Forum Prakiraan Musim - berkumpulnya para forecaster iklim se-Indonesia

Climate4life.info - Forum prakiraan musim rutin diadakan setahun dua kali oleh Kedeputian Klimatologi  BMKG pada setiap bulan Februari dan Juli. Forum prakiraan musim yang dilaksanakan pada bulan Februari bertujuan untuk menyusun prakiraan musim kemarau di Indonesia sedang pada Agustus, forum prakiraan musim akan menyusun prakiraan musim hujan di Indonesia. Dalam pelaksanaannya sampai saat ini forum prakiraan musim lebih sering diadakan di Jakarta, beberapa kali di Bogor dan satu kali di Yogyakarta.

Forum prakiraan musim biasanya dihadiri oleh kepala UPT atau koordinator iklim provinsi  dari seluruh Indonesia bersama para forecaster iklimnya. Sesi para kepala UPT umumnya membahas  masalah-masalah regulasi dan teknis operasional stasiun klimatologi, sedang sesi para forecaster iklim lebih fokus kepada penyusunan prakiraan musim pada provinsi masing-masing untuk kemudian hasil akhirnya menjadi prakiraan musim Indonesia.

Secara umum forum prakiraan musim merupakan sarana koordinasi BMKG Pusat dengan UPT daerah dan untuk sinkronisasi produk prakiraan dan pengamatan yang ada di BMKG Pusat dengan kegiatan serupa yang ada di UPT daerah. Salah satu sasarannya adalah melakukan analisis variabilitas iklim dengan indikator keberhasilan berupa peningkatan presentase akurasi layanan informasi iklim hingga kecamatan.

Dalam perjalanannya, forum prakiraan musim melahirkan berbagai konsensus yang menjadi dasar operasionalisasi teknis informasi iklim seperti :



  • Kesepakatan Bogor yang berisi standar warna peta prakiraan dan analisis hujan,
  • Penegasan metode perhitungan sifat musim, 
  • Pedoman umum buletin iklim yang diproduksi oleh stasiun-stasiun klimatologi meliputi konten utama, standar desain cover depan, desain cover dalam serta rincian tabel analisis dan tabel prakiraan hujan,
  • Operasionalisasi Hari Tanpa Hujan (HTH),
  • Penegasan metode pencatatan fklim71,
  • Kesepakatan metode penentuan awal musim.

Salah satu contoh konsensus yang dicapai dalam forum prakiraan musim adalah penetapan ambang batas untuk penentuan iklim ekstrem yaitu percentil 95% untuk batas atas suhu maksimum dan curah hujan serta ambang batas bawah 5 % untuk suhu minimum. Kesepakatan ini ditetapkan pada forum prakiraan musim 15-18 Juli 2014 di Hotel Swiss-bel Jakarta.

Kesepakatan forum prakiraan musim tentang ambang batas iklim ekstrem

Pada forum prakiraan musim yang sama juga ditetapkan  penggunaan legend warna dalam peta prakiraan musim. 

Legend warna pada peta prakiraan musim


Working Group Forecaster Iklim

Sesi working grup ada sesi di mana para forecaster iklim mulai menyusun dan merumuskan prakiraan musim. Para forecaster iklim dibagi dalam beberapa grup besar yang biasanya mengikuti pulau besar di Indonesia seperti grup Sumatera, grup Jawa, Bali Nusra, Kalimatan + Sulawesi serta Maluku + Papua. Kegiatan utama adalah sinkronisasi perhitungan prakiraan musim yang dibuat UPT daerah dengan hasil olahan tim iklim BMKG Pusat. Nantinya dalam paparan prakiraan musim para forecaster iklim harus melengkapi materinya dengan analisis dan verifikasi prakiraan musim  periode sebelumnya untuk mengetahui akurasi dari prakiraan musim tersebut.

Suasana working grup para forecaster iklim
Suasana working grup para forecaster iklim
Gambar di atas memperlihatkan suasana sesi working group para forecaster iklim saat forum prakiraan musim. Ketatnya jadwal dan banyaknya bahan yang harus disusun tak jarang membuat para forecaster harus bekerja ekstra hingga malam guna menyelesaikan prakiraan musim masing-masing. Selanjutnya masing-masing perwakilan grup harus mempresentasikan di depan forum hasil-hasil yang telah mereka susun.


