Definisi Zonal Flow | Glosarium Meteorologi


Berikut definisi kata zonal flow yang merupakan istilah di bidang meteorologi dan klimatologi.

Istilah : zonal flow
Terjemahan : aliran zonal
Penjelasan :

Zonal flow atau aliran zonal, dalam meteorologi; adalah pergerakan udara yang umumnya mengarah dari barat ke timur, kira-kira sejajar dengan garis lintang. Biasanya ketika angin diukur pada area yang luas, angin tersebut dapat dipisahkan menjadi komponen zonal dan komponen meridional.

Aliran angin zonal
Gambar: https://learn.weatherstem.com/


Angin zonal rata-rata, dikenal juga sebagai rata-rata zonal, kecepatan paling kuat terjadi di troposfer atas di atas daerah subtropis selama tiga bulan musim dingin (Desember, Januari, dan Februari di Belahan Bumi Utara dan Juni, Juli, dan Agustus di Belahan Bumi Selatan).

Aliran angin zonal tersebut bertiup dengan kecepatan kecepatan rata-rata 144 km/jam. Pergerakan udara di troposfer dalam arah arah barat ke timur yang diukur selama periode tertentu atau pada garis bujur tertentu disebut juga sebagai sirkulasi zonal.

Energi kinetik zonal adalah energi kinetik dari angin zonal rata-rata. Dihitung dengan merata-ratakan komponen zonal angin di sepanjang garis lintang tertentu. Sebuah diagram yang menunjukkan kecepatan aliran zonal digambarkan terhadap garis lintang disebut profil angin zonal.
Sumber: Encyclopedia of Weather and Climate - Michael Allaby

Tags: definisi zonal flow; pengertian zonal flow; arti kata zonal flow;


Istilah lainnya dalam glosarium meteorologi:

Memuat...

Image
Glosarium Meteorologi ini berisi daftar kata atau istilah yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi. Daftar istilah bersumber dari berbagai referensi terpercaya yang akan disebut secara khusus pada setiap kata atau istilah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

0 Comments

Indonesia Website Awards