Cara membuat bot telegram untuk publikasi informasi cuaca dan iklim - bagian pertama

Climate4life.info - Halo sobat pemerhati cuaca dan iklim.... yuk lanjut belajar cuaca dan iklim bersama saya yang juga sedang belajar. Kali ini kita akan membahas cara membuat bot telegram yang dapat kita gunakan sebagai sarana publikasi informasi cuaca dan iklim. Artikel ini merupakan bagian pertama tentang tutorial membuat bot telegram guna publikasi informasi cuaca dan iklim. Pada bagian kedua akan berisi tutorial pembuatan menu dan sub menu serta autoposting bot telegram.

Kita tahu ada berbagai media untuk publikasi informasi cuaca dan iklim seperti buku, buletin ataupun poster dan lain-lain. Selain publikasi informasi cuaca dan iklim dengan media cetak tersebut, kita juga dapat melakukan penyebaran informasi cuaca dan iklim dengan memanfaatkan teknologi informatika seperti website, aplikasi android dan juga media sosial. Salah satu media sosial yang dapat kita gunakan untuk penyebaran informasi cuaca dan iklim adalah bot telegram.

Informasi cuaca dan iklim yang dapat kita tampilkan pada bot telegram dapat berupa teks, gambar ataupun link menuju sumber informasi cuaca dan iklim tertentu, seperti :

Apa itu bot telegram

Sebelum membahas bot telegram, kita mulai dengan telegram itu sendiri. Telegram adalah aplikasi perpesanan/chatting yang bisa diinstal pada ponsel pintar kita dan juga pada PC/dekstop sama seperti whatsapp yang lebih dulu populer. Kelebihan telegram adalah pengguna/user bisa melakukan secret chatting dan juga end to end chatting yang merupakan keamanan tambahan. Telegram sendiri gratis dan nirlaba.

bot telegram untuk cuaca dan iklim
Contoh tampilan bot telegram untuk cuaca dan iklim

Lalu kenapa harus ada "bot" ? Bot adalah singkatan dari robot di mana robot dibuat memang untuk membantu manusia. Telegram adalah aplikasi yang mendukung fungsi bot, dengan bot telegram maka kita bisa meningkatkan fungsi telegram dari sekedar untuk chatting menjadi aplikasi bermanfaat lainnya. Dengan bot telegram kita bisa memaksimalkan publikasi informasi cuaca dan iklim kepada masyarakat. Karena bot telegram selain bebas biaya juga mudah cara pembuatannya, maka publikasi cuaca dan iklim dengan bot telegram juga lebih efisien karena tidak memerlukan biaya tambahan.


Cara membuat bot telegram untuk publikasi informasi cuaca dan iklim

Membuat bot telegram sebagai sarana informasi cuaca dan iklim cukup mudah. Tidak memerlukan kemampuan untuk membuat script pemrograman secara khusus. Berikut tutorial untuk membuat bot telegram untuk diseminasi informasi cuaca dan iklim.

Langkah awal membuat bot telegram adalah dengan membuat bot dan usernamenya,  caranya sebagai berikut :
  • Buka aplikasi telegram kita,
  • Pada kotak search,  cari dan add @botfather, tampilannya seperti ini
Tampilan @botfather - pembuatan bot telegram
Tampilan @botfather - pembuatan bot telegram

Sesudah kita add, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan memulai pembuatan bot telegram
Tampilan memulai pembuatan bot telegram


Langkah selanjutnya pembuatan bot telegram untuk informasi cuaca dan iklim, cukup dengan klik start, maka akan muncul daftar perintah. Klik saja /newbot.

Tampilan memulai pembuatan bot telegram
Tampilan daftar menu BotFather

Selanjutnya muncul perintah untuk memberi nama bot telegram kita. Ketik nama bot telegram yang kita inginkan, kemudian klik Enter/Ok. 

