Air Mass


Berikut definisi kata air mass yang merupakan istilah di bidang meteorologi dan klimatologi.

Istilah : air mass
Terjemahan : massa udara
Penjelasan :
Air mass atau massa udara dalam meteorologi diartikan sebagai suatu kumpulan udara dalam skala besar dan memiliki kondisi suhu dan kelembaban yang hampir seragam pada tingkat ketinggian tertentu. Massa udara seperti itu memiliki batas yang jelas dan dapat meluas ratusan atau ribuan kilometer secara horizontal dan terkadang setinggi puncak troposfer atau sekitar 10–18 km di atas permukaan bumi.

Massa udara terbentuk setiap kali atmosfer tetap bersentuhan dengan permukaan tanah atau laut yang besar dan relatif seragam untuk waktu yang cukup lama sehingga memiliki sifat suhu dan kelembaban sebagaimana pada permukaan itu.

Massa udara utama bumi berasal dari garis lintang kutub atau subtropis. Garis lintang tengah merupakan dasarnya zona modifikasi, interaksi, dan pencampuran dari massa udara kutub dan tropis.

Massa udara umumnya diklasifikasikan menurut empat wilayah sumber dasar sehubungan dengan garis lintang. Ini adalah Kutub (dingin), Arktik (sangat dingin), Khatulistiwa (hangat dan sangat lembab), dan Tropis (hangat). Sumber: https://www.britannica.com/


Istilah lainnya dalam glosarium meteorologi:

Memuat...

Image
Glosarium Meteorologi ini berisi daftar kata atau istilah yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi. Daftar istilah bersumber dari berbagai referensi terpercaya yang akan dicantumkan pada setiap kata atau istilah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment