10 Kota Terpanas dan Terdingin di Indonesia serta Ciri Iklimnya Berdasarkan Catatan Terbaru

 


Climate4life.info - 10 Kota terpanas dan terdingin di Indonesia serta ciri iklimnya berdasarkan catatan terbaru 

Indonesia sejatinya beriklim tropis dengan ciri suhu yang hangat sepanjang tahun dan dengan kelembapan yang tinggi serta curah hujan yang tinggi pula. 

Meski demikian, ragam corak topografi, interaksi dengan laut baik suhu dan arusnya, variasi penyinaran matahari ataupun posisi terhadap arah datangnya angin menyebabkan iklim di Indonesia tidaklah sama di setiap tempat.

Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen-Geiger, setidaknya di Indonesia terdapat tipe iklim hutan tropis hingga ciri iklim pegunungan yang bersalju. Karenanya, dari segi suhu udara pun tidak sama di setiap tempat.

Ada kawasan yang sepanjang tahun panas dan kering namun ada pula selalu sejuk bahkan dingin. Umumnya pada tempat-tempat yang berada di dataran tinggi suhu udaranya akan lebih sejuk bahkan lebih dingin dibanding tempat yang berada di dataran rendah, apalagi dekat dengan laut.




10 Kota Terpanas di Indonesia

Berdasarkan catatan terbaru dari data BMKG, kota-kota yang memiliki suhu terpanas di Indonesia sebagaimana terlihat pada peta di bawah ini.

Sebaran kota dengan suhu udaranya 10 terpanas di Indonesia


10 Kota di Indonesia yang memiliki suhu terpanas dibanding tempat lainnya sebagaimana pada gambar di atas adalah Palu, Majalengka, Bima, Surabaya, Pekanbaru, Jakarta Utara, Banjarbaru, Tangerang Selatan, Palangkaraya, Berau.

Secara rinci suhu udara pada 10 kota terpanas tersebut sebagai berikut.

Rangking 10 kota terpanas di Indonesia



1. Palu - Sulawesi Tengah

Kota Palu menduduki rangking 1 kota terpanas di Indonesia dengan suhu maksimum rata-rata tahunan mencapai 33.1 ⁰C. Data ini merupakan hasil pengamatan stasiun BMKG di Bandara Sis Aljufri Palu dengan elevasi sekitar 88 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kota Palu sendiri terletak di teluk Palu dengan ciri iklim Aw atau savannah atau padang rumput. Ini terlihat dari vegetasi yang tumbuh yang didominasi ekosistem padang rumput dan juga adanya kaktus yang biasa tumbuh di padang pasir.


Tingginya suhu udara di Palu dipengaruhi juga oleh posisinya yang dekat pantai serta rendahnya curah hujan sepanjang tahun.



2. Majalengka - Jabar

Catatan suhu udara di Majalengka, Jawa Barat bersumber dari data hasil pengamatan stasiun BMKG di Bandara Jatiwangi - sekarang di Kertajati dengan elevasi 50 mdpl. Suhu maksimum rata-rata tahunan mencapai 32.9 ⁰C yang menjadikannya sebagai kota terpanas kedua di Indonesia.

Ciri iklim di Majalengka termasuk tipe Am atau Monsun Tropis yang umumnya memiliki pola musim hujan dan kemarau yang cukup jelas.



3. Bima - Nusa Tenggara Barat

Bima merupakan kota paling timur di NTB yang memang secara umum suhu udaranya cukup panas dengan ciri iklim Aw atau savannah (padang rumput).

Rata-rata suhu maksimum tahun mencapai 32.9 ⁰C yang tercatat pada stasiun BMKG di Bandara Sultan Mahmud Salahudin dengan elevasi cukup rendah yaitu sekitar 2 mdpl.

Iklim laut cukup memengaruhi karakteristik suhu di Bima karena topografinya berupa pulau yang dikelilingi lautan.



