Apa Itu Medicane dan Bagaimana Cuaca Ekstrem Yang Terbentuk?

Climate4life.info - Jika mengenal siklon  tropis, gelombang atmosfer seperti polar vortex atau juga serangan gelombang panas, maka perlu menambahakn Medicane dalam referensi fenomena cuaca ekstrem.

Pola angin yang terbentuk pada satu episode Medicane
Sumber: https://www.severe-weather.eu/ europe-weather/tropical-like-cyclone- medicane-alike-black-sea-impact-mk/


Medicane disebut para ahli memberi dampak berupa cuaca ekstrem yang menerjang beberapa wilayah di Eropa meskipun frekuensi kemunculannya cukup jarang.


Apa Itu Medicane

Medicane merupakan akronim dari Mediterian dan Hurricane. Dari asal katanya kita sudah bisa memahami di mana pembentukannya dan bagaimana perilakunya. Namun, terdapat perbedaan prinsip perilaku antara Medicane dengan Hurricane secara umum.



Medicane dikenal oleh meteorologis sebagai Mediterranean Tropical-Like Cyclone (TLC), meski disebut Mediterania namun juga dapat terbentuk di laut Hitam.

Hurricane atau Hurikan dalam KBBI, merupakan badai siklonik yang terbentuk mulai dari perairan hangat di tropis. Kata Hurricane di gunakan di kawasan Amerika.

Penamaan Taifun (Typhoon) digunakan di Filipina, Cina, Korea dan Jepang. Istilah taifun berasal dari kata Typhoon dari bahasa Tiongkok "Taifung" yang berarti angin kencang.

India menyebutnya siklon (cyclone) dan Autralia dan juga Indonesia menyebutnya siklon tropis (tropical cyclone).


Secara geografis, laut Mediterania cukup sempit dan dikelilingi oleh daratan, sehingga Medicane ukurannya lebih kecil dari Hurikan biasa dan cepat menghilang atau punah.

Jika Hurikan membutuhkan suhu air permukaan 26°C (79°F) untuk terbentuk dan menguat,  Medicane diketahui dapat terbentuk dalam suhu air hanya 15°C (59°F).

Sama seperti siklon tropis atau hurikan, pada Medicane juga terdapat mata badai yang dikelilingi dinding awan dan vortex pusaran angin.
Medicane di selatan Pulau Kreta, Yunani pada Desember 2005
Sumber: https://www.severe-weather.eu/europe-weather/tropical-like-cyclone-medicane-alike-black-sea-impact-mk/

Medicane terbesar dapat mencapai ukuran sekitar 300 km (200 mil) dan dapat mendekati atau bahkan mencapai intensitas badai.

Umumnya Medicane muncul pada sekitar September hingga September di mana justru ketika Hurikan di laut Atlantik mulai jarang terbentuk.   Adapun kecepatan angin yang terbentuk umumnya tidak mencapai badai kategori 1.

Baca juga:

Secara umum kemunculan Medicane cukup langka dan terjadi tidak reguler. Perubahan iklim disebut para ahli dapat meningkatkan intensitas kekuatan Medicane ini karena suhu bumi yang makin meningkat.


Fase Pembentukan Medicane

Medicane yang terbentuk Mediterania atau Laut Hitam biasanya berlangsung antara 12 jam dan 5 hari dan menjalani tiga fase dalam masa hidupnya yaitu:

  1. Pra-mata badai; berupa aktivitas konvektif kuat  sebagaimana pada sebagian besar badai topan.
  2. Fase diam: bentuk fitur mata badai terbentuk, dikelilingi oleh struktur sumbu simetris terhadap siklon. Angin kencang dan hujan lebat terjadi. Tingkat petir turun sebagai bentuk inti hangat tertutup.
  3. Fase gerak: ditandai dengan gerakan cepat dan terarah dari Medicane. Curah hujan lebih sedikit, tetapi angin kencang dan paling parah.


Bagaimana cuaca ekstrem yang terbentuk?

Seperti umumnya badai tropis, struktur Medicane juga berupa badai konvektif hebat membawa angin kencang dan hujan sangat lebat. Meki disebut kecepatan anginnya tidak mencapai skala badai 1 atau kurang dari 118 km/jam namun pada kejadian tertentu kecepatan anginnya 150 km/jam.


Ini sudah dapat menumbangkan pohon, merobohkan tiang listrik dan menghancurkan dinding bangunan. Dampak turunan dari hujan ekstrem yang dibawa oleh badai Medicane ini adalah longsor dan banjir. 

Pada sebagian besar formasi medicane tidak menjadi sistem yang signifikan dan mencapai daerah pesisir, beberapa di antaranya tetap terjadi.

Pada bulan September 1969, sebuah Medicane terbentuk di selatan-tengah Mediterania dan menghasilkan peristiwa banjir besar, menyebabkan 600 kematian dan lebih dari 250.000 orang kehilangan tempat tinggal di Aljazair dan Tunisia.

Baca juga:

Medicane Celeno terjadi pada Januari 1995 dan mengembangkan hembusan angin dengan puncak kecepatan mencapai 135 km/jam.

Pada bulan Oktober 1996, Medcane Cornelia terbentuk di laut Tyrrhenian, menghasilkan angin 90 km/jam sejauh 100 km dari pusat dan membuat kerusakan angin/hujan yang signifikan di Kepulauan Aeolian.


Disadur secara bebas dari:
- https://edition.cnn.com/2021/10/27/weather/mediterranean-medicane-hurricane-flooding/index.html
- https://www.severe-weather.eu/europe-weather/tropical-like-cyclone-medicane-alike-black-sea-impact-mk/
- https://www.severe-weather.eu/europe-weather/medicane-tropical-cyclone-sicily-italy-malta-flooding-mediterranean-mk/ alert-info

Related Posts

Post a Comment

1 Comments

  1. Aku bersyukur sampai saat ini belum pernah merasakan Taifun ATO macam2 cuaca ekstreme begitu :o. Paling mentok hujan angin , itupun yg aku rasain masih yg kekuatannya biasa, blm sampe ngerobohin pohon. Amit2 jangan sampe...

    Ga kebayang kalo merasakan cuaca ekstreme begitu mas. Apalagi yg bener2 merusak... :(

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.