Peringatan Hari Meteorologi Dunia - Sejarah dan Tema

Climate4life.info - Peringatan Hari Meteorologi Dunia, sejarah dan tema. World Meteorology Day atau Hari Meteorologi Dunia (HMD) diperingati setiap tanggal 23 Maret. 

Tanggal ini mengacu pada mulai berlakunya Konvensi Meteorologi Dunia pada 23 Maret 1950. Konvensi tersebut merupakan rangkaian panjang dari perjalanan berdirinya World Meteorological Organization (WMO) atau Organisasi Meteorologi Dunia.
Baca juga :

Setiap tahun peringatan Hari Meteorologi Dunia memiliki tema tersendiri. Tema Hari Meteorologi Dunia ditetapkan oleh WMO. 


Tema Hari Meteorologi Dunia pada tahun-tahun sebelumnya antara lain :
  • 2019 ; Climate and Water
  • 2018 : Weather-ready, climate-smart
  • 2017 : Understanding clouds
  • 2016 : Hotter, drier, wetter - Face the future
  • 2015 : Climate knowledge for Climate Action
  • 2014 : Weather and Climate: Engaging youth
  • 2013 : Watching the weather to protect life and property
  • 2012 : Powering our future with weather, climate and water
  • 2011 : Climate for you
  • 2010 : 60 years of service for your safety and well-being

Umumnya berbagai kegiatan dilakukan guna memperingati Hari Meteorologi Dunia ini. Mulai dari konferensi, seminar, pameran dan lomba-lomba. WMO sendiri menggelar kontes "WMO 2019 Calendar Competition - Voting underway"

Kegiatan ini merupakan kompetisi foto tahunan yang berkaitan dengan tema Hari Meteorologi Dunia. Foto terpilih akan dijadikan kalender WMO.

Hari Meteorologi Dunia ke-70 tahun 2020

Pada tahun 2020 ini, Hari Meteorologi Dunia ke-70 berbagi tema dengan Hari Air sedunia yang diperingati pada 22 Maret, yaitu Climate and Water atau Iklim dan Air.

Poster Hari Meteorologi Dunia oleh BMKG



Hal ini untuk menekankan pada pengelolaan iklim dan air dengan cara yang lebih terkoordinasi dan berkelanjutan karena keterkaitan erat antara iklim dan siklus air. 

Iklim dan air merupakan tujuan utama dunia dalam kaitan pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.

Lebih lanjut WMO menyebutkan bahwa keberadaan air sangat penting bagi kehidupan. Rata-rata, manusia tidak bisa bertahan lebih dari tiga hari tanpa air. 

Air sangat penting untuk produksi makanan kita, hampir semua barang dan jasa kita dan untuk lingkungan.

Dunia sekarang menghadapi tantangan yang meningkat yang dipengaruhi oleh keberadaan seperti banjir dan kekeringan dan kurangnya akses ke pasokan air bersih.
Baca juga:

Ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan prakiraan, pemantauan dan pengelolaan persediaan air dan untuk mengatasi masalah air yang berlebih, terlalu sedikit atau air yang tercemar.

HMD 2019: The Sun, the Earth and the Weather

Tema peringatan Hari Meteorologi Dunia pada tahun 2019 adalah meletakkan peranan matahari bagi kehidupan yang ada di bumi.
Poster peringatan Hari Meteorologi Dunia 2019 - WMO [2] 

Tema Hari Meteorologi Dunia 2019 tersebut mengacu peran matahari sebagai sumber energi bagi seluruh kehidupan di bumi.  Matahari juga sebagai penggerak terbentuknya sistem cuaca, arus laut dan siklus hidrologi.

Penyinaran matahari sering ditempatkan pertama dalam kaitan pembahasan unsur cuaca dan iklim. Penggerak utama  dinamika cuaca dan iklim adalah radiasi matahari yang sampai ke bumi yang menyebabkan suhu udara berubah. 

Perbedaan suhu udara pada permukaan bumi akan diikuti oleh perbedaan tekanan udara yang kemudian menyebabkan terjadinya angin.

Adanya pemanasan dari matahari juga menyebabkan masuknya uap air ke atmosfer yang akan mempengaruhi kelembapan udara dan seterusnya.

Dalam laman WMO yang membahas tema  Hari Meteorologi Dunia 2019 menjelaskan bahwa sinar matahari berperan penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia. 

Jika terlalu sedikit sinar matahari mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan kita dan meningkatkan risiko kekurangan vitamin D. 

Adapun paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan efek berbahaya pada kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh. 

Para ahli percaya bahwa empat dari lima kasus kanker kulit dapat dicegah, karena kerusakan UV sebagian besar dapat dihindari.

Indeks ultraviolet atau Indeks UV adalah pengukuran standar internasional dari kekuatan radiasi ultraviolet penghasil sinar matahari di tempat dan waktu tertentu. 

Penyedia informasi meteorologi pada banyak negara turut memberikan informasi dan peringatan tentang tingkat UV, dan juga bekerjasama dengan lembaga kesehatan untuk menyebarluaskan kiat keselamatan kepada publik.


Referensi artikel Peringatan Hari Meteorologi Dunia bersumber dari :
  1. WMO: https://worldmetday.wmo.int/en/conf
  2. WMO : World Meteorological Day celebrates
  3. WMO : World Meteorological Day
  4. Wikipedia : World Meteorological day

Related Posts:

Post a Comment

10 Comments

  1. Sangat bermanfaat infonya bang Day, terima kasih banyak terkiat ilmunya

    ReplyDelete
  2. Dari pos blog ini saya jadi tahu tentang Hari Meteorologi Dunia 2019 yang mengangkat tema tentang matahari untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia. Terimakasih Bang Day informasinya... Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mb Tuteh. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. temen-temen kelas ipa harus pada ngunjungin nih blog....

    ReplyDelete
  4. Saya baru ngeh dengan hari meteorologi dunia dong, sungguh kudet.
    Ternyata bahkan benda-benda di angkasa pun dibikinin peringatan juga hehehehe

    ReplyDelete
  5. wah baru tahua da hari meteorologi dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ramai karena diperingati oleh kalangan terbatas aja hehehe

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.