"Essentials of Meteorology" - Buku Wajib Bagi Para Meteorologis

Climate4life.info - Buku Essentials of Meteorology ini cukup lengkap membahas tentang meteorologi mulai dari konsep dasar hingga aplikasinya. Cocok menjadi buku pegangan para meteorologis.

Meteorologis adalah seseorang yang menguasai ilmu meteorologi, sebuah ilmu sains tentang cuaca dan segala gejala di atmosfer yang berkaitan dengan cuaca hingga iklim.

Menurut WMO pengertian meteorologis jauh lebih luas lagi. Meteorologis juga meliputi klimatologis dan profesi lainnya seperti peneliti di bidang sains atmosfer, dosen tentang meteorologi atau klimatologi hingga juga penyiar berita tentang cuaca dan iklim.
Baca: Berkarir menjadi Ahli Cuaca dan Iklim

Buku Essentials of Meteorology ditulis oleh C. Donald Ahrens, seorang profesor di bidang sains atmosfer. Terbitan lainnya sudah mencakup ratusan publikasi di bidang cuaca dan iklim.

Dalam buku Essentials of Meteorology ini, Ahrens menjelaskan tentang konsep meteorologi secara mudah dengan visual yang menarik dan praktis. Kelebihan utamanya pula adalah tanpa rumus-rumus matematika dan fisika yang biasanya rumit dalam konsep sains atmosfer.

Hingga saat ini Essentials of Meteorology telah terbit hingga cetakan keenam, dan dapat dibeli secara online seperti di Amazon.com.

Identitas Buku


  • Judul lengkap: Essentials of Meteorology: An Invitation to the Atmosphere
  • Bahasa: Inggris
  • Penulis: C. Donald Ahrens
  • Penerbit:  Cengage Learning
  • Tahun terbit: 2012 untuk edisi keenam
  • Jumlah halaman: 506 lembar


Konten Utama

Essentials of Meteorology terbagi menjadi 15 chapter  atau bab, mulai dari atmosfer bumi pada bagian pertama hingga sifat optik atmosfer pada bab terakhir. 

Pembagian seperti ini memang umum pada buku-buku yang membahas tentang meteorologi. Pada bagian awal akan selalu membahas mengenai atmosfer, tempat di mana semua gejala cuaca terjadi.

Daftar isi dalam buku Essentials of Meteorology


Pada setiap chapter buku Essentials of Meteorology ini, Ahrens menampilkan kutipan menarik yang berkaitan dengan cuaca dan iklim, salah satunya seperti ini.




Chapter 1: The Earth’s Atmosphere

Pada bagian ini, dibahas mengenai atmosfer dan susunan yang ada di dalamnya. Juga dikaitkan bagaimana teknologi yang ada seperti satelit cuaca mendapatkan parameter fisis di atmosfer guna kepentingan cuaca dan iklim.
Baca: Susunan Atmosfer Bumi Kita 
Pada bab ini, dibahas juga tentang meteorologi dan sejarah serta tokoh yang membangun landasan dasar meteorologi. Selengkapnya di sini: Sekilas tentang Meteorologi, Ilmu mengenai Cuaca


Chapter 2: Warming the Earth and the Atmosphere

Pada bab ini, buku pegangan wajib meteorologis ini membahas tentang konsep panas dan suhu serta panas laten yang merupakan sumber utama dalam energi panas di atmosfer.

Juga dipelajari sistem transfer panas meliputi konduksi, konveksi, dan radiasi yang merupakan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.
Artikel terkait: Sifat Fisis Atmosfer, Uap Air dan Laju Penurunan Suhu Udara di Atmosfer


Chapter 3: Air Temperature

Berisi tentang kaitan variasi suhu dekat permukaan  bumi yang dikaitkan dengan energi datang dari matahari dan energi panas matahari yang disimpan oleh permukaan bumi.
Baca juga:


Chapter 4: Humidity, Condensation, and Clouds

Dalam buku ini, bagian yang membahas tentang siklus hidrologi, masuknya uap air ke atmosfer hingga terjadinya kondensasi dan terbentuknya awan dijabarkan pada bab 4 ini. 

