Jurnal Tentang Perancangan Kamus Daring Istilah Meteorologi dan Klimatologi

Climate4life.info -  Jurnal Tentang Perancangan Kamus Daring Istilah Meteorologi dan Klimatologi.



Identitas Jurnal

  • Judul: Perancangan Gloming - Kamus Daring Istilah Meteorologi dan Klimatologi
  • Penulis: Wan Dayantolis, Rista Hernandi Virgianto, Wendel Jan Pattipeilohy, Ania Supeni, Femmy Marsitha Barung, Dara Kasihairani, Khairullah6
  • PenerbitPusdiklat BMKG/link/button/#1E90FF
  • Volume/Edisi: Prosiding Semnas 2020


Latar Belakang

Kamus adalah buku yang memuat kumpulan istilah atau nama disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya (KBBI, 2020).

Ada dua jenis kamus yaitu kamus umum yang memuat ragam kata dan maknanya serta kamus pembelajaran memuat istilah teknis dalam kalangan terbatas (Azizi ,2014).

Kamus konvensional dalam bentuk buku tidak bisa diupdate setiap saat (Rochim, 2011). Kamus konvensional juga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian katanya.

Keberadaan Kamus daring dapat menjawab kelemahan kamus konvensional dengan menyediakan fleksibilitas dari sisi pengguna maupun tim penyusun kamus yang memasukkan daftar kata dan maknanya.

Kamus daring juga menampilkan hasil lebih cepat (Subhan dkk, 2014).

Perkembangan kamus daring bidang meteorologi di dunia pertama kali dilakukanoleh American Meteorological Society seperti AMS Glossary (https://glossary.ametsoc.org).

Kemudian WMO (World Meteorological Organization)/link/button/#1E90FF juga menyediakan penjelasan istilah meteorologi berbagai bahasa yang platform-nya disatukan dalam The United Nations Terminology Database (https://unterm.un.org).


Desain Aplikasi

Perancangan kamus daring meteorologi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. 

Penggunaan PHP karena merupakan bahasa script yang berjalan disisi server yang gratis digunakan serta dapat diterapkan pada berbagai jenis platform (Rochim, 2011).

Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses halaman kamus dari mana saja.

MySQL digunakan pengelolaan database yang berisi seluruh daftar istilah dan seluruh atributnya karena kemampuannya dapat mengirim dan menerima data secara cepat. Selain itu MySQL bersifat open source (Saputro, 2012).

Selain kecepatan, kinerja dan fitur yang ada dalam MySQL membuatnya menjadi sistem basis data yang populer (Wahyudi dan Silalahi, 2018).


Jurnal Lengkap

Selengkapnya tentang perancangan kamus online yang memuat istilah cuaca ataupun istilah iklim ini dapat dibaca pada dokumen di bawah ini.



Demikian ulasan mengenai jurnal yang membahas perancangan kamus daring istilah meteorologi dan geofisika. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

10 Comments

  1. Bermanfaat sekali pembahasannya

    ReplyDelete
  2. Baru beberapa hari yang lalu membaca buku tentang iklim dan cuaca. Hari ini mampir di blog yang membahas tentang iklim.
    Kamus istilah memang penting, karena lebih spesifik dari pada kamus umum. Dan keberadaan kamus daring sangat membantu sekali. Di zaman internet ini, pengguna lebih suka membuka internet untuk mencari definisi daripada membuka kamus cetak. Selain lebih cepat dan praktis, memang sedikit orang yang penya kamus cetak, apalagi kamus dengan tema tertentu.

    ReplyDelete
  3. Ini jenis website apa aplikasi bang day, sepertinya aplikasi ya. Jadi biar lebih mudah, tinggal buka aplikasinya kalo mau cari informasi tentang cuaca, tidak usah ketik url lagi

    ReplyDelete
  4. wahhhh dapat ilmu baru saya hari ini. terima kasih, mas

    ReplyDelete
  5. Mantap, info tentang istilah meteorologi dan geofisika sekarang makin mudah didaoat berkat online.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.