Zonal Index


Berikut definisi kata zonal index yang merupakan istilah di bidang meteorologi dan klimatologi.

Istilah : zonal index
Terjemahan : indeks zonal
Penjelasan :

Zonal index atau indeks zonal, dalam meteorologi; adalah ukuran kekuatan angin barat antara garis lintang 33° dan 55° di kedua belahan bumi, dinyatakan sebagai gradien tekanan horizontal, atau sebagai angin geostropik yang sesuai.


Siklus zonal indeks untuk bumi belahan utara
Gambar: https://www.briangwilliams.us/


Indeks zonal yang tinggi menunjukkan angin barat yang kuat dan aliran jet yang terus menerus, berkembang kuat, dan hampir lurus. Sistem cuaca akan bergerak dengan kecepatan yang cukup stabil ke arah yang sama dengan aliran jet.

Indeks zonal yang rendah menunjukkan angin barat yang lemah dan pembentukan pola seluler aliran udara. Gelombang Rossby di aliran jet dan bagian depan kutub berkembang dengan baik, sehingga aliran jet mengikuti jalur berliku-liku.

Pada saat ini udara kutub bertekanan rendah (lihat massa udara) meluas jauh ke selatan di beberapa tempat, dan di tempat lain udara tropis meluas jauh ke utara.



Tags: definisi zonal index; pengertian zonal index; arti kata zonal index; glosarium meteorologi

Istilah lainnya dalam glosarium meteorologi:

Memuat...

Image
Glosarium Meteorologi ini berisi daftar kata atau istilah yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi. Daftar istilah bersumber dari berbagai referensi terpercaya yang akan disebut secara khusus pada setiap kata atau istilah.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment