Pembaruan Skala Angin Badai Saffir-Simpson Untuk Menilai Kekuatan Badai Tropis



Climate4life.info - Pembaruan Skala Angin Badai Saffir-Simpson Untuk Menilai Kekuatan Badai Tropis




Badai dan Skala Saffir-Simpson

Skala Angin Topan Saffir-Simpson adalah pengelompokan dari 1 hingga 5 berdasarkan intensitas badai pada saat tertentu.

Pengelompokan ini, yang awalnya dikembangkan oleh insinyur angin Herb Saffir dan meteorolog Bob Simpson, telah menjadi alat yang sangat berguna untuk memberi peringatan kepada masyarakat tentang potensi dampak dari berbagai intensitas badai. 

Skala Saffir-Simpson ini memberikan contoh kerusakan dan dampak yang mungkin terjadi di Amerika Serikat sehubungan dengan kecepatan angin tertentu.


Secara umum, kerusakan meningkat sekitar empat kali lipat setiap kali kategori badai meningkat. alert-error


Badai di sini adalah Siklon Tropis yaitu  badai berputar yang kuat yang dimulai di lautan tropis dan membawa angin kencang serta hujan lebat.

Panjang diameter sebuah Siklon Tropis dapat mencapai ratusan kilometer dengan kondisi cuaca yang terbentuk di dalam Siklon Tropis berupa angin kencang, hujan sangat deras dan disertai badai guntur.

Memuat...
alert-success

Taifun dan Hurricane adalah bentuk nama lain dari Siklon Tropis. Ketiganya merupakan badai yang yang sama baik dari proses terbentuknya hingga perilaku pergerakannya seperti adanya angin yang sangat kencang, hujan sangat deras dan adanya badai guruh.

Ahli meteorologi menggunakan skala Saffir Simpson untuk menentukan peringkat siklon tropis di timur laut Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik Utara. Ini termasuk Teluk Meksiko dan Laut Karibia.

Badai kategori tiga, empat, dan lima merupakan badai besar dan menyebabkan kerusakan paling besar di AS. Namun badai kategori satu dan dua masih dapat menimbulkan kerusakan besar.




Pembaruan Skala Angin Badai Saffir-Simpson

Mengutip laman NOAA¹, perbedaan antara skala lama, dikenal sebagai Skala Topan Saffir-Simpson, dan skala baru, dikenal sebagai Skala Angin Topan Saffir-Simpson, dapat ditemukan dalam beberapa aspek utama. 

Berikut adalah perbedaan Skala Saffir-Simpson tersebut.


Komponen yang Diukur

Skala Lama

Skala Topan Saffir-Simpson mencakup tiga komponen utama, yaitu kecepatan angin permukaan, tekanan pusat, dan pasang surut. Kecepatan angin diukur sebagai faktor kategorisasi utama, sementara tekanan pusat dan pasang surut juga dianggap sebagai komponen kategori.


Skala Baru

Skala Angin Topan Saffir-Simpson fokus pada kecepatan angin permukaan sebagai satu-satunya faktor penentu kategori. Tekanan pusat dan pasang surut dihilangkan dari kategorisasi, sehingga menyederhanakan skala.



Pertimbangan Ilmiah dan Kesederhanaan

Skala Lama

Skala Topan Saffir-Simpson, dengan beberapa komponen, dapat menjadi kompleks dan memerlukan informasi tambahan untuk menentukan kategori dengan presisi.


Skala Baru

Skala Angin Topan Saffir-Simpson dirancang untuk memberikan kategorisasi yang lebih sederhana dan mudah dipahami dengan memusatkan perhatian pada kecepatan angin puncak.



Tujuan Pembaruan

Skala Lama

Skala Topan Saffir-Simpson, dengan inklusi tekanan pusat dan pasang surut, mungkin menyebabkan kebingungan publik mengenai dampak sebenarnya yang dapat diharapkan dari berbagai kategori topan.


Skala Baru

Skala Angin Topan Saffir-Simpson diperbarui dengan tujuan mengurangi kebingungan dan menyediakan penilaian yang lebih langsung terhadap potensi kerusakan yang diakibatkan oleh kecepatan angin topan.

Dengan demikian, perubahan dari skala lama ke skala baru mencerminkan upaya untuk menyederhanakan penilaian risiko dan memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat terkait dampak yang dapat diantisipasi dari topan berdasarkan kecepatan angin puncak.




Skala Angin Topan Saffir-Simpson

Skala Saffir-Simpson ini memberikan contoh kerusakan dan dampak yang mungkin terjadi sehubungan dengan kecepatan angin selama waktu tertentu.

Ilustrasi tingkat kerusakan berdasarkan  Skala Angin Badai Saffir-Simpson
Gambar:  https://www.travellerselixir.com


Berikut rincian Skala Angin Badai Saffir-Simpson berdasarkan dampak kerusakan yang mungkin terjadi.



