BMKG untuk penampang model atap, pintu kaki serta ukurannya seperti terlihat di bawah ini.

Sangkar Meteorologi
Spesifikasi sangkar meteorologi BMKG

Adapun model rangka atap dan plafon dalam spesifikasi sangkar meteorologi BMKG sebagaimana terlihat berikut.

Sangkar Meteorologi
Spesifikasi sangkar meteorologi BMKG

Fungsi kisi-kisi atau ventilasi ganda pada sangkar meteorologi adalah untuk meredam turbulensi dari arah luar sangkar. Hal ini guna mendapatkan hasil pengamaan suhu udara yang benar-benar karena radiasi tidak langsung dari matahari dan bukan kondisi sesaat dari perubahan yang ada di udara sekitarnya.

Dengan adanya keseragaman model dan spesifikasi sangkar meteorologi maka data suhu yang dihasilkan dari pengamatan di berbagai tempat adalah merupakan data yang standar yang dapat dibandingkan satu sama lainnya.

---000---

Demikian, semoga bisa menjawab pertanyaan "apa itu sangkar meteorologi" dan juga fungsi serta spesifikasi sangkar meteorologi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to " Apa Itu Sangkar Meteorologi - Fungsi dan Spesifikasinya "

  1. Sering liat kalau di Bandara, aku kira itu semacam pengganti air ketika petugas berjaga, ternyata salah

    ReplyDelete
  2. Saya malah nggak pernah memperhatikan ada yang namanya Sangkar Meteorologi di bandara. Mungkin karena nggak terlalu perhatian, atau kalau sudah ada di area landasan fokusnya jalan ke pesawat/ke bangunan bandara, kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di bandara susah ngeliatnya mba. Karena terminalnya pasti luas banget dan posisi sangkar meteorologinya jauh do bagian lain dari landasan pacu

      Delete
    2. Ahaha... makanya saya gak pernah tahu. Pengin juga sih, lihat aslinya seperti apa.

      Delete
  3. wah fungsinya utk melindungi radioaktif ternyata. baru tauu. keren mas!
    Fakhrezy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak ada kata2 radioaktif di atas mas. Heheh

      Delete
  4. wah baru tahu nih gan ada sangkar meteorologi ya, alat2 semakin canggih ya gan untuk deteksi cuaca, makin mantap ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah alat konvensional. Pada negara2 maju ini sdh terganti dengan alat otomatis

      Delete
  5. wah saya baru tau ini mas, sangkar meteorologi, menambah wawasan banget ya ternyata ada alat beginian yang di pasang di bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo mas Sabda naik pswt lancar dan mulus salah satunya adalah informasi dari alat ini

      Delete
  6. habis baca ini kalo ke bandara jadi excited buat ngecek bener ada gak sih sangkar meteorologinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandara yg kecil2 aja mas. Tanya kantor BMKGnya sebelah mana. Nah sangkar meteorologinya di sekitar situ

      Delete
  7. Di stasiun bandara, ehmm... jadi penasaran, adakah? Bentuknya emang kayak sangkar burung, pantes disebut sangkar meteorologi. Materi ini termasuk berat, tapi enak aja sih baca di sini, jadi ngerti.
    Terima kasih Kak.

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu nih kalau namanya sangkar meteorologi. Soalnya dekat rumah saya ada yang seperti ini dan orang-orang kami sering nyebutnya sangkar lebah, karena mirip-mirip gitu. Ternyata begini fungsi dan kegunaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah rumah mas Ridsal dekat bandara apa deket kantor BMKG ? daerah mana mas ?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Dekat kantornya mas. Daerah tembung, kec. Percut mas..

      Delete
    4. wah sip deh. Bisa liat langsung

      Delete
  9. aku mlah mengiranya alat listrik bang kalau di bandara , makasih sudah follow blog aku aku sudah follow balik bang dengan nama Rukka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. tampilannya mirip gardu listrik yah

      Delete
  10. memang mirip sangkar beneran kok bentuknya ya bang Day, :D

    ReplyDelete
  11. Jadi tahu fungsi dan maanfaat dari sangkar meterologi, kirain kalau gak kena sinar matahri, udara yang diukur teteap bisa stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ada ventilasi jadi yang terukur adalah suhu udaranya bukan panas dari sinar matahari yang kena pada termometernya

      Delete
  12. Baru tau istilah sangkar meteorology, dan baru tahu juga istilah termometer bola kering, basah itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, itu alat standar pada stasiun BMKG

      Delete
  13. Sampai pada kalimat ini, "Sangkar meteorologi merupakan salah alat utama pengamatan cuaca dan iklim". Mungkin maksudnya salah satu alat utama..... Saya bingung bacanya, hehehe...

    Wah keberadaannya sangat penting buat aktivitas penerbangan di setiap bandara yah. Gak kebayang kalo sampe gak ada sangkar meteorogi. Baru tempe saya Bang Day...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims koreksinya mas Hednra. Iya mksdnya gitu "salah satu"

      Smg bermanfaat yah

      Delete

Terima kasih