Tahu gak? Meteorologis adalah Profesi Paling Bikin Nyaman Orang



Climate4life.info - Bosan berteman dengan orang-orang yang malah membuat kamu galau? Bertemanlah dengan ahli meteorologi.

Sebuah studi menyatakan demikian lo, meteorologis atau ahli cuaca ini adalah profesi yang bikin kamu nyaman.

Baca juga:

Setidaknya demikian analisis dalam jurnal New Ideas in Psychology tahun 2016Profesor psikologi Knox College Frank McAndrew dan Sara Koehnke meneliti beberapa situasi yang mungkin menyebabkan seseorang merinding, dan mencacah 1.341 orang untuk melihat seberapa baik kinerja masing-masing profesi [1].

Hasilnya, dari 21 profesi yang mereka tanyakan pada responden,  badut, taxidermist dan pemilik toko sex adalah profesi teratas yang paling bikin merinding.

Meteorologis merupakan profesi yang paling tidak bikin merinding.

Profesi meteorologis masih lebih membuat nyaman orang dibanding profesi guru dan petani yang berada kedua dan ketiga sebagai pekerjaan yang paling tidak bikin merinding.

Hasil survei tersebut seperti pada gambar di bawah ini.

Urutan profesi yang paling bikin merinding hingga yang paling tidak bikin merinding [1]


Siapa itu meteorologis?

Mereka adalah ahli meteorologi, sebuah disiplin ilmu yang memelajari tentang cuaca, iklim dan faktor penyebab perubahan lingkungan.

Dalam pengertian umum menurut WMO, meteorologis sudah mencakup klimatologis itu sendiri dan profesi lainnya seperti peneliti di bidang sains atmosfer, dosen tentang meteorologi atau klimatologi, penyiar berita tentang cuaca dan iklim. 

Para meteorologis menggunakan matematika dan  fisika untuk memahami atmosfer, yang terdiri dari lapisan gas dan kelembaban mengelilingi bumi [2].

Artikel terkait:


Meski berkutat dengan disiplin ilmu yang terlihat kaku dan serius, meteorologis di mata para responden tersebut tidak menyeramkan.

Para responden mendefinisikan profesi yang membuat merinding jika orangnya memiliki rambut berminyak, terlihat sangat kurus dan selalu menatap orang di hadapannya [3].

Sebanyak 95% responden menyebutkan bahwa laki-laki lebih menyeramkan secara gender. Responden perempuan juga menyebutkan bahwa ancaman seksual yang paling ditakutkan dari hal menyeramkan tersebut.

Responden yang semuanya orang Amerika tersebut  mendefinsikan perasaan merinding mereka adalah respons yang berkembang terhadap ambiguitas terhadap kemungkinan ancaman, yang membantu untuk tetap waspada.

Perasaan merinding tersebut paling kecil mereka rasakan terhadap profesi meteorologis yang umumnya tampil percaya diri dan tidak memiliki senyum yang aneh [4].

Baca juga:
Para Perempuan tangguh yang berkarir pada bidang cuaca dan iklim di Indonesia


Padahal para meteorologis adalah orang-orang berlatar belakang matematika dan fisika yang bekerja secara tim di bawah tekanan yang menuntut kemampuan multi-tasking.

Menjadi seorang meteorologis atau berkarir sebagai ahli cuaca dan iklim memiliki tantangan dan tanggung jawab yang besar,  antara lain:

  • Harus siap bekerja malam dan  atau pada akhir pekan.
  • Harus siap menghadapi tekanan untuk memenuhi tenggat waktu selama masa darurat cuaca; 
  • Harus memiliki kemampuan untuk menganalisis data secara akurat dan cepat, dan untuk mengambil keputusan operasional yang baik sangat penting. 
  • Harus memiliki ketrampilan komunikasi tertulis dan lisan yang sangat baik untuk mengkomunikasikan informasi spesialis kepada non-spesialis.


Demikian ulasan tentang profesi sebagai meteorologis yang paling bikin orang nyaman berdasarkan hasil studi. Seperti disebutkan weather.com, mungkin hasil ini akan didebat sebagian orang, namun meterologis tidak punya apa-apa selain hal baik untuk disampaikan kepada masyarakat.

Sumber kutipan:

  1. https://weather.com/news/news/meteorologists-least-creepy-profession
  2. https://www.weather.gov/media/bro/outreach/pdf/CareerOpportunitiesMeteorology.pdf
  3. https://www.washingtonpost.com/news/animalia/wp/2016/04/13/sorry-birdwatchers-people-think-youre-creepy-according-to-this-study/
  4. https://www.statesman.com/news/20160914/meteorologists-the-least-creepy-people-out-there
  5. Foto feature: @efa

Related Posts

Post a Comment

13 Comments

  1. efek film, profesi badut bisa lebih menakutkan dari taksidermis

    ReplyDelete
  2. Mereka itu sudah seperti avatar ....
    legend of eng ... ing ... eng .... #becanda

    Seorang meteorologi itu paham membaca situasi dari tanda² mungkin itu yang membuatnya berbeda dengan profesi lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... bisa aja pak. Mereka hanya pengendali angin dan air aja sih wkwk

      Delete
  3. Wahhh sekolah dinas nya apakah sudah buka belum yaa, sampai tanggal berapa.. Pengen banget masuk dan ajak saudara di kampung

    ReplyDelete
  4. Aku tertarik dengan orang-orang yang memiliki keahlian cuaca dan iklim, mereka itu kalau menurutku mampu menguasai istilah-istilah keren, sama halnya dengan dokter.
    Wah, kerenlah... Hanya saja, aku hampir tidak pernah bertemu dengan orang-orang yang bekerja di bidang meteorologis. Kenapa ya Kak? Apakah memang sedikti sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya cukup dikit si mba, karena area kerjanya tertentu saja

      Delete
  5. pas serius gini kok aku masih sulit percaya, ya? meteorologis satu-satunya bisa kubayangkan ya cuma bang day. tapi, kalau cuma satu kan ya enggak valid dataku hihihi...

    ReplyDelete
  6. betul juga....tugas mereka bagi informasi yang berguna kepada orang yang membuat perjalanan ke luar

    ReplyDelete
  7. boleh percaya ke ni, mas? hahahaha... tapi yang satu ini sila percaya ya... ketika di sekolah saya bercita-cita mahu jadi meteorologist tau! sebab saya suka sangat dengan subject Geography. subjek ini saya cuma belajar 6 bulan sahaja. dan terus dapat gred A dalam exam besar ketika form 3. hahahaha....

    ReplyDelete
  8. Bikin nyaman soalnya tahu kapan ujan, jd ga sampe keujanan wkwkwkw,,, btw selamat atas jabatan barunya. :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.