Menurut Ahrens, salah satu metode terbaik menjelaskan keberadaan uap air yang berkaitan dengan kelembapan adalah suhu titik embun.

Chapter 5: Cloud Development and Precipitation

Bagi para meteorologis hal penting yang wajib dipahami adalah bagaimana mekanisme terbentuknya awan dan hujan. Ini dapat kita temukan pada bab 5 buku  Essentials of Meteorology ini.

Pada bab ini dibahas konsep stabilitas atmosfer dan juga rumus fisisnya yang akan berkaitan dengan gerak udara secara vertikal sehingga awan dapat terbentuk.


Chapter 6: Air Pressure and Winds

Pada bab ini kita bisa menemukan kaitan tekanan udara dan terbentuknya angin baik pada skala lokal hingga skala global.

Termasuk di dalamnya gaya-gaya yang berperan dalam pergerakan angin seperti gaya coriolis, gaya friksi dan gaya gradien.
Baca:


Chapter 7: Atmospheric Circulations

Jenis-jenis sirkulasi atmosfer di permukaan bumi dijelaskan pada bab ini. Dimulai dari sirkulasi dalam skala paling kecil seperti sirkulasi "eddy" hingga skala besar seperti jet-strem.

Pada bagian akhir juga dijelaskan interaksi sirkulasi atmosfer dengan lautan yang memengaruhi dinamika cuaca dan iklim dengan munculnya fenomena seperti ENSO.
Selengkapnya: Memahami Fenomena ENSO, El Nino dan La Nina


Chapter 8: Air Masses, Fronts, and Middle-Latitude Cyclones

Bab ini membahas tentang jenis-jenis massa udara dan variasi cuaca yang terbentuk pada kawasan tertentu. Sebagai contoh massa udara pada benua Artik yang berperan membentuk suhu dingin saat musim dingin pada kawasan tersebut.

Adapun massa udara dari kutub membawa pengaruh berupa cuaca yang dingin dan kering saat musu dingin dan cuaca yang sejuk dan nyaman saat musim panas.
Artikel terkait:



Chapter 9: Weather Forecasting

Dalam bab 9 buku wajib untuk para meteorologis ini Ahrens menjelaskan tentang teknik memprediksi cuaca yang tentunya merupakan hasil dari berbagai metode dan teknik prakiraan.

Penggunaan radar dan satelit cuaca cukup baik untuk prediksi singkat hingga enam jam ke depan.
Selengkapnya: Mengenal satelit cuaca Himawari-8
Untuk jangka pendek dan perkiraan cuaca jangka menengah, analisis kondisi saat ini, data satelit,  pengenalan pola, intuisi meteorologis, dan pengalaman, bersama dengan informasi statistik dan hasil olahan dari banyak program komputer semuanya menjadi bagian tidak terpisahkan.
Baca juga:

Chapter 10: Thunderstorms and Tornadoes

Bagaimana badai guntur terjadi dan kondisi atmosfer yang berperan terangkum dalam bab 10. Saat awan konvektif terbentuk yang menghasilkan berbagai sel badai guntur akan berpotensi menghasilkan tornado. 

Awan badai guntur juga kadang menyebabkan cuaca ekstrem berupa hujan es dan angin kencang atau juga puting beliung. Puting beliung ini merupakan angin tornado dalam skala kecil.
Artikel terkait:

Chapter 11: Hurricanes

Hurricanes adalah nama lain dari siklon tropis berdasarkan lokasi terjadinya. Pada bab ini dijelaskan bagaimana terbentuknya sebuah siklon tropis hingga dampak yang timbulkan.
Artikel terkait:


Chapter 12: Global Climate

Bab ini khusus membahas pola iklim dunia berdasarkan suhu dan curah hujan. Dijelaskan pula tipe-tipe iklim yang ada di dunia yang dikemukakan oleh beberapa ahli iklim.
Baca juga:

Chapter 13: The Earth’s ChangingClimate

Perubahan iklim dijelaskan dalam bab ini termasuk penyebabnya yang natural dan karena pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan.

