Isu Fenomena Equinox Bikin Suhu Jadi 40 Derajat Celcius di Indonesia... Begini Faktanya


Climate4life.info - Halo sobat ... Menghadapi akhir pekan, beredar Sebuah pesan siaran tersebar yang menyebutkan bahwa akan ada fenomena Equinox yang melanda Singapura, Malaysia, dan Indonesia selama 5 hari ke depan.

Fenomena ini disebut akan meningkatkan suhu yang cukup signifikan sampai dengan 40 derajat celcius.



Isu Fenomena Hoax Equinox

Isi lengkap isu  Fenomena Hoax Equinox tersebut seperti ini...
Dear all, karena fenomena Equinox yang akan mempengaruhi Malaysia, Singapura dan Indonesia di 5 hr ke dpn. Pls tinggal di dalam rumah terutama dari jam 12:00-15:00 setiap hari. Suhu akan berfluktuasi sampai 40 derajat Celcius. Hal ini dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi dan matahari stroke. (Ps:. Fenomena ini adalah karena matahari diposisikan tepat di atas garis khatulistiwa di tgl 20 Maret.
Harap menjaga diri agar tdk dehidrasi. Setiap orang harus mengkonsumsi sekitar 3 liter cairan setiap hari. Memonitor tekanan darah. Kemungkinan mendapatkan serangan panas.
Mandi air dingin sesering mungkin. Mengurangi mkn daging, perbanyak mkn buah & sayuran.
Tempatkan lilin tidak terpakai di luar rumah. Jika lilin bisa meleleh, berarti udara dalam tingkat yang berbahaya.
Selalu menempatkan ember dgn air setengah penuh di ruang tamu & di setiap kamar untuk menjaga suhu tetap lembab.
Pengalaman pertama di Malaysia dan Singapore. Heat stroke yang tidak memiliki gejala indikasi. Setelah pingsan, yang serius berbahaya seperti kegagalan organ dalam.
Hari menjadi lebih hangat mungkin lebih dari 2 minggu ke depan. Bisa sampai 9 derajat lebih tinggi dari biasanya !

 


Penjelasan BMKG 

 Sobat, agar tidak termakan isu tidak benar, baiknya membaca informasi resmi dari BMKG berikut:

Gambar 1. Bantahan BMKG terhadap isu fenomena Equinox


Jadi sesungguhnya fenomena equinox adalah hal yang biasa karena merupakan hal yang terjadi setiap tahun dimana gerak semu matahari bolak-balik ke utara dan selatan.

Memang saat matahari tepat di ekuator maka penyinaran matahari akan maksimum, namun jika melonjak hingga 9 derajat Celcius sangat tidak berdasar.

Sebagai referensi tambahan, sobat bisa membaca  ini:



Normal Distribusi Suhu Di Indonesia Saat Equinox

Gambar di bawah ini menunjukkan normal distribusi suhu udara pada saat matahari melintas di ekuator.

Gambar 2. Normal Suhu Udara saat Equinox pertama (diolah dari Datasets JMA)
 
Gambar 3. Normal Suhu Udara saat Equinox kedua (diolah dari Datasets JMA)


Secara umum saat equinox suhu udara harian hanya berkisar 23-28 derajat celcius.



Prediksi Suhu Udara pada 22 Maret 2016

Mari kita liat prediksi suhu udara menggunakan Itacs Ver.5 untuk tanggal 22 Maret 2016 nanti.

Gambar 4. Prediksi Anomali Suhu Udara pada tanggal 22 Maret 2016 (diolah dari Datasets JMA)

Jika kita perhatikan pada Gambar 4, memang suhu udara diprediksi akan lebih hangat, tapi hanya berkisar 0,3 - 1,5 derajat celcius.


Salam,
BeDe

Dukung Kami
Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, maukah mentraktir saya secangkir kopi?

Post a Comment

9 Comments

  1. suka kagum campur pengen ngejitak sama yang doyan bikin berita hoax, kok pada niat banget gitu ya kayak begitu? bikin orang cemas aja. Saya sih engga termasuk korban BC-an, :p tapi orang di sekitar rumah itu loh...pada pecaya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah kepuasan apa yang mereka dapat dengan menyebarkan hoax. ayo dijitak mba :)

      Delete
  2. aku mah suka sebel sama yg suka memberiyakan hoax gini, bikin orang panik saja. pinginnya orang yang bikin hoaxini kena batunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana yah cara melacak orang2 yang bikin hoax ini?

      Delete
  3. kalo jaman dulu yang bisa buat berita itu kan para wartawan, kalo jaman sekarang semuanya bisa, modal foto editan atau kalimat yang dibuat2 juga udh jadi berita hoax, mesti pinter-pinter memilih dan memilah nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, harus difilter.
      btw
      saya mas-mas lo :)

      Delete
  4. hooo, begitu ya penjelasannya mas. jadi nggak terlalu khawatir untuk besok

    ReplyDelete
  5. 40 derajat celsius
    Pasti panasnya serius
    Dan jadi kasus
    Bumi hampir tandus...

    ReplyDelete
  6. Saya juga dapet BC seperti di atas, tapi ya biasa aja sih.
    Mandi air dingin sesering mungkin? Saya sih males mandi, hihi...
    Kurangi makan daging? Saya emang jarang makan daging :D kalau buah dan sayur sih oke.
    Naruh air di ember di tiap ruangan? Maless... Hehehe..

    Makasih penjelasannya ya, Bang :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.