4. Surabaya - Jawa Timur

Surabaya merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia dan terkenal dengan suhu udaranya yang panas. Catatan dari stasiun BMKG di Perak, rata-rata suhu maksimum tahun mencapai 32.8 ⁰C atau berada pada urutan ke-4 dari 10 kota terpanas di Indonesia.

Ciri iklim Surabaya sendiri masuk pada kategori Aw atau savannah, artinya vegetasi alami yang banyak tumbuh akan didominasi padang rumput. 



5. Pekanbaru - Riau

Catatan dari stasiun BMKG di Bandara Sultan Syarif Kasim II, rata-rata suhu maksimum tahunan di Pekanbaru mencapai 32.8 ⁰C atau sama dengan di Surabaya.

Dari segi iklim, wilayah Riau umumnya berciri iklim hutan hujan tropis (Af). Pada ciri ini biasanya curah hujan tahun cukup tinggi dengan ekosistem hutan tropis. Elevasi yang cukup rendah berkisar 5 mdpl dan letak geografi cukup dekat dengan ekuator menjadikan suhu udaranya cukup panas sepanjang tahun.



6. Jakarta Utara - Jakarta

Pengamatan stasiun BMKG di Tanjung Priok menunjukkan kawasan Jakarta Utara lebih panas dari wilayah lainnya di Jakarta dan menjadikannya berada pada urutan ke-6 dari 10 kota terpanas di Indonesia.

Suhu rata-rata maksimum tahunannya mencapai 32.7 ⁰C. Meski ciri iklimnya termasuk tipe Am atau Monsun Tropis yang umumnya memiliki pola musim hujan dan kemarau yang cukup jelas, iklim lautan cukup mendominasi karakteristik di sini.



7. Banjarbaru - Kalimantan Selatan

Wilayah Kalimantan Selatan umumnya berciri iklim hutan hujan tropis (Af) di mana curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dengan ekosistem hutan tropis. Faktor lokal dan letak geografis yang dipengaruhi karakteristik iklim laut, menjadikan Banjarbaru memiliki suhu cukup tinggi.

Catatan dari stasiun BMKG di Banjarbaru, suhu rata-rata maksimum tahunannya mencapai 32.7 ⁰C atau berada ada urutan ke-7 dari 10 kota terpanas di Indonesia.



8. Tangerang Selatan - Banten

Seperti wilayah Jakarta lainnya, ciri iklim di Tangerang Selatan termasuk tipe Am atau Monsun Tropis yang umumnya memiliki pola musim hujan dan kemarau yang cukup jelas.

Catatan iklim stasiun BMKG Banten, suhu rata-rata maksimum tahunan di Tangerang Selatan mencapai 32.4 ⁰C.



9. Palangkaraya - Kalimantan Tengah

Ciri iklim di Palangkara raya sama seperti wilayah Kalimantan Selatan umumnya berciri iklim hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan ekosistem yang tumbuh berupa hutan tropis. 

Faktor lokal dan letak geografis yang dipengaruhi karakteristik iklim laut, menjadikan Palangkaraya memiliki suhu cukup tinggi.

Berdasarkan data stasiun BMKG pada Bandara Tjilik Riwut, terlihat bahwa suhu rata-rata maksimum tahunan di Palangkaraya mencapai 32.4 ⁰C.



10. Berau - Kalimantan Timur

Berau terletak sekitar 300an kilometer di sebelah Utara Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Sebagaiman umumnya wilayah Kalimantan, Berau juga berciri iklim hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan ekosistem yang tumbuh berupa hutan tropis

Stasiun BMKG yang mencatat kondisi iklimnya terletak pada Bandara Kalimarau Berau dengan elevasi 9 mdpl di atas permukaan laut. Suhu maksimum tahunan rata-rata berkisar 32.3 ⁰C cukup menjadikan Berau sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia.



Itulah kota dengan catatan suhu udara maksimumnya sebagai terpanas dari kota-kota lainnya di Indonesia.

Selanjutnya, berikut 10 kota di Indonesia dengan catatan suhu minimum tahunanya sebagai yang terdingin.




