Yuk nonton Gerhana Matahari Total (GMT) secara streaming dari BMKG


Climate4life.info - Dear sobat... Besok, 9 Maret 2016 nanti, sebagian besar wilayah di negara kita akan dilintasi gerhana matahari. Kejadian yang sama pernah terjadi pada 11 Juni 1983. Penulis saat itu baru berusia 6 tahun namun masih cukup ingat kejadian tersebut. Gencarnya pemberitaan dari pemerintah melalui TVRI tentang bahaya melihat gerhana secara langsung membuat kejadian cukup membekas diingatan penulis. Sebelumnya jika ingin mengetahui cuaca saat GMT, dapat diakses di sini.

Lintasan Gerhana Matahari Total

Mengutip dari laman LAPAN (klik di sini)  gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016 diprediksi bakal terjadi di 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan di Indonesia. Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara). Wilayah-wilayah selain 10 provinsi tersebut di atas akan dapat menyaksikan gerhana matahari parsial. 

Menurut BMKG peta lintasan seperti ini.

     Gambar 2. Peta lintasan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Indonesia
(Sumber : BMKG)

Menurut BMKG, Jalur totalitas GMT 9 Maret 2016 yang melewati Indonesia sebagiamana tersaji pada Gambar 2 di atas, bentuk peta magnitudo gerhana, yaitu perbandingan antara diameter Matahari yang tergerhanai olehBulan dan diameter Matahari secara keseluruhan saat puncak gerhana terjadi.

Jika magnitudo gerhananya 1 atau lebih dari 1, Matahari tergerhanai total. Namun, jika magnitudonya kurang dari 1, Matahari tergerhanai sebagian. Titik sentral gerhana yang menandakan segarisnya titik pusat Matahari, Bulan dan Bumi ditandai dengan garis berwarna biru. Sebagaimana terlihat pada Gambar 2, jalur totalitas gerhana ini akan melewati 45 kota dan kabupaten di 12 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Jambi bagian Selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Adapun daerah lainnya akan mengamati GMT 9 Maret 2016 berupa Gerhana Matahari Sebagian dengan magnitudo gerhana tertentu.

Live Streaming Gerhana 

Bagi sobat yang memiliki koneksi internet yang kencang, BMKG menyediakan sarana untuk menonton kejadian GMT tersebut secara streaming. Hal ini  ini bertujuan untuk membuka kesempatan bagi media dan pubik yang ingin meliput fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi di 7 Kota dan beberapa wilayah yang terjadi gerhana matahari sebagian melalui live streaming yang dimulai pukul 06.00 WIB.

Pertama silahkan akses : http://media.bmkg.go.id/gmt.bmkg,  


Nah, pada panel kanan sobat dapat memilih lokasi GMT yang ingin disaksikan. Karena GMT bergerak dari barat, maka sebaiknya mulai memilih dari lokasi sebelah barat dulu yaitu Bengkulu, kemudian Palembang dan seterusnya ke arah kota-kota di bagian timur. Daftar kota-kota yang tergerhanai dapat dilihat di sini.

Demikian sobar, cara nonton Gerhana Matahari Total (GMT) secara streaming dari BMKG. Mudah bukan ?

Salam, 
BeDe


----------------------
Sumber gambar ilustrasi gerhana :
dari sini dan sini

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to " Yuk nonton Gerhana Matahari Total (GMT) secara streaming dari BMKG "

  1. siap mas kita nonton berdoa

    BalasHapus
  2. Sholat gerhana dulu baru nonton ini, insya Allah...
    Makasih infonya, Bang :)

    BalasHapus
  3. Wah ditempatku hujan sejak pagi-pagi
    Ga bisa lihat matahari
    Jadi bisa streaming Gerhana nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi banyak videonya di yutub mba :)

      Hapus

Terima kasih