Pemenang GiveAway Kuesioner Kamus Meteorologi dan Cara Penentuannya Dengan Aplikasi Online

Climate4life.info - Pemenang GiveAway Kuesioner Kamus Meteorologi dan Cara Penentuannya dengan Aplikasi Online


Tentang Kamus Meteorologi

Salah satu fasilitas dalam Climate4life.info ini adalah tersedianya kamus tentang istilah-istilah dalam meteorologi dan klimatologi.

Database dalam kamus online meteorologi dan kamus istilah klimatologi ini dikelola dengan MySQLi. Adapun tampilan dan pengelolaan database menggunakan script PHP yang diadopsi dari https://tutorialweb.net dan sumber-sumber lain yang relevan.

Tampilan kamus online meteorologi dan klimatologi

Kemudahan yang disediakan antara lain "text prediction" yang dapat membantu pengguna mencari kata yang diinginkan tanpa perlu mengetik semua huruf pada kata tersebut.

Seperti pada gambar di atas, saat baru diketikkan "cli" maka "text prediction" telah menampilkan semua kata yang mengandung "cli".


Glossary Meteorology

Fasilitas lain dalam blog ini adalah Glossary of Meteorology yang berisi daftar kata atau istilah meteorologi yang disusun secara alfabetis. Kedua fasilitas ini saling terkait.

Tampilan Glossary Meteorology

Jika salah satu kata atau istilah diklik maka akan terbuka jendela yang berisi tentang penjelasan kata atau istilah meteorologi tersebut.


Kuesioner Guna Pengembangan Kamus Meteorologi

Dalam rangka peningkatan kualitas kamus online dan juga glossary tersebut baik dari segi kemudahan akses dan desain tampilannya, admin kemudian menyelenggarakan kuesioner secara daring guna mendapat masukan dari pengguna.

Kuesioner tentang kamus meteorologi ini berlangsung pada 15-21 September 2020 yang diedarkan via twitter, grup-grup WA dan medsos lainnya.

Tampilan kuesioner online


Pemenang GiveAway Kuesioner Kamus Meteorologi Online dan Cara Penentuannya

Terdapat dua kriteria pemenang atau penerima GiveAway dalam penyelenggaraan kuesioner tentang kamus online meteorologi tersebut.

Pertama adalah responden yang memberikan saran terbaik. Tiga orang dengan saran terbaik mendapat pulsa masing-masing Rp. 50 ribu.

Selanjutnya, saat kuesioner ini dirilis via twitter, maka kepada dua orang yang membantu me-retweet tentang kuesioner tersebut kemudian dipilih secara acak dua orang untuk mendapatkan pulsa masing-masing Rp. 25 ribu.

  • 3 Pemenang saran terbaik

Untuk pemenang saran terbaik dilakukan dalam dua tahap. Pertama tim penilai memilih sejumlah responden dengan saran terbaik.

Saat itu terpilih sebanyak delapan orang dengan saran yang sangat baik guna pengembangan kamus online. Karena sama baiknya, guna mendapatkan tiga orang pemenang penerima pulsa GiveAway diputuskan memilih secara acak menggunakan aplikasi pada web random.org.

Untuk memilih pemenang secara acak berdasarkan daftar yang ada, di gunakan menu List Randomizer pada random.org tersebut.

Tampilan list randomizer pada website random.org


Daftar yang diisikan dapat berupa nomor telepon, email dan juga nama. Selanjutnya random.org akan menjalankan proses pemilihan secara acak.

Hasil pengacakan oleh random.org untuk memilih tiga pemenang dari delapan nama yang diajukan oleh tim penilai seperti di bawah ini.

Hasil pemilihan acak oleh random.org

Berdasarkan hasil di atas, maka tiga nama teratas ditetapkan sebagai pemenang saran terbaik dalam kuesioner tentang kamus online meteorologi tersebut.

Selamat kepada Sdr. Haris dari Jambi, Wandarana dari NTB dan Steven dari Maluku. Terima kasih atas partisipasi serta saran dan kritiknya.


  • Pemenang GiveAway Retweet
Selanjutnya, GiveAway dengan pulsa sebesar Rp. 25 rb kepada teman-teman yang telah membantu me re-tweet informasi tentang kuesioner tersebut, pemilihan juga dilakukan secara random.

Untuk ini, admin menggunakan fasilitas pada website https://twitter-winner.appspot.com/. Web ini mampu melakukan pemilihan acak berdasarkan followers, retweet dan searches.
Tampilan https://twitter-winner.appspot.com

Dan pemenangnya adalah....

Pemenang GiveAway untuk Retweet tentang kuesioner kamus meteorologi

Selamat kepada para pemenang. Terima kasih atas partisipasinya dalam penyebaran kuesioner kamus meteorologi dan klimatologi kepada warga twitter.


Demikian tentang GiveAway Kuesioner Kamus Metorologi. Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh responden yang telah memberikan saran dan kritiknya. Juga kepada warganet di twitter yang telah membantu penyebaran kuesioner tersebut.

Post a Comment

15 Comments

  1. Replies
    1. alhmandulillah kami bisa memberikan sedikit giveaway kepada para responden

      Delete
  2. keren nih min aplikasinya, bisa bikin aplikasi serupa untuk memudahkan pembelajaran lainnya, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. Selamat untuk para pemenang, sukses juga untuk kamus meteorologi onlinenya

    ReplyDelete
  4. Lama tak berkunjung tambah keren aja nih bang blognya. Semoga tamba sukses dalam berbagi dan berkarya.

    ReplyDelete
  5. selamat untuk pemenang wah ketinggalan aku maklum jarang bw hi hi terus berbagi bang day

    ReplyDelete
  6. tahniah kpd yg berjaya๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.