MOSAIC - Buku Saku Cuaca dan Iklim

MOSAIC : Buku Saku Cuaca dan Iklim - Mosaic singkatan dari Masyarakat Indonesia Sadar Iklim dan Cuaca, sebuah buku saku yang diterbitkan BMKG untuk menjadi referensi publik dalam memahami cuaca dan iklim.

BMKG menyadari dalam penyebaran informasi cuaca dan iklim banyak mengandung bahasa-bahasa teknis yang kurang dimengerti publik. Sebagai bagian peningkatan pemahaman publik terhadap istilah teknis cuaca dan iklim maka diterbitkanlah buku saku cuaca dan iklim ini.

Baca juga :

Buku saku tentang cuaca dan iklim tersusun dalam tujuh konten utama. Pada bagian pertama buku saku cuaca dan iklim ini menjelaskan tentang visi misi BMKG dan kemudian menerangkan tentang definisi cuaca dan iklim.

Selanjutnya buku saku ini memaparkan tentang unsur-unsur iklim dan cuaca serta jenis informasi cuaca dan informas iklim yang disediakan BMKG. Pada buku saku cuaca dan iklim ini dijelaskan pula cara mengakses informasi BMKG.

agian akhir buku saku cuaca dan iklim ini memberi penjelasan singkat tentang pengetahuan yang berkaitan dengan meteorologi dan klimatologi.
Baca juga :

Pusat Meteorologi Publik BMKG selaku penerbit buku saku cuaca dan iklim ini berharap buku ini menjadi salah satu bagian dalam mewujudkan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana, khusus bencana hidrometeorologi.

Sebagaimana disebutkan dalam buku saku cuaca dan iklim ini, salah satu cara meminimalisir dampak bencana adalah dengan memahami penyebab bencana itu sendiri.

Beberapa fenomena cuaca dan iklim yang menyebabkan terjadi bencana hidrometeorologi yang disebutkan dalam buku saku cuaca dan iklim ini antara lain tentang El Nino dan La Nina, MJO, Dipole Mode dan Monsun.

El Nino dan La Nina merupakan fenomena anomali iklim dalam skala global yang dihasilkan oleh interaksi atmosfer dan lautan di Samudera Pasifik. Pada kondisi normal (netral), suhu muka laut (SML) di Pasifik Barat akan lebih hangat daripada Pasifik Timur.

Dampak dari perbedaan SML ini menyebabkan angin pasat akan mengalir dari Pasifik Barat ke Pasifik Timur. Hal ini menyebabkan awan hujan akan selalu terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

Dalam buku saku cuaca iklim ini dinyatakan, El Nino terjadi pada saat  SML di wilayah Pasifik Timur yang biasanya lebih hangat mengalami anomali dengan menjadi lebih dingin dari kondisi normalnya. 

Akibatnya Angin pasat menjadi lebih lemah, bahkan dapat berbalik arah dari normalnya. Hal ini menyebabkan curah hujan di wilayah Indonesia menurun, dan meningkat secara signifikan di Pasifik Barat.

Adapun tentang La Nina, dalam buku saku cuaca dan iklim disebutkan, La Nina terjadi ketika SML di wilayah Pasifik Timur menjadi jauh lebih hangat daripada normalnya. Angit pasat menjadi lebih kuat dari keadaan normal. Hal ini meningkatkan curah hujan secara signifikan di Pasifik Timur.

Baca juga :
Lebih lanjut buku saku iklim dan cuaca juga menjelaskan tentang fenomena MJO, sebuah fenomena pergerakan massa udara dari barat ke timur di sekitar ekuator. Pergerakan massa udara ini akan diikuti oleh pertumbuhan awan dan hujan. Tentang MJO selengkapnya dapat dibaca pada :

Silahkan membaca lebih lengkap buku saku cuaca dan iklim pada jendela pdf di bawa ini.  Bagi yang berminat membaca lebih lengkap tentang buku saku cuaca dan iklim dapat mengunduhnya dari sini



Demikian sobat, semoga ulasan tentang buku saku cuaca dan iklim ini dapat menambah referensi kita tentang cuaca dan iklim guna mengantisipasi bencana yang hidrometeorologi.

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to " MOSAIC - Buku Saku Cuaca dan Iklim "

  1. Mantap menampilkannya dengan efek scrolling... Klo mau nampilkan konten didalam konten bisa dengan cara beginian

    ReplyDelete
  2. Bukunya sakunya keren. Singkat, jelas, dan dilengkapi grafis yang menarik.
    Semakin salut dengan BMKG dalam menyediakan layanan kepada masyarakat, 👍👍👍

    ReplyDelete
  3. Mampir ke blognya Bang Day dimalam minggu, lumayan nambah ilmu buat cerita tentang iklim sama murid besok pas disekolah.. :D

    ReplyDelete
  4. moga bermanfaat buku sakunya untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  5. Mampir ke blog bang day bikin ilmu nambah dan kalau ke blog gua bakalan nambah juga, tapi begonya hehe

    ReplyDelete
  6. Kereeen, setelah download ini jadinya kita bisa antisipasi bencana yah mas. Kenapa ngga dari dulu aja yah buatnya? Hehe. Apa karena lagi musim bencana di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak sebenarnya publikasi seperti ini namun yang disebarkan dalam ebook baru yang ini

      Delete
  7. Berhubung indonesia termasuk dalam negara yang rawan bencana, buku saku tersebut sepertinya sangat penting untuk dimiliki dan dipelajari untuk mengantisipasi bencana-bencana yang selalu mengancam. Bila ada yang masih belum bisa dimengerti ketika mempelajari isi dari buku saku bisa tanya langsung ke Bang day tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... kok ke saya ^_^.

      Memang disadari masih tejadi gap antara bahasa teknis ttg cuaca dan iklim dengan bahasa yg dipahami publik.

      Semoga buku ini bisa membantu

      Delete
  8. Elnino nina tidak seindah namanya, maut he he he...salut bang Day termasuk blogger dengan niche yagn konsisten. Bidang ini semakin terasa berguna mengingat letak Indonesia yang berada di daerah rawan bencana. Semoga sukses kedepannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... hanya mindahin catatan kuliah bang.

      Ya setuju. Bahkan ada yg menyebutkan negara kita seperti laboratorium bencana.

      Delete

Terima kasih