Contoh perhitungan prakiraan musim yang harus disinkronisasi para forecaster iklim


Sejarah Awal Forum Prakiraan Musim

Forum prakiraan musim pertama kali diadakan pada tanggal 7 – 8 November 2007  di Hotel Sheraton Gn. Sahari Jakarta dengan nama kegiatan Lokakarya Peningkatan Prakiraan Akurasi Prakiraan Musim.  Forum prakiraan musim pertama tersebut dilaksanakan dengan metoda call paper, di mana panitia meminta para forecaster iklim di UPT daerah mengirimkan tulisan tentang metode dan verifikasi prakiraan hujan ataupun prakiraan musim di wilayah masing-masing.


Undangan forum prakiraan musim pertama
Undangan forum prakiraan musim pertama

Forecaster iklim yang kemudian tulisannya terpilih dan berhak mengikuti lokakarya yang merupakan cikal bakal forum prakiraan musim tersebut berasal dari UPT :


  1. Balai Besar Wilayah  I  Medan (sekarang Balai Besar MKG Wilayah I Medan)
  2. Balai Besar Wilayah III Denpasar
  3. Stasiun Klimatologi Sampali Medan (sekarang Stasiun Klimatologi Medan - Sumatera Utara)
  4. Stasiun Klimatologi Kenten Palembang (sekarang Stasiun Klimatologi Palembang - Sumatera Selantan )
  5. Stasiun Klimatologi Masgar Lampung (sekarang Stasiun Klimatologi Pesawaran - Lampung)
  6. Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor (sekarang Stasiun Klimatologi Bogor - Jawa Barat)
  7. Stasiun Klimatologi Semarang
  8. Stasiun Klimatologi Karangploso Malang (sekarang Stasiun Klimatologi Malang - Jawa Timur)
  9. Stasiun Klimatologi Banjarbaru 
  10. Stasiun Klimatologi Kayuwatu Manado (sekarang Stasiun Klimatologi Minahasa Utara - Sulawesi Utara)


Peserta forum prakiraan musim pertama
Peserta forum prakiraan musim pertama
Berikut beberapa dokumentasi kegiatan forum prakiraan musim pertama yang bernama Lokakarya Peningkatan Prakiraan Akurasi Prakiraan Musim.
Pembukaan oleh Sestama BMG

Pembicara pada sesi 1


Pembicara pada sesi 2

Suasana forum prakiraan musim pertama tahun 2007
Demikian ulasan forum prakiraan musim yang merupakan wadah berkumpulnya para forecaster iklim dari seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to " Forum Prakiraan Musim - berkumpulnya para forecaster iklim se-Indonesia "

  1. ini yang masuk ke forum prakiraan musim pastinya orang2 terpilih dan yang cerdas dalam membaca iklim dan cuaca di Indonesia, salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sesuai tugas pokok kerjaan aja mba

      Hapus
  2. Baru kali ini saya baca blog tentang iklim. Bermanfaat deh.

    BalasHapus
  3. Keren.
    Hanya orang terpilih yang betul-betul menguasai perkiraan laju arah mata angin dan pergerakan awan untuk menentukan musim.

    Aku penasaran dengan cara kerja prediksi yang para ahli kerjakan.
    Pengin lihat ..., tapi mana diperbolehkan ya ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok mas. Info aja kalo mo main2 ke BMKG :)

      Hapus
  4. Saya lihat suasana sesi working group begitu akrab dan meriah. jadi pengen ikut dan bergabung, ah tapi apa boleh buat. Saya hanya seorang tamatan biasa saja hehehe

    BalasHapus
  5. Saya kira prakiraan musim langsung ketok palu dari BMKG pusat, ternyata ada forumnya. Hehhehe.
    Asyik sepertinya kalau bisa mendengar pemaparan dari para ahli iklim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah di sini kadang sampe berdarah2 mba ;)

      Hapus
  6. Kreatif sekali forum ini, bagus juga inovatinya terutama bisa memberi informasi terbaru melalui sms, berlaku untuk masyarakat dalam mengetahui bahwa ada cuaca yang berpotensi menimbulkan masalah seperti banjir dll. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan utamanya sih sinkronisasi produk mas, biar informasi yang dirilis ke publik sejalan

      Hapus

Terima kasih