Perintah memberi nama bot telegram
Perintah memberi nama bot telegram

Pada contoh di atas sebagai latihan, bot telegram kita beri nama dengan infoMKG_latihan. Setelah Ok, akan muncul perintah untuk membuat username bot telegram kita, yang harus menggunakan kata “bot”. Kita beri nama saja infoMKG_latihan_bot. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Tampilan pesan bahwa username bot telegram berhasil
Tampilan pesan bahwa username bot telegram berhasil

Pada gambar di atas, pesan bagian pertama menampilkan pesan bahwa username bot telegram sudah berhasil dibuat. Pesan bagian kedua menampilkan kode token API. Copy kode angka dengan tulisan berwarna merah yang merupakan kode token API kita.  Kode ini akan kita gunakan pada langkah berikut pembuatan bot telegram.


Sampai di sini ini bot telegram kita dengan nama infoMKG_latihan sudah selesai. Berikutnya kita harus membuat menu-menu yang akan kita gunakan untuk menampilkan informasi cuaca dan iklim yang kita miliki. Kita membutuhkan aplikasi @Manybot. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Kembali ke tampilan utama aplikasi telegram kita, cari dan add @manybot,
  • klik /start, akan muncul pesan seperti ini.
Tampilan @manybot tutorial bot telegram
Tampilan @manybot telegram

  • Klik Create a New Bot akan muncul pesan seperti di bawah ini, 
tutorial bot telegram cuaca dan iklim
Tampilan Create a New Bot pembuatan bot telegram

  • Klik I’ve copied the API token dan masukan kode yang kita telah kita copy dari botfather pada langkah sebelumnya. Hasilnya akan seperti ini.
tutorial bot telegram cuaca dan iklim
Tampilan pesan token API pembuatan bot telegram diterima

  • Sampai di sini bot telegram untuk diseminasi informasi cuaca dan iklim kita telah selesai dibuat. Pesan kedua pada gambar di atas juga berisi perintah untuk memasukkan deskripsi dari bot telegram kita yang bisa kita langsung isi atau di skip jika kita ingin membuatnya belakangan. Jika ingin langsung membuatnya, di sini kita bisa membuat deskripsi seperti  :
    • Bot telegram informasi cuaca dan iklim, atau
    • Akses cepat informasi cuaca dan iklim melalui bot telegram, atau
    • Publikasi informasi cuaca dan iklim terkini.
    • Atau apa sajalah sesuai selera kita
  • Sebagai contoh untuk latihan dalam pembuatan bot telegram ini, coba tuliskan deskripsi, kemudian enter. Maka akan muncul tampil pesan seperti ini.
Membuat deskripsi bot telegram
Tampilan membuat deskripsi bot telegram

Mencoba bot telegram

Mari kita coba membuka bot telegram yang sudah kita buat pada tutorial di atas.  Caranya dengan kembali ke tampilan utama aplikasi telegram kita lalu pada kolom search ketik @infoMKG_latihan, kemudian klik /start.  Akan tampil bot telegram kita disertai dengan deskripsi yang telah kita buat  sebelumnya seperti berikut ini.

Tampilan bot telegram dengan deskripsi yang dibuat
Tampilan bot telegram dengan deskripsi yang dibuat

Sampai di sini, pembuatan bot telegram untuk digunaka sebagai media penyebaran informasi cuaca dan iklim sudah selesai. Bot telegram ini belum berisi informasi apapun kecuali deskripsi bot telegram itu sendiri. Informasi tentang cuaca dan iklim akan kita letakkan pada menu dan sub menu selanjutnya. Adapun tutorial membuat menu dan sub menu serta autoposting bot telegram, akan diteruskan pada bagian kedua artikel cara membuat bot telegram untuk publikasi informasi cuaca dan iklim.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Cara membuat bot telegram untuk publikasi informasi cuaca dan iklim - bagian pertama "

  1. Wah kok bisa pas banget ya. Saya baru aja download telegram di hp hihihi. Trnyta telegram bisa ada fungsi lainnya slain chat ya. Bis bit bot cuaca. Baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. salah satu kelebihan telegram dibanding wa

      Hapus

Terima kasih