Kategori Satu Saffir-Simpson 

  1. Angin Bertahan 74-95 mph, 64-82 kt, atau 119-153 km/jam
  2. Angin sangat berbahaya akan menyebabkan beberapa kerusakan

Serpihan atau benda yang terbang dapat melukai atau bahkan membunuh manusia, hewan peliharaan, dan ternak. Rumah mobil tua mungkin rusak parah, terutama jika tidak diikat dengan baik. 

Begitu juga dengan rumah mobil yang lebih baru, meskipun yang terikat dengan kuat juga bisa mengalami kerusakan. Beberapa rumah bingkai yang kurang kokoh dapat mengalami kerusakan serius, termasuk kehilangan atap dan struktur lainnya. 

Jendela yang tidak dilindungi bisa pecah jika terkena serpihan terbang. Pintu pagar kolam renang dan terpal yang disaring mungkin mengalami kegagalan. Beberapa bagian bangunan industri dan pusat perbelanjaan bisa mengalami kerusakan, dan pohon besar bisa patah atau tumbang. 

Pemadaman listrik bisa terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu.



Kategori Dua Saffir-Simpson

  1. Angin Bertahan 96-110 mph, 83-95 kt, atau 154-177 km/jam
  2. Kategori dua memiliki angin yang sangat kuat dan berpotensi menyebabkan kerusakan luas. 

Ada risiko cedera atau kematian akibat serpihan terbang dan jatuh, terutama bagi manusia, hewan peliharaan, dan ternak. Rumah mobil tua mungkin hancur, begitu juga dengan sebagian besar rumah mobil yang lebih baru. 

Rumah dengan rangka yang lemah bisa kehilangan atap dan struktur lainnya. Jendela yang tidak dilindungi mungkin pecah, dan pagar kolam renang dapat gagal. Bangunan apartemen dan industri bisa mengalami kerusakan substansial, dan pohon besar bisa tumbang, memblokir jalan. 

Pemadaman listrik bisa berlangsung dari beberapa hari hingga berminggu-minggu, dan pasokan air bersih dapat menjadi langka.



Kategori Tiga Saffir-Simpson

  1. Angin Bertahan 111-129 mph, 96-112 kt, atau 178-208 km/jam
  2. Kategori tiga memiliki angin yang bisa menyebabkan kerusakan menghancurkan. 

Risiko tinggi terhadap cedera atau kematian karena serpihan terbang dan jatuh. Hampir semua rumah mobil tua akan hancur, begitu juga dengan sebagian besar rumah mobil yang lebih baru. 

Rumah bisa mengalami kerusakan serius, termasuk kehilangan atap dan dinding. Jendela yang tidak dilindungi mungkin pecah, dan pagar kolam renang bisa gagal. 

Bangunan apartemen dan industri bisa mengalami kerusakan ekstensif, bahkan roboh. Pohon besar bisa patah atau tumbang, dan pemadaman listrik bisa berlangsung selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan.



Kategori Empat Saffir-Simpson

  1. Angin Bertahan 130-156 mph, 113-136 kt, atau 209-251 km/jam
  2. Kategori empat memiliki potensi kerusakan bencana. 

Risiko sangat tinggi terhadap cedera atau kematian akibat serpihan terbang atau jatuh. Hampir semua rumah mobil dan sebagian besar rumah bingkai akan hancur. Rumah yang lemah bisa kehilangan seluruh struktur. 

Kerusakan ekstensif pada bangunan kayu dan logam bisa terjadi, dan bangunan masonry tanpa penguatan dapat roboh. Pohon dan tiang listrik akan roboh, mengakibatkan isolasi daerah pemukiman. 

Pemadaman listrik bisa berlangsung selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan, dan pasokan air bersih akan menjadi masalah serius.



Kategori Lima Saffir-Simpson

  1. Angin Bertahan 156 mph atau lebih tinggi, 136 kt atau lebih tinggi, atau 251 km/jam atau lebih tinggi
  2. Kategori lima adalah tingkat tertinggi dan dapat menyebabkan kerusakan bencana. 

Risiko sangat tinggi terhadap cedera atau kematian, bahkan bagi mereka yang berada di dalam rumah mobil atau rumah bingkai. 

Hampir semua rumah mobil dan rumah bingkai bisa hancur total. Kerusakan sangat parah pada struktur kayu dan logam, dan bahkan bangunan masonry bisa roboh. Pohon dan tiang listrik akan roboh, menyebabkan isolasi daerah pemukiman. 

Pemadaman listrik dan kekurangan air bersih bisa berlangsung selama berbulan-bulan, dan wilayah terdampak mungkin tidak dapat dihuni untuk waktu yang lama setelah badai berlalu.




Referensi:
    1. https://www.nhc.noaa.gov/pdf/sshws.pdf
    2. https://www.weather.gov/mfl/saffirsimpson
    3. https://education.nationalgeographic.org/resource/saffir-simpson-hurricane-wind-scale/

    Dukung Kami
    Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
    Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

    Post a Comment

    0 Comments