Pada bagian awal ditampilkan kondisi iklim sejak jaman prasejarah dan dibandingkan dengan kondisi saat ini yang dianalisis dari berbagai metode.
Selengkapnya:

Chapter 14: Air Pollution

Ahrens menyebutkan bahwa polusi udara telah berabad-abad lamanya menganggu kehidupan manusia. Polusi udara mulai terjadi saat manusia ingin tetap hangat dengan membakar kayu dan bahan lainnya.

Polusi udara diperparah dengan terjadinya revolusi industri pada abad pertengahan.
Artikel terkait:

Chapter 15: Light, Color, and Atmospheric Optics

Sifat optik atmosfer yang menghasilkan berbagai fenomena indah seperti "halo" dan cahaya jingga saat sore hari dibahas secara khusus pada bab 15 buku Essentials of Meteorology ini.
Baca: Pengamatan Atmospheric Optical Depth

----000----

Demikian sobat, ulasan mengenai buku  Essentials of Meteorology yang perlu menjadi referensi utama para meteorologis atau ahli cuaca dan juga iklim.

Post a Comment

20 Comments

  1. Oh ternyata buku essentials of meteorology ditulis oleh profesor C. Donald Ahrens. Tapi aku lebih suka baca novel sih, kalo baca buku tebal, baru buka aja udah berat. Tapi kalo novel percintaan kok dibaca aja, kenapa ya? 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal itu bang. Buku tebal cukup buat kuliah aja :)

      Delete
    2. Saya juga lagi kuliah, kuli di sawah.😁

      Delete
  2. Pegangan tuk jadi ahli meteorologi nih. Cuma kalau bahas meterologi, paling sering baca tentang atmosfer. Menarik aja gitu pas bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena di atmosfer ada pelangi. Seperti pelangi di matanya :D

      Delete
  3. wajib baca bagi peminat cuaca….
    mantap summary-nya

    ReplyDelete
  4. Wah, menarik kalau lihat bahasan tiap chapternya. Kayaknya yang senang sama sains juga bakal seneng baca, gak cuma buat meteorologis ajah.

    Btw menarik liat nama eddy di sini, dulu lagi kuliah ketemu sama yang namanya eddy current, mungkin prinsipnya sama yah kyk di cuaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi bang... current di sini pada fluida kan yah?

      Delete
  5. Waduh, kalo saya disuruh baca buku itu, musti minta bantuan translate ke siapa ya? hehe... isinya bhs Inggris kan? :D

    ReplyDelete

  6. Buku atau pun pelajaran meteorologi dan teknologi memang mengasikan bagi yang faham di bidang nya.

    Sayapun suka meski tidak begitu jauh mengikutinya.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang satria bukannya suka baca bukunya Eny Arrow kang, bahkan sampai koleksi segala..😂😂😂

      Delete
  7. Huaahhh....berat ini, tapi pegangan buat ahli meteorology ya?
    Entah berapa lama saya bisa selesein baca buku seperti itu, untuk memahaminya say aharus mengulang beberapa kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasanya santai kok mba dan penjelasannya cukup visual gak njelimet

      Delete
  8. Buku terjemahan dalam bahasa indonesianya sudah ada belum ya
    Sebab kalau bahasa ingris, saya kesusahan dalam mencerna isinya

    ReplyDelete
  9. Ini kisah Gue, tau gak? Gara-gara Menjanda, Gue Gak Bisa Ikut Kibo Robot Programming Challenge :D :D

    https://asroteknologi.net/gara-gara-menjanda-gue-gak-bisa-ikut-kibo-robot-programming-challenge/

    Share semoga tembus sama minat anak SMA dan anak Kuliahan!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon tidak meletakkan link hidup yah.