Definisi Dust Devil | Glosarium Meteorologi


Berikut definisi kata dust devil yang merupakan istilah di bidang meteorologi dan klimatologi.

Istilah : dust devil
Terjemahan : kolom debu
Penjelasan :

Dust devil
, atau kolom debu juga disebut kolom pasir , dalam meteorologi adalah angin puyuh kecil dan singkat yang terjadi paling sering pada sore hari saat permukaan tanah memanas dengan cepat. 

Dust devil kadang-kadang terlihat adanya debu, daun, atau benda lepas lainnya yang terangkat dari permukaan tanah.

Dust devil atau juga sering disebut sebagai "setan debu"
Gambar: https://windy.app

Dust devil terbentuk di area dengan pemanasan permukaan yang kuat, biasanya pada pertemuan antara jenis permukaan yang berbeda, seperti aspal dan tanah, atau bahkan sawah irigasi dan jalan tanah.

Umumnya terjadi ketika langit cerah dan angin sepoi-sepoi, ketikadi mana tanah dapat menghangatkan udara hingga suhu jauh di atas suhu tepat di atas tanah. Ini adalah kondisi yang sangat tidak stabil, karena udara panas kurang padat dan lebih ringan dari udara dingin di atasnya.

Jika suhu tanah menjadi jauh lebih hangat daripada udara di atasnya, pencampuran vertikal akan terjadi untuk melepaskan konfigurasi yang tidak stabil ini. Setelah tanah cukup panas, kantong udara lokal akan dengan cepat naik melalui udara yang lebih dingin di atasnya.

Aliran udara panas yang tiba-tiba menyebabkan udara melaju secara horizontal ke dalam ke dasar pusaran yang baru terbentuk. Kantung udara yang naik dengan cepat ini mungkin mulai berputar, dan jika terus diregangkan ke arah vertikal, kecepatan putarannya akan meningkat.


Tags: definisi dust devil; pengertian dust devil; arti kata dust devil;

Istilah lainnya dalam glosarium meteorologi:

Memuat...

Image
Glosarium Meteorologi ini berisi daftar kata atau istilah yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi. Daftar istilah bersumber dari berbagai referensi terpercaya yang akan disebut secara khusus pada setiap kata atau istilah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments

Indonesia Website Awards