4 Jurnal Nasional Untuk Publikasi Karya Ilmiah Tentang Meteorologi, Klimatologi dan Sains Atmosfer

Climate4life.info - Jurnal Nasional Untuk Publikasi Karya Ilmiah Tentang Meteorologi, Klimatologi dan Sains Atmosfer.




Tujuan Menulis Jurnal Ilmiah

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan wawasan bagi mereka yang berkarir sebagai ahli cuaca dan iklim.

Jurnal terakreditasi untuk tulisan bertema cuaca dan iklim

Selain untuk menambah wawasan, menulis kajian tentang meteorologi, klimatologi ataupun yang berkaitan dengan sains atmosfer dan juga kelautan dan menjadi tambahan poin angka kredit.

Hal ini tentunya akan baik dari segi karir kita karena semakun banyak angka kredit pekerjan maka akan semakin cepat untuk naik pangkat.


Dengan adanya kajian kita berupa karya ilmiah maka kajian tentang cuaca dan iklim tersebut akan menjadi rujukan ilmiah.

Pada akhirnya tulisan kita akan diakui memiliki bobot yang berbeda dibanding publikasi naskah dalam bentuk tulisan ilmiah populer biasa.

Menulis sebuah karya ilmiah meteorologi, klimatologi dan sains atmosfer lainnya juga merupakan investasi kita bagi ilmu pengetahuan. Menjadi inspirasi bagi pihak lain dan generasi selanjutnya.



Kriteria Karya Ilmiah

Sebuah kajian atau analisis di bidang cuaca dan iklim akan disebut sebagai karya ilmiah jika bersifat  objektif dengan memuat data dan fakta serta terhindar dari manipulasi data.

Selanjutnya kajian yang menjadi jurnal tersebut harus logis dengan tercermin dari pola nalar yang dibangun dalam tulisan baik induktif maupun deduktif. 

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jurnal cuaca dan iklim tersebut harus tersusun secara sistematis dan netral.




Klasifikasi Penerbit Jurnal

Sebuah tulisan, kajian ataupun analisis untuk menjadi sebuah karya ilmiah maka harus dipublikasikan pada penerbit-penerbit jurnal.

Berdasarkan klasifikasinya, penerbit jurnal terbagi menjadi jurnal nasional, jurnal  terakreditasi, jurnal internasional dan jurnal bereputasi


1. Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah jurnal dengan terbitan berkala yang menampung karya ilmiah dengan memenuhi kaidah ilmiah dan kaidah keilmuan.

Jurnal nasional umumnya sudah memiliki ISSN dan dikelola secara profesional.


2. Jurnal Terakreditasi

Adapun jurnal terakreditasi adalah jurnal yang mendapat akreditasi dari LIPI ataupun dari Kemenrisdikti.

Tentunya bobotnya lebih tinggi dari jurnal nasional. 


3. Jurnal Internasional

Selanjutnya jurnal internasional adalah jurnal yang memiliki ISSN dan menggunakan bahasa standar PBB dengan penulis dari berbagai negara.


4. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional bereputasi adalah adalah jurnal internasional dengan kriteria tambahan yaitu terindeks oleh pangkalan data internasional bereputasi seperti Scopus dan  Web of Science




Jurnal Nasional Dengan Tema Meteorologi, Klimatologi dan Sains Atmosfer 

Hal yang harus diingat adalah setiap penerbit jurnal memiliki standar penulisan yang berbeda-beda. Namun secara umum biasanya sebuah jurnal akan tersusun menjadi:
  • Pendahuluan
  • Metode
  • Tinjauan teori
  • Hasil dan pembahasan
  • Kesimpulan

Nah berikut 4 penerbit jurnal nasional yang dapat kita manfaatkan untuk memublikasikan karya ilmiah kita yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi atau juga sains atmosfer lainnya.


1. Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG) Puslitbang BMKG

Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG) yang diterbitkan Puslitbang BMKG merupakan jurnal terakreditasi LIPI, lebih dari sekedar jurnal nasional.

Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG)
Tampilan online Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG)


Topik karya ilmiah yang diterima oleh JMG meliputi meteorologi, klimatologi dan kualitas udara serta  geofisika.


Artikel yang masuk akan melalui proses review yang merupakan para pakar di bidang meteorologi, klimatologi dan kualitas udara serta  geofisika. 

Tidak dikenakan biaya apapun dalam proses pemasukan naskah hingga terbit. Dan para penulis juga memberikan akses terbuka kepada publik jika karya ilmiahnya diterbitkan.

