Penerimaan Taruna Baru STMKG 2021 - Syarat dan Tata Cara Pendaftaran

Syarat pendaftaran taruna baru STMKG
Climate4life.info - Penerimaan Taruna Baru STMKG 2021, Sekolah Kedinasan Calon Ahli Cuaca dan Iklim serta Ahli Gempa Indonesia


Tentang STMKG

STMKG adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi. dan Geofisika (BMKG).

Dalam perkuliahan, STMKG menganut sistem semimiliter. Mahasiswa yang berkuliah pada STMKG disebut sebagai taruna untuk laki-laki dan taruni untuk perempuan.


Sebelum kita membahas Penerimaan STMKG 2021, berikut sekilas tentang Sekolah Kedinasan STMKG.  

Pada awalnya bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) yang berdiri pada tahun 1955. Saat awal berdiri kampus AMG masih menjadi bagian Institut Teknologi Bandung. 

Setelah berbagai proses panjang, sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Sekolah Kedinasan AMG berubah status menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dan berada di bawah BMKG.


Penerimaan STMKG 2021 - Syarat dan Tata Cara Pendaftaran


Waktu Pendaftaran STMKG

Penerimaan STMKG 2021 akan dibuka pada 9 - 30 April 2021. Informasi pendaftaran lengkap STMKG 2021dapat cek pada pada alamat: ptb.stmkg.ac.id yang baru akan aktif sesuai tanggal penerimaan.


Program Studi STMKG 2021

Dalam Penerimaan STMKG 2021, sekolah kedinasan STMKG membuka empat program studi sebagai berikut:

Diploma IV Meteorologi

Ahli Cuaca Prodi D-IV Meteorologi ditujukan untuk mencetak lulusan yang dapat melakukan pengamatan unsur-unsur meteorologi.

Mereka juga akan memiliki kompetensi untuk melakukan pengolahan dan analisa meteorologi, mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang meteorologi.


Diploma IV Klimatologi

Ahli Iklim Prodi D-IV Klimatologi ditujukan untuk mencetak lulusan yang dapat melakukan pengamatan unsur-unsur klimatologi.

Taruna prodi klimatologi akan memiliki kompetensi untuk melakukan pengolahan dan analisa klimatologi, mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang klimatologi.


Diploma IV Geofisika

Ahli Gempa Prodi D-IV Geofisika ditujukan untuk mencetak lulusan yang dapat melakukan pengamatan unsur-unsur geofisika dan memiliki kompetensi untuk melakukan pengolahan dan analisa geofisika.

Mereka diharapkan mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang geofisika.


Dipoma IV Instrumentasi

Ahli teknik dan rekayasa instrumen MKG Prodi D-IV Instrumentasi-MKG ditujukan untuk mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang Instrumentasi-MKG.

Mereka harus mampu menunjang pelayanan jasa dibidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. 

Selain itu, lulusannya mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dibidang instrumentasi yang dimilikinya. 



Alokasi Taruna STMKG 2021

Pada penerimaan taruna 2021 ini, STMKG akan menerima sekitar 265 orang.  Rincian taruna yang akan diterima dalam penerimaan STMKG 2021   yaitu: 
  • Jurusan meteorologi : 73 taruna dan 31 taruni;
  • Jurusan klimatologi : 22 taruna dan 10 taruni;
  • Jurusan geofisika : 26 taruna dan 10 taruni;
  • Instrumentasi : 84 taruna dan 9 taruni


Tata Cara Pendaftaran STMKG 2021

Untuk dapat mengikuti penerimaan STMKG 2021, calon peserta dapat mendaftar online portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan dengan alamat: https://dikdin.bkn.go.id/ (akan aktif pada saat periode pendaftaran).

Periode pendaftaran STMKG 2021 adalah 9 - 30 April 2021. Pendaftar harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan akademik yang telah ditetapkan. 

Tata cara pengisian formulir dapat dipantau pada web  dan medsos sekolah kedinasan STMKG atau pada link ptb.stmkg.ac.id (akan aktif pada tanggal pendaftaran).


Syarat Umum Pendaftaran STMKG 2021

Untuk dapat mendaftar pada STMKG, para calon pendaftar harus memenuhi syarat umum yaitu:
  1. Pria/wanita yang merupakan warga negara Indonesia.
  2. Sehat secara jasmani dan rohani. Bagi yang berkacamata, lensa speris maksimal minus (-) 4 dan lensa silindris maksimal minus (-) 2. 
  3. Umur saat mendaftar tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2021. 
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjadi Taruna STMKG
  5. Calon pendaftar juga harus bebas narkoba.
  6. Tinggi badan calon taruna STMKG, Pria : minimal 160 cm dan Wanita : minimal 155 cm dengan berat badan seimbang.
  7. Pendaftar yang lolos dalam penerimaan STMKG 2021, setelah selesai menamatkan pendidikan sebagai taruna sekolah kedinasan STMKG wajib bekerja pada BMKG.


Syarat Akademis Penerimaan STMKG 2021

Untuk dapat menjadi taruna STMKG dalam pendaftaran STMKG 2021, pendaftar harus memenuhi syarat akademis sebagai berikut:
  • Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) semua jurusan atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputerdan Jaringan.
  • Untuk yang berasal dari SMK hanya dapat mendaftar untuk jurusan lnstrumentasi-Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG).


Biaya pendaftaran STMKG

Biaya pendaftaran STMKG 2021 adalah sebesar Rp75.000,- dan biaya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp50.000,-. 

Biaya pendaftaran yang sudah disetorkan ketika ikut dalam penerimaan taruna baru STMKG 2021 tidak dapat ditarik kembali dalam hal apapun.

Selengkapnya tentang tata cara pembayaran untuk pendaftaran STMKG 2021 dapat diikuti pada portal https://ptb.stmkg.ac.id alert-info




Jenis Seleksi Penerimaan STMKG

Seleksi pendaftaran STMKG 2021 terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur yaitu:
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa lnggris;
  3. Tes Kebugaran, Tes Kesehatan dan Wawancara (Online).


Surat Resmi Pendaftaran STMKG 

Surat resmi tentang penerimaan taruna baru STMKG dapat dibaca pada dokumen pendaftaran STMKG 2021 di bawah ini.


Demikian pengumuman mengenai Penerimaan STMKG 2021 - Sekolah Kedinasan Calon Ahli Cuaca dan Iklim Serta Ahli Gempa Indonesia.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

6 Comments

  1. Wah, jadi ingat dulu pernah ikut testing. Izin share ya (^^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bang Ridsal.. wah tahun berapa tuh ikut testnya

      Delete
    2. Uda lama bang, seingat saya saat sma..

      Delete
  2. Saya baru tahu kalau kuliah di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika menganut sistem pendidikan semi militer. Mungkin kaitannya dengan kondisi alam yang terkadang rumit dan sulit diprediksi. Lulusannya harus tanggap, disiplin, dan siap menghadapi persoalan alam ini. Lebih banyak kerja lapangan juga, siap bekerja 24 jam, memprediksi kondisi alam di daerah terpencil misalnya. Ok lah sukses selalu pak dosen, sukses juga dengan blognya, dan juga kampus STMKG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gitu. Biar siap mental ditempatkan di pedalaman dan pelosok. Juga biar fisiknya kuat, gak gampang sakit. Kan sayang udah sekolah gratis trus harus gagal karena kesehatan

      Delete
  3. hari ni hari terakhir untuk bertindak!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.