10 Kota Terdingin di Indonesia

Kota-kota dengan suhu udara terdingin di Indonesia seperti yang terlihat pada peta di bawah ini umumnya memiliki ketinggan di atas 800 mdplt. Faktor ketinggian menjadi faktor utama terjadinya kondisi tersebut.





Sebaran kota dengan suhu udara 10 terdingin di Indonesia


Urutan 10 kota terdingin di Indonesia berdasarkan catatan terbaru dari suhu udaranya masing-masing seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Rangking 10 kota terdingin di Indonesia




1. Paniai - Papua Barat

Rekor Pania di Papua Barat sebagai kota terdingin di Indonesia berdasarkan data iklim dari stasiun BMKG di Bandara Enarotali yang terletak pada ketinggian 1770 mdpl. 

Suhu minimum tahunan rata-rata mencapai 15.1 ⁰C.  Ini menjadikannya sebagai tempat yang terdingin di Indonesia di mana pengamatan cuaca dan iklim dilakukan.

Tipe iklim Pania sendiri berciri Cwb atau  iklim subtropis dataran tinggi, di mana biasanya suhu berkisar 0 - 22 ⁰C.



2. Ruteng Manggarai - Nusa  Tenggara Timur

Ruteng merupakan ibukota Kabupaten Manggarai NTT yang terletak pada ketinggian sekitar 1070 mdpl. Tipe iklimnya juga berciri Cwb atau  iklim subtropis dataran tinggi.

Berdasarkan catatan dari stasiun BMKG pada Bandara Frans Sales Lega Ruteng, suhu minimum tahunan rata-rata mencapai 15.3 ⁰C. Pada bulan-bulan tertentu saat intrusi musim dingin dari Australia, suhu minimumnya dapat mencapai 12 ⁰C.




3. Wamena - Papua Pegunungan

Wamena berada di Pegunungan Jayawijaya dengan elevas berkisar 1600an mdpl. Dengan elevasi setinggi ini tak heran tipe iklimnya berciri Cwb atau iklim subtropis dataran tinggi.

Suhu minimum tahunan rata-rata mencapai 15.5 ⁰C yg merupakan hasil pengamatan stasiun BMKG pada Bandara Wamena Jayawijaya.




4. Pasuruan - Jawa Timur

Pasuruan terletak di sisi utara Gunung Arjuna. Stasiun BMKG yang melakukan pengamatan cuaca dan iklim di Pasuruan berada pada ketinggian 871 m di atas permukaan laut. 

Ciri iklim di sini termasuk tipe Am atau Monsun Tropis yang umumnya memiliki pola musim hujan dan kemarau yang cukup jelas. Faktor ketinggian membuat suhu udara minimum rata-rata tahunan yang tercatat mencapai 16.8 ⁰C.



5. Tana Toraja - Sulawesi Selatan

Tana Toraja merupakan kawasan dataran tinggi di Sulawesi Selatan. Tipe iklimnya berciri Cwb atau iklim subtropis dataran tinggi dan dikelilingi oleh kawasan hutan hujan tropis (Af).

Suhu minimum rata-rata tahunan tercatat 17.7 ⁰C yang merupakan hasil pengamatan dari stasiun BMKG pada Bandara Pongtiku yang berada pada ketinggian 870 mdpl.



6. Parapat - Sumatera Utara

Parapat merupakan dataran tinggi yang berada di sisi timur Danau Toba. Stasiun BMKG yang pernah beroperasi di sana berada pada ketinggian 1081 mdpl yang menghasilkan data suhu minimum rata-rata tahunan di sana sekitar 18.4 ⁰C.

Ciri iklimnya dominan hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun dan ekosistem hutan hujan.



7. Kerinci - Jambi

Stasiun BMKG di Bandara Depati Parbo Kerinci berada pada ketinggian 782 mdpl. Suhu minimum tahunan rata-rata yang dilaporkan sekitar 18.5 ⁰C.

Ciri iklim sebagaimana wilayah Sumatera, didominasi corak hutan hujan tropis (Af) dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun.



8. Cisarua, Bogor - Jawa Barat

Cisarua Bogor sudah lama dikenal sebagai kawasan yang dingin sehingga menjadi tempat wisata. Di  sini terdapat pula perkebunan teh yang memang butuh iklim yang dingin. Secara umum tipe iklimnya adalah hutan hujan tropis (Af).

Stasiun BMKG di Citeko, Cisarua dengan ketinggian 966 mdpl, melaporkan suhu minimum rata-rata tahunan sebesar 18.5 ⁰C.




9. Long Bawan, Nunukan - Kalimantan Utara

Stasiun BMKG pada Bandara Yuvai Semaring Long Bawan dengan elevasi 947 mdpl melaporkan suhu minimum rata-rata  tahun sebesar 18.9 ⁰C. Ini menjadikan Long Bawan yang berbatasan dengan Malaysia menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia.

Secara umum tipe iklimnya bercorak hutan hujan tropis (Af) sebagaimana wilayah di kalimantan lainnya.


10. Bukittingi - Sumatera Barat

Bukittinggi merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal. Iklimnya yang dingin dengan corak hutan hujan tropis (Af)  di sekelilingnya serta banyaknya bangunan terkenal membuat wisatawan banyak berkunjung ke sini.

Stasiun BMKG di Kototabang (846 mdpl) yang berjarak 17 km dari Bukittinggi mencatatkan suhu minimum rata-rata tahunan sebesar 19.0 ⁰C.


Itulah 10 kota terdingin di Indonesia beserta ciri iklimnya.



Pengolahan Data

Kota dengan suhu terpanas diolah berdasarkan data suhu maksimum rata-rata bulanan selama 10 tahun. Suhu maksimum adalah suhu udara tertinggi dalam satu hari yang  biasanya tercapai pada sekitar pukul 14 hingga 15 siang waktu setempat.

Adapun kota dengan suhu terdingin diolah berdasarkan data suhu minimum rata-rata bulanan selama 10 tahun. Suhu  minimum adalah suhu udara terendah dalam satu hari yang  biasanya tercapai pada sekitar pukul 5 hingga 6 pagi waktu setempat.

Periode data adalah 10 tahun yang itu 2011-2020, yang merupakan dataset BMKG dari pengamatan cuaca dan iklim pada 180an lokasi di seluruh Indonesia. Dari 180an titik tersebut, data yang digunakan adalah  yang berasal dari lokasi dengan data pengamatan lengkap. 

Pada satu kota atau tempat yang memiliki lebih dari satu pengamatan cuaca dan iklim, maka hanya digunakan 1 data saja berdasarkan yang terlengkap.

Dapat saja terdapat kota atau tempat lain yang memiliki suhu terpanas atau terdingin dari data di atas, namun karena tidak terdapat pengamatan cuaca dan iklim sehingga tidak tercatat dalam dataset BMKG.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

5 Comments

  1. Pantesan di Pondok Cabe sekarang jadi panas ngelekeb banget dah. Mana nggak pasang AC pula, 😀😀

    ReplyDelete
  2. suhu dibawah 20*C adalah suhu "nyaman" untuk saya.......
    informatif....

    ReplyDelete
  3. Pantas akhir akhir ini panas banget cuacanya. Jemuran sih cepet kering, tapi ac dalem rumah jadi panjer 24 jem 😂

    ReplyDelete
  4. Batam panas sekali akhir akhir ini, memang lingkungan dan iklim global akhir akhir ini cukup mengkhawatirkan

    ReplyDelete
  5. Oh berarti Dieng dan Takengon ga masuk pengamatan kali ya mas. Krn buatku 2 kota itu berasa banget dinginnya sih. Makanya selalu jadi fav ku untuk liburan 😄. Soalnya aku ga kuat panas

    Tapi bersyukur Indonesia sepanas2nya, tapi ga sampe kayak India atau negara timur tengah yg bisa mencapai 50.

    Aku mikirin 33 dercel aja udh sakit kepala, apalagi ngerasain 50, pingsan kali 🤣🤣🤣

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.