Untuk memasukkan karya ilmiah ke Jurnal Meteorologi dan Geofisika (JMG) Puslitbang BMKG, silahkan buka:  JMG Puslitbang BMKG/link/button/#FF7F50



2. Megasains GAW Bukit Kototabang

Megasains merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Kototabang. Megasains memiliki ISSN dengan nomor: ISSN 2086-5589.
Jurnal Megasains GAW Kototabang
Jurnal Megasains GAW Kototabang


GAW Kototabang sendiri merupakan stasiun BMKG yang menjadi bagian dari program Global Atmosphere Watch (GAW) dari WMO.


Karya tulis ilmiah yang diterima adalah yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika (MKKuG), serta juga lingkungan. 

Tulisan yang masuk terlebih dahulu akan direview oleh Mitra Bestari selaku tim reviewer yang ditunjuk oleh Stasiun GAW Kototabang.

Megasains merupakan publisher yang telah menerapkan sistem jurnal online yang disebut e-Megasains

Dengan ini para pengirim karya ilmiah dapat memantau progres tulisannya secara online sejak mulai disubmit, direview hingga akhirnya ditolah ataupun diterima untuk dipublikasikan.

Untuk memasukkan karya ilmiah kita ke redaksi Megasains, silahkan buka: Jurnal Megasain GAW Kototabang/link/button/#FF7F50 .alert-info



3. Jurnal Meteorologi Klimatologi dan Geofisika STMKG

Jurnal nasional ini dikelola oleh Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada di bawah BMKG.


Menurut redaksinya, jurnal ini merupakan tempat  untuk melaporkan hasil penelitian bidang ilmu meteorologi, klimatologi, kualitas udara, geofisika, lingkungan, kebencanaan, dan instrumentasi yang terkait.

Jurnal ilmiah ini diterbitkan setiap tiga bulan sekali dalam setahun.

Jurnal nasional yang dikelola STMKG
Jurnal nasional yang dikelola STMKG


Jika berminat ingin memublikasikan karya ilmiah kita yang sesuai topik di atas silahkan akses ke: Jurnal STMKG/link/button/#FF7F50 .alert-info


4. Buletin Ilmiah MKKuG Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah II

Buletin ini juga telah memiliki ISSN sehingga setara dengan jurnal nasional. Dikelola oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah II di Tangerang Selatan.

Buletin Ilmiah MKKuG Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah II
Buletin Ilmiah MKKuG Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah II


Buletin ini disebutkan oleh pengelolanya menjadi wadah penerbitan karya ilmiah bagi pejabat maupun pegawai yang ikut berperan serta dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan bidang ilmu  Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika.

Pengiriman naskah karya ilmiah dapat melalui email ke: pelayananjasa.bawil2@bmkg.go.id .alert-info


Demikian sobat, 4 Jurnal Nasional untuk publikasi karya ilmiah yang berkaitan Meteorologi, Klimatologi serta Sains Atmosfer lainnya.

Dukung Kami
Climate4life.info mendapat sedikit keuntungan dari penayangan iklan yang ada dan digunakan untuk operasional blog ini.
Jika menurut anda artikel pada blog ini bermanfaat, maukah mentraktir kami secangkir kopi melalu "trakteer id"?

Post a Comment

12 Comments

  1. tulisan yang berat pastinya kalau dah masuk jurnal.apalagi jurnal internasional ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, karena pengolahan data aja pastinya menguras energi yah

      Delete
  2. Wah bisa mempercepat kenaikan pangkat, namun sebenarnya yang paling esensial itu adalah meningkatkan skill, memupuk rasa percaya diri (terutama pas lagi presentasi di depan kelas) Ini harusnya berlaku tidak hanya pada bidang ini tapi juga menjadi contoh banyak profesi. Misalnya..misalnya he he he...blogging!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big deal mas, termasuk blogging harus percaya diri :D

      Delete
  3. Wess ada link-nya, jadi tahu karya ilmiahnya nih..

    ReplyDelete
  4. Hanya megasain kah yang tidak dibawah BMKG?
    Karya ilmiah, kalau saya disuruh membuatnya peninglah kepala

    ReplyDelete
  5. Menulis ilmiah, khususnya untuk jurnal memang harus pilih-pilih penerbit jurnal. Selain skill menulis yang sangat penting. Menerbitkan jurnal butuh perjuangan ekstra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kadang bolak-balik untuk direvisi setelah direview

      Delete
  6. Wah, kelas berat nih. Menulis untuk jurnal tidak mudah karena harus didasarkan pada data yang valid dan logika